Alat Musik Gesek Tradisional dan Modern Gambar Beserta Penjelasannya

Alat Musik Gesek Tradisional dan Modern Gambar Beserta Penjelasannya

Alat Musik Gesek – Alat musik merupakan komponen utama dalam membuat instrumen suatu musik, alat musik juga dapat memberikan warna tersendiri terhadap musik sesuai dengan genre yang diinginkan,

Apakah anda tahu bahwa alat musik dibagi menjadi beberapa jenis dibedakan berdasarkan cara memainkannya yaitu alat musik gesek, alat musik petik, alat musik pukul dan alat musik tiup.

Pada kali ini, kita akan membahas berbagai macam alat musik gesek tradisional dan alat musik gesek modern.

Definisi Alat Musik Gesek

Alat musik gesek adalah salah satu instrumen musik yang dimainkan dengan cara digesek pada dawai  yang dimiliki suatu alat musik. Ketika busur digesekkan ke dawai. Alat musik gesek akan menghasilkan bunyi melodis.

Alat musik gesek sendiri memiliki berbagai bunyi khas yang berbeda-beda, baik dari alat musik gesek tradisional maupun alat musik gesek modern.

Dulu alat musik gesek kebanyakan dibuat dari bahan baku kayu lalu dilubangi bagian tengahnya sebagai resonansi dan dawainya terbuat dari usus hewan seperti kambing atau kuskus.

Seiring dengan perkembangan jaman, bahan baku pembuatan alat musik gesek lebih modern, ada yang menggunakan plastik dan hampir seluruh dawainya terbuat dari bahan sintetis.

Alat Musik Digesek Tradisional

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa terdapat alat musik gesek tradisional, siapa sangka ada alat musik tradisional yang hingga saat ini masih sering digunakan sebagai ciri khas musik dari suatu daerah,

Berikut berbagai jenis alat musik digesek tradisional :

Alat Musik Arababu

Alat Musik Arababu
by tetabuhan.sonobudoyo.com

Arababu adalah alat musik tradisional asal Indonsia, tepatnya dari daerah Maluku, alat musik Maluku ini sekilas mirip sekali dengan Rebab yang berasal dari arab.

asal usul alat musik ini memang dikenalkan oleh bangsa arab ketika melakukan perdagangan di Indonesia.

Yang membedakan alat musik Arababu dan Rebab adalah jumlah senarnya, Arababu hanya memiliki 1 senar, sedangkan Rebab memiliki 2 senar, selain itu ukuran Arababu lebih kecil jika dibandingkan dengan Rebab.

Dulu Arababu dibuat dengan kayu dan bambu, sekarang Arababu banyak dimodifikasi menggunakan batok kelapa untuk wadah resonansi dan bambu untuk merentangkan senar atau dawai.

Cara memainkan alat musik ini sama dengan Rebab yaitu dengan cara digesek pada dawainya menggunakan penggesek yang memiliki bentuk seperti busur.

Alat Musik Arbab

Alat Musik Arbab
by alatmusik.org

Arbab adalah alat musik tradisional dari aceh, alat musik ini biasa dimainkan ketika ada acara hiburan rakyat, Arbab merupakan alat musik gesek yang cukup terkenal dan berkembang di daerah Aceh Tengah, Aceh Barat dan wilayah Piddi.

Arbab sendiri terbuat dari tempurung kelapa pada bagian wadah resonansinya dan kayu untuk merentangkan senarnya, untuk dawainya sendiri terbuat dari serat rotan.

Memainkan alat musik gesek satu ini cukuplah sulit, karena dawainya terbuat dari serat rotan sehingga membutuhkan keahlian khusus hingga menghasilkan bunyi yang sesuai dengan yang diinginkan.

Alat Musik Erhu

Alat Musik Erhu
by http://antiquekunodandjadoel.blogspot.com

Erhu adalah alat musik gesek yang berasal dari Tiongkok, keberadaan ini dapat dilacak mualai dari Dinasti Tang yaitu pada abad ke 7 sampai dengan abad ke 8

Dulu alat musik ini sangat populer dikalangan masyarakat minoritas yang berada di bagian barat laut Tiongkok.

Alat musik ini memiliki bentuk yang sangat sederhana jika dibandingkan alat musik gesek lainnya,  alat musik ini memiliki dua dawai atau senar yang digesek menggunakan busur penggesek.

Erhu adalah alat musik utama dalam pertunjukan opera tradisional asal Tiongkok, suaranya yang unik dan sangat khas alat musik ini juga sering disebut sebagai biolanya Tiongkok.

