Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar FIFA dan Gambar Serta Penjelasan

Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar FIFA dan Gambar Serta Penjelasan

Ukuran Lapangan Sepak Bola – Sepak bola adalah salah satu olahraga yang banyak digemari oleh banyak orang, tidak hanya sebagai pemain, sporter atau pecinta bola juga begitu banyak.

Anda mungkin salah satu orang yang sangat menyukai sepak bola, baik dari klub nasional hingga klub Internasional.

Namun sebagai pecinta bola, apakah anda sudah tahu berapa ukuran lapangan sepak bola?, apakah anda tahu nama dan fungsi-fungsi garis didalam sepak bola?

jika anda belum mengetahuinya, maka disini kita akan membahas ukuran lapangan sepak bola lengkap dengan penjelasannya.

Syarat Dasar Bidang Permukaan dan Tanda Garis Standar IFAB

Garis Tengah Lapangan Sepak Bola
by sportku.com

Dalam membuat ukuran lapangan sepak bola tidaklah sembarang, karena ada ketentuan Nasional maupun Internasional.

Ketentuan ukuran lapangan sepak bola baik Nasional maupun Internasional sebenarnya sudah diatur oleh International Football Association Board (IFAB), IFAB memberikan pilihan dan ketentuan standar lapangan agar bisa menyesuaikan luasan lahan yang tersedia.

Sebelum kita masuk ke jenis-jenis garis ukuran lapangan sepak bola, IFAB juga mengatur syarat permukaan bidang lapang, sebagai berikut :

Syarat Bidang Permukaan (Field surface)

  • Bidang permukaan lapangan sepak bola harus terbuat dari rumput alami atau asli, namun jika ada aturan yang memperbolehkan dengan buatan, maka yang harus digunakan adalah sistem kombinasi terpadu antara buatan dan alami (sistem hybrid).
  • Jika menggunakan lapangan buatan permukaan harus berwarna hijau
  • Jika ada pertandingan antara tim dari sepak bola Nasional yang berafiliasi dengan FIFA atau pertandingan klub Internasional maka permukaan bidang lapangan sepak bola harus memenuhi standar kualitas dari FIFA. Kecuali ada dispensasi dari IFAB.

Syarat Dasar Garis Pada Permukaan Bidang (Field markings)

  • Bentuk lapangan bola harus persegi panjang, ditandai dengan garis yang kontinu, bahan pembuatan garis tidak boleh membahayakan rumput alami.
  • Hanya garis yang ada dalam aturan UU1 yang boleh ditandai atau diwarnai pada suatu lapangan pertandingan.
  • Garis terpanjang dalam ukuran lapangan sepak bola hanyalah terdiri dari dua garis sentuh dan dua garis yang lebih pendek yaitu garis gawang.
  • Bidang permainan dibagi menjadi dua yaitu ditandai dengan garis tengah yang bergabung dengan titik tengah yang terletak diantara dua garis sentuh.
  • Tebal/luas garis penanda (berwarna putih) tidak boleh lebih dari 12 cm.
Baca Juga > Ukuran Lapangan Futsal

Ukuran Lapangan Sepak Bola (Garis Sentuh dan Garis Gawang)

Dalam membuat lapangan sepak bola IFAB memberikan standar minimal dan maksimal ukuran lapangan sepak bola berdasarkan garis sentuh (touch line) dan garis gawang (goal line), berikut standarnya :

Standar Ukuran Lapangan Sepak Bola

Lapangan Sepak Bola
by pexels.com

Dalam membuat lapangan sepak bola IFAB memberikan standar sebagai berikut :

Ukuran Garis Sentuh/Panjang Lapangan

Minimum         : 90 m (100 yds)

Maksimum      : 120 m (130 yds)

Ukuran Garis Gawang/Lebar Lapangan

Minimum         : 45 m (100 yds)

Maksimum      : 90 m (130 yds)

Perlu dipahami dalam menggunakan ukuran tersebut, jika anda menggunakan ukuran panjang minimum maka ukuran lebar juga harus menggunakan ukuran minimum begitu pun sebaliknya.

