Daftar Alat Musik Sulawesi Selatan Disertai Gambar dan Penjelasan

Daftar Alat Musik Sulawesi Selatan Disertai Gambar dan Penjelasan

Alat Musik Sulawesi Selatan – Sulawesi selatan merupakan suatu provinsi yang memiliki kekayaan suku bangsa yang cukup banyak, berbagai suku yang terdapat di Sulawesi Selatan antara lain :

  • Bugis
  • Makasar
  • Mandar
  • Toraja
  • Duri
  • Pattinjo
  • Bone
  • Maiwa
  • Endekan
  • Patte
  • Kajang/Konjo

Selain memiliki berbagai macam suku, Sulawesi Selatan juga memiliki kebudayaan yang cukup dikenal yaitu Mappalili atau juga sering disebut Appalili, nama Apalili sendiri berasal dari kata palili yang memiliki arti menjaga tanaman dari suatu gangguan. [SRC]

Alat Musik Sulawesi Selatan

Sebagai Provinsi yang memiliki beragam suku bangsa, sulawesi juga dikaruniai beragam alat musik tradisional yang biasa dimainkan baik ketika ada upacara adat maupun dimainkan sebagai hiburan masyarakat setempat.

Berdasarkan cara memainkannya, alat musik Sulawesi Selatan terdiri dari alat musik petik, alat musik tiup, alat musik gesek dan alat musik pukul, semuanya ada di Sulawesi Selatan.

Alat Musik Tradisional Sulawesi Selatan

Mengetahui berbagai macam alat musik Sulawesi Selatan merupakan salah satu cara kita untuk mengenal lebih dekat beragam budaya dan seni yang ada di Indonesia, dengan begitu kita bisa semakin mencintai keragaman yang ada di Indonesia.

Alat musik tradisional Sulawesi Selatan cukuplah banyak, untuk lebih jelasnya berikut daftar alat musik sulawesi selatan yang perlu anda ketahui :

Alosu / Lalosu

Alat Musik Alosu
by rebanas.com

Alosu atau juga sering disebut sebagai Lalosu Sessungiru merupakan alat musik suku Bugis yang cukup populer, alat musik ini masuk kedalam kategori alat musik ritmis yaitu alat musik yang hanya memiliki satu nada saja.

Lalosu Sessungriu terbuat dari bambu, kayu dan tekstil. Bambu bulat yang berdiameter kecil diisi dengan biji-bijian atau kerikil lalu bambu dilapisi oleh kain berwarna merah dan putih dan pada salah satu ujungnya berbentuk seperti kepala ayam.

Sesuai dengan namanya yaitu diambil dari kata lao-lisu yang memiliki arti bolak-balik, alat musik ini dimainkan dengan cara digoyang ke kanan atau ke kiri diayunkan ke atas atau ke bawah sambil menari yang dinamakan Tari Ulusu.

Tarian Ulusu sendiri dipentaskan ketika ada upacara adat, pelantikan raja, penyambutan tamu dan upacara lainnya,

Ana Bacing

Alat Musik Ana Becing
by alatmusik.org

Ana Bacing adalah alat musik Sulawesi Selatan yang terbuat dari besi dan memiliki bentuk seperti anak panah, alat musik ini dimainkan dengan cara dibenturkan antara kedua Ana Bacing.

Alat musik ini sering digunakan dalam perangkat tarian Bugis, tari tersebut adalah tari bissu yaitu tarian yang dipertunjukkan pada upacara pernikahan, kematian dan pelantikan raja baru, saat terkena wabah penyakit dan sebagai tanda bahwa masa dimulainya menanam padi.

Basi-Basi / Klarinet

Alat Musik Basi-Basi
by budaya-indonesia.org

Orang Bugis biasanya menyebut alat musik ini Basi-Basi namun orang Makasar sering menyebutnya dengan Klarinet, Basi-Basi merupakan alat musik yang cara memainkannya dengan ditiup.

Alat musik ini biasa dimainkan ketika ada acara adat Sulawesi Selatan seperti untuk pesta rakyat, perkawinan dan syukuran.

Gendang Bulo

Gendang Bulo
by budaya-indonesia.org

Gendang bulo merupakan alat musik Sulawesi Selatan yang memiliki ukuran relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan gendang yang ada di Jawa, namun Gendang Bulo memiliki ukuran yang lebih panjang.

Dua sisi Gendang Bulo memiliki ukuran yang berbeda, biasanya sisi satunya lebih besar dari sisi satunya lagi, dan cara memainkannya yaitu pada sisi yang besar dipukul menggunakan kayu dan pada sisi yang lebih kecil ditepuk menggunakan tangan secara langsung.

Karena cara memukul kedua sisi Gendang Bulo berbeda maka cara meletakkannya pun harus di perhatikan, jika tangan anda normal maka letakkanlah sisi Gendang yang lebih besar di sebelah kanan, namun jika anda kidal maka diletakkan sebaliknya.

Gesok – Gesok / Keso-Keso

Alat Musik Gesok-Gesok
by budaya-indonesia.org

Alat musik Gesok-Gesok merupakan alat musik gesek yang berasal dari Sulawesi Selatan yang cara memainkannya dengan digesek pada dawainya menggunakan busur penggesek.

Alat musik ini sebenarnya sejenis rebab namun hanya memiliki dua buah dawai. Bahan baku pembuatan Gesok-Gesok yaitu menggunakan kayu yang dibentuk menyerupai jantung atau daun keladi, kulit hewan dan senar.

Gesok-Gesok dahulu dimainkan untuk mengiringi syair-syair Sinilirik yaitu mengisahkan tentang sejarah yang berisi tentang nasihat atau petuah, dahulu alat musik ini hanya dimainkan dalam lingkup keluarga saja namun saat ini sering dimainkan untuk musik rakyat.