Alat Musik Haegeum

Alat Musik Haegeum
by amazon.com

Alat musik Haegeum adalah alat musik gesek yang berasal dari Korea, alat musik ini mengadopsi konsep alat musik Rebab yang berasal dari cina.

Alat musik ini memiliki bentuk yang cukup unik, karena dibagian bawahnya terdapat kayu yang berbentuk silinder dan cukup menonjol karena ukurannya yang lebih besar dari bagian lainnya.

Cara memainkan alat musik ini sama dengan alat musik gesek lainnya yaitu dengan cara menggesek busur pada dawainya, karena memiliki bentuk bagian bawahnya yang besar alat musik ini biasanya dimainkan dengan duduk dan alat musiknya diletakkan di paha.

Alat musik Haegeum memiliki senar atau dawai sama dengan Rebab yaitu sebanyak dua senar,

Alat Musik Keso Keso

Alat Musik Keso Keso
by pusatpandang.com

Keso keso adalah alat musik tradisional yang berasal dari Sulawesi Selatan, Alat musik ini memiliki bunyi yang cukup terbilang khas, ketika mendengar bunyi dari alat musik ini kita akan merasa seolah-olah berada di tempat alat musik ini berasal.

Yang membuat suara alat musik gesek satu ini sangat khas adalah busur untuk menggesek bagian dawainya terbuat dari rambut kuda.

Karena bagian busur untuk menggesek terbuat dari rambut kuda cara memainkan alat musik ini pun membutuhkan tekhnik khusus sehingga keluar bunyi sesuai yang diinginkan.

Alat Musik Lagia

Alat Musik Lagia
by budaya-indonesia.org

Alat musik gesek selanjutnya adalah Lagia, Alat musik ini berasal dari Daerah Sumatera Utara tepatnya dari Nias.

Meski namanya hampir mirip dengan benda langit atau steroid, namun bahan pembuatannya tidak ada yang berkaitan dengan benda-benda langit.

Alat musik ini terbuat dari kayu gelondongan yang diberikan lubang di bagian tengahnya sebagai wadah resonansi dan kayu berbentuk silinder panjang untuk membentangkan dawai atau senar.

Lagia hanya memiliki sebuah dawai atau senar, cara memainkan Lagia adalah dengan cara digesek dawainya menggunakan busur.

Karena wadah resonansi yang terbuat dari kayu cukup besar, biasanya alat ini di letakkan di tanah atau lantai ketika dimainkan.

Alat Musik Rebab

Alat Musik Rebab
by riauberbagi.blogspot.com

Rebab adalah alat musik yang berasal dari Jazirah Arab, meski alat musik gesek satu ini bukan asli dari Indonesia, Rebab sering digunakan sebagai alat musik utama dalam berbagai pementasan seni musik tradisional Indonesia.

Alat musik ini juga sering digunakan sebagai pementasan seni musik Betawi, gamelan Jawa bahkan khususnya di Jawa Barat alat ini sering digunakan diberbagai pementasan seni seperti : Tari Jaipong. Rampak Gendang dan Cianjuran.

Rebab memiliki dua dawai, sama dengan alat musik gesek lainnya rebab digesek pada dawai menggunakan busur.

Alat Musik Sukong

Alat Musik Sukong
budayajawa.id

Alat musik Sukong merupakan alat musik yang berasal dari Betawi, Alat musik betawi satu ini sekilas memang menyerupai dengan Rebab namun ukurannya sedikit lebih kecil.

Alat musik Sukong biasanya digunakan dalam berbagai pertunjukan seperti ondel- ondel dan juga pementasan lenong, selain itu karena Sukong berfungsi sebagai alat musik melodi, Sukong dapat menghasilkan irama lagu-lagu betawi seperti kicir-kicir dan jali-jali.

Wadah resonansi Sukong terbuat dari batok kelapa dan kayu untuk membentangkan dua senar/dawai.

Cara memainkan Sukong yaitu dengan cara digesek menggunakan busur yang senarnya terbuat dari rambut kuda jantan berwarna putih keemasan.

Alat Musik Tarawangsa

Alat Musik Tarawangsa
by tikarmedia.or.id

Tarawangsa adalah alat musik gesek yang berasal dari jawa barat, alat musik sunda ini sering dimainkan pada upacara calung oleh orang-orang Tasik yaitu ritual sebagai penghormatan kepada Dewi Sri.