Ukuran diatas dapat diterapkan sebagai ukuran lapangan sepak bola Nasional atau pertandingan klub lokal.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Internasional

arena-brasil-championship-41257
by pexels.com

Dalam pertandingan sekala Internasional IFAB sudah menentukan standar yang berbeda yang harus diterapkan, berikut ukuran lapangan sepak bola Internasional :

Ukuran Garis Sentuh/Panjang Lapangan

Minimum         : 100 m (110 yds)

Maksimum      : 110 m (120 yds)

Ukuran Garis Gawang/Lebar Lapangan

Minimum         : 64 m (70 yds)

Maksimum      : 75 m (80 yds)

Baca Juga > Ukuran Lapangan Voli

Jenis-jenis Garis pada Lapangan Sepak Bola Beserta Ukurannya

Setelah kita mengetahui ukuran lapangan sepak bola berdasarkan garis sentuh dan garis gawang, sekarang kita akan membahas jenis-jenis garis yang ada di lapangan sepak bola beserta ukurannya.

Garis Area Gawang (The goal area)

Garis Area Gawang
by breakingnews.co.id

Garis area gawang merupakan garis kekuasaan dari seorang kiper, didalam area ini seorang penjaga gawang bebas mengamankan bola dengan langsung mengambilnya dan tidak boleh diganggu atau dilanggar.

Garis area gawang menyerupai dengan garis area penalti yaitu berbentuk persegi panjang namun ukurannya jauh lebih kecil.

Untuk panjang garis area gawang, yaitu diukur sepanjang 5,5 m (6 yds) dari tiang gawang kiri dan kanan, sehingga total panjang area gawang yaitu 18,32 m, dan untuk luas nya juga diukur sepanjang 5,5 m mengarah ke depan sehingga luasnya menjadi 100,76 m2.

Garis Area Penalti (The penalty area)

Kotak Pinalti
by en.wikipedia.org

Area penalti merupakan area yang harus dihindari bagi seorang pemain yang melakukan pelanggaran, jika seorang pemain melakukan pelanggaran di area ini, maka lawan akan diberikan kesempatan menendang langsung ke gawang yang hanya dijaga oleh kiper.

Garis area penalti juga mempunyai fungsi sebagai batas kiper boleh memegang bola, jika kiper memegang bola di luar garis penalti maka akan diberikan hukuman penalti yang pasti akan menguntungkan  pihak lawan.

Panjang garis area penalti diukur sepanjang 16,5 m (18 yds) kearah samping kanan dan kiri tiang gawang, sehingga total panjangnya yaitu 40,32 m, sedangkan luasnya diukur 16,5 m mengarah kedepan, sehingga luas totalnya 665,28 m2.

Di dalam garis penalti juga terdapat titik penalti (pinalty mark), titik penalti terletak di tengah-tengah antara antara Garis Area Gawang dengan Garis Area Penalti atau diukur 11 m dari garis gawang, titik ini digunakan sebagai eksekusi pelanggaran di area kotak penalti.

Terdapat juga garis yang membentuk busur (penalty arc) yang menempel garis area penalti dan mengarah kedepan  dengan radius 9,15 m (10 yds) dari titik penalti.

Garis busur penalti berfungsi agar tidak ada penumpukan pemain di tengah-tengah sehingga memberikan keleluasaan kepada eksekutor untuk menendang bola.

Garis Area Sudut (The corner area)

Tendangan Pojok
by pexels.com

Garis area sudut berfungsi sebagai pemain untuk melakukan tendangan sudut, jumlah garis ini sesuai dengan jumlah sudut yang ada di lapangan sepak bola yaitu empat sudut.

Garis ini membentuk seperempat lingkaran, yang memiliki jari-jari sepanjang 1 m diukur dari garis ujung sudut lapangan.