Jalappa / Kancing-Kancing

Alat Musik Jalappa
budaya-indonesia.org

Jalappa adalah alat musik yang yang terbuat dari kuningan yang bentuknya seperti simbal yang cara memainkannya yaitu dibenturkan antara dua Jalappa.

Alat musik ini juga sering disebut sebagai kancing-kancing karena bentuknya hampir menyerupai kancing yang berukuran besar, Jalappa biasa dimainkan sebagai simbol musik yang dimainkan ketika upacara adat seperti pernikahan, khitanan dan tolak balak.

Jalappa juga salah satu peralatan dukun (puang towa) yang dimainkan bersama gendang bulo, genta, dan lalosu dalam membacakan mantera sebelum dilaksanakannya tarian bissu.

Kacaping

Alat Musik Kacaping
by kata.co.id

Kacaping adalah alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipetik, nama Kacaping sendiri merupakan sebutan dari suku Bugis sedangkan orang Makasar menyebutnya sebagai kecapi.

Alat musik ini konon dibuat oleh seorang pelaut sehingga membuat bentuk alat musik ini menyerupai seperti perahu.

Kacaping dibuat menggunakan kayu yang dibentuk seperti perahu dan diberikan lubang dibagian tengahnya dan dibentangkan dawai atau senar dari ujung ke ujung kayu tersebut.

Dahulu Kacaping sangat digemari oleh berbagai kalangan mulai dari yang muda hingga yang tua sebagai teman untuk bersuka ria, saat ini Kacaping hanya dimainkan jika ada permintaan dari masyarakat seperti digunakan untuk penyambutan tamu dan perkawinan.

Pa`pompang

Alat Musik Pa`pompang
by budaya-indonesia.org

Pa`pompang atau juga sering disebut sebagai Pa`bas karena suara bassnya lebih dominan terdengar merupakan alat musik yang berasal dari tanah Toraja, Sulawesi Selatan.

Alat musik ini memang memiliki bentuk yang menyerupai dengan angklung, namun cara memainkannya sangatalah berbeda Pa`pompang dimainkan dengan cara ditiup yang mengeluarkan jangkauan dana dua setengah oktaf tangga nada.

Pa`pompang bisa dimainkan dari semua kalangan baik dari mulai anak kecil hingga orang dewasa, biasanya alat musik ini dimainkan oleh 25-35 orang pada acara-acara dan peringatan hari besar orang-orang Toraja.

Talindo / Popondi

Popondi Tolindo Alat Musik Petik
by netralnews.com

Alat musik Talindo adalah alat musik petik yang memiliki bentuk cukup sederhana yaitu hanya terbuat dari kayu dan tempurung kelapa yang mempunyai senar atau dawai hanya satu buah.

Tolindo sebenarnya suatu sebutan dari suku Bugis biasanya orang Makasar menyebutnya sebagai popondi, alat musik ini biasanya dimainkan oleh para petani saat melakukan panen di sawah dan oleh para remaja digunakan untuk mengisi waktu senggang.

Puik puik / Pui-pui

Alat Musik Pui-Pui
by budaya-indonesia.org

Puik-Puik atau orang juga menyebutnya sebagai Pui-Pui merupakan alat musik tiup yang terbuat dari kayu dan besi berbentuk kerucut memanjang, pangkal dari alat musik ini terbuat dari lempeng logam yang bisa diletakkan potongan daun lontar sebagai penghasil suara ketika ditiup.

Karena untuk menghasilkan bunyi alat musik ini harus menggunakan daun lontar maka untuk memainkan alat musik ini membutuhkan keahlian khusus, karena jika sembarang meniup suara yang dihasilkan akan aneh bahkan tidak mengeluarkan suara sama sekali.

Terbang Rebana

Rebana Alat Musik Ritmis
by cakmaman

Banyak daerah yang mengakui bahwa alat musik ini berasal dari daerahnya masing-masing termasuk juga Sulawesi Selatan, namun pada setiap daerah memiliki nama dan sebutannya masing-masing, Terbang Rebana merupakan sebutan dari masyarakat Makasar.

Alat musik ini terbuat dari kayu pipih yang berlubang pada bagian tengahnya dan diselaputi oleh kulit hewan maupun bahan sintetis yang serupa, cara memainkan alat musik ini yaitu dengan cara dipukul.

Suling Lembang

Alat Musik Suling Lembang
by pinterest.com

Nama alat ini memang mirip dengan salah satu tempat wisata yang ada di Jawa Barat namun alat musik ini ternyata berasal dari daerah Toraja, Sulawesi Selatan.

Alat musik sulawesi selatan ini memang sama seperti suling pada umumnya yaitu bentuknya silinder dan terbuat dari bambu, yang membedakannya adalah suling ini mempunyai ukuran lebih besar yaitu panjang dari 40-100 cm dan diameter 2 cm.

Suling Lembang memiliki enam lubang nada yang cara memainkannya dengan cara ditiup.

Suling Lembang tidak dimainkan secara solo yaitu dimainkan bersamaan dengan suling lainnya yang serupa atau juga sering disebut dengan suling deata, alat musik ini biasa digunakan sebagai pengiring tarian Toraja yang dikenal dengan tarian Ma’marakka.

 

Kita sudah membahas berbagai macam alat musik Sulawesi Selatan mulai dari yang masih digunakan sampai dengan alat susah ditemui karena tergantikan dengan alat musik modern.

Semoga dari Informasi diatas dapat menambah wawasan kita untuk lebih mengenal lagi tentang budaya Indonesia.

Leave a Reply