Alat musik ini terbuat dari kayu yang dibuat lubang untuk wadah resonansi, sedangkan dawainya terbuat dari kawat atau besi, cara memainkannya sama dengan alat musik gesek lainnya yaitu dengan cara di gesek menggunakan busur.

Alat Musik Tehyan

Alat Musik Tehyan
by pusatpandang.com

Tehyan adalah alat musik tradisional yang berasal dari Jakarta, alat musik betawi ini adalah alat musik yang sering digunakan sebagai hiburan rakyat.

Alat musik ini merupakan alat musik yang terbilang susah cara memainkannya, membutuhkan perasaan untuk bisa memainkan agar menghasilkan bunyi yang Indah,

Alat musik ini menghasilkan nada diatomis dan memiliki nada dasar A yang berfungsi sebagai ritme. Berbeda dengan sukong yang memiliki nada dasar G yang berfungsi sebagai bas.

Bahan baku pembuatan alat musik ini terbilang simpel, hanya menggunakan tempurung kelapa untuk wadah resonansi nya dan kayu sebagai pembentang senar.

Alat Musik Yangqin

Alat Musik Yangqin
by soundofmountain.com

Alat musik gesek yangqin adalah alat musik yang berasal dari Tiongkok, selain digesek cara memainkan alat musik ini juga dapat dengan cara dipukul.

Bentuknya yang menyerupai dengan Kupu-kupu alat musik ini juga sering disebut dengan alat musik kupu-kupu.

Yangqin memiliki suara yang sangat nyaring dan mempunyai daya ekspresif  yang cukup kuat sehingga alat musik ini dapat dikatakan sebagai alat musik kunci dalam pertunjukan tradisional Tiongkok.

Alat Musik Digesek Modern

Setelah membahas berbagai alat musik dipetik tradisional dari berbagai daerah yang ada di Indonesia maupun yang di Luar Negeri sekarang kita beralih ke alat musik gesek modern dari berbagai negara.

Alat Musik Biola

Alat Musik Biola
by lazada.co.id

Alat musik gesek modern satu ini pasti tidak asing di telinga anda, alat musik ini cukup populer karena sering dimainkan pada pertunjukan musik orkestra, jazz, pop dan musik melayu.

Biola memiliki 4 dawai yang diatur secara rapi hingga menghasilkan nada yang sempurna ketika digesek, alat musik ini umumnya digemari oleh kaum wanita, para pemain biola biasanya sering disebut sebagai violinist.

Alat Musik Cello

Alat Musik Cello
by ndonesian.alibaba.com

Cello atau sering disebut Violoncello adalah alat musik gesek yang masih satu keluarga dengan biola, Cello memiliki ukuran yang lebih besar dari biola namun lebih kecil dari Contre Bass.

Karena ukurannya cukup besar alat musik ini biasanya dimainkan dengan cara diletakkan di Lantai dan digesek dalam keadaan berdiri.

Alat musik ini sangat sering dimainkan pada musik klasik yang ada di eropa, namun di Indonesia sangat jarang sekali menggunakan alat musik ini karena menghasilkan bunyi yang tidak sesuai dengan  model musik-musik tradisional Indonesia.

Alat Musik Contre Bass atau Double Bass

Alat Musik Contre Bass
by diegesdoublebass.com

Alat musik Contre Bass merupakan alat musik gesek keluarga Biola yang paling besar dibandingkan dengan Cello dan Viola, alat musik ini selain dimainkan dengan cara digesek juga sering dengan cara dipetik dawainya secara langsung.

Alat musik ini biasanya digunakan untuk mengiringi musik jazz, orkestra, musik bluegrass, country, dan musik rockabilly. Alat musik satu ini hampir selalu dimainkan disetiap pertunjukan di negara-negara Eropa dan latin.

Alat Musik Viola

Alat Musik Viola
by en.wikipedia.org

Alat musik gesek modern selanjutnya adalah Viola, alat musik ini banyak orang menganggapnya sebagai biola, padahal sangat berbeda, selain Viola memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan biola suara yang dihasilkannya pun lebih rendah.

Biola memiliki nada yang dimulai dari nada terendah yaitu G-D-A-E sedangkan alat musik viola dimulai dari C-G-D-A, hal tersebut yang menyebabkan alat musik viola memiliki nada suara yang lebih berat dibandingkan biola.

Berikut video permainan alat musik gesek tradisional rebab

 

Kita telah membahas berbagai macam alat musik gesek baik dari tradisional maupun modern, semoga info ini bisa menambah wawasan anda.  terimakasih…

Leave a Reply