Selain garis sudut, sebenarnya terdapat garis lagi yang berjarak 9,15 m (10 yds) dari titik sudut yang mengarah ke gawang dan kedepan, garis ini biasanya berfungsi agar pemain bertahan tidak mendekati bola ketika terjadi sepak pojok.

Garis Tengah (halfway line)

Garis Tengah Lapangan Sepak Bola
by sportku.com

Garis tengah adalah garis yang membagi lapangan menjadi dua bagian sama besar, sehingga terdapat area pemain sepak bola dan area pemain lawan, di tengah-tengah garis ini juga terdapat titik tengah (center mark).

Berikut gambar secara detail :

Detail Ukuran
by IFAB

Selain titik tengah, terdapat juga lingkaran tengah (center circle) yang memiliki radius 9,15 m (10 yds) dari titik tengah, lingkaran ini berfungsi untuk membatasi pemain lawan agar tidak mendekat ketika terjadinya kick off pada awal pertandingan.

Baca Juga > Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Ukuran Gawang Sepak Bola

Ukuran Gawang
by IFAB

Ukuran gawang tidak kalah penting untuk diketahui karena ukuran gawang akan mempengaruhi ukuran garis area penalti dan garis area gawang.

Gawang lapangan sepak bola memiliki bentuk persegi panjang, yaitu dengan panjang 7,32 m (8 yds) dan tinggi 2,44 m (8ft).

Perlu digaris bawahi, dalam mengukur ukuran panjang gawang diukur dari bagian terdalam sisi tiang gawang, bukan dari sisi terluar tiang gawang, untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah.

mengukur panjang gawang
by IFAB

Daftar Stadion Indonesia Berstandar Internasional

Indonesia juga memiliki lapangan sepak bola berstandar Internasional yang patut kita banggakan. Jika sudah berstandar Internasional maka dapat dipastikan ukuran lapangan sepak bola nya juga sesuai dengan standar Internasional, berikut lapangan sepak bola beserta keterangannya :

Lapangan Gelora Bung Karno (GBK)

GBK
by jakarta.tribunnews.com

Semua orang di Indonesia pasti mengetahui lapangan sepak bola satu ini, stadion GBK adalah salah satu stadion kebanggaan rakyat indonesia, lapangan ini termasuk kedalam stadion sepak bola asosiasi terbesar ke 7 di Dunia.

Lapangan GBK tentu memiliki ukuran lapangan sepak bola berstandar internasional yaitu memiliki ukuran 105 x 68 m2 dan memiliki kapasitas 88.083 kursi penonton.

Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA)

GBLA
by bolaindo.com

Jika kamu orang Bandung pasti mengenal stadion satu ini, sesuai dengan namanya stadion ini terletak di Kota Bandung, tepatnya di daerah Gedebage.

Ukuran lapangan sepak bola satu ini juga memiliki ukuran standar Internasional, stadion ini memiliki kapasitas 3800 kursi penonton.

Stadion Utama Riau

Stadion Utama Riau
by wikipedia.org

Stadion Utama Riau adalah stadion yang terletak di Pekan Baru, Riau, stadion ini mulai dibangun pada tahun 2009, tujuan awal pembangunan stadion ini yaitu untuk agenda PON pada tahun 2012.

Ukuran lapangan sepak bola Stadion Utama Riau juga memiliki ukuran yang berstandar Internasional dengan kapasitas kursi penonton sebanyak 44000 penonton.

Stadion Aji Imbut Tenggarong

Stadion Tenggarong
by korankaltim.com

Stadion Aji Imbut Tenggarong adalah stadion sepak bola yang ada di pulau kalimantan, tepatnya di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Stadion Aji Imbut Tenggarong memiliki kapasitas kursi penonton sebanyak 35000 kursi, ukuran lapangan sepak bola ini pun berstandar Internasional.

Stadion Utama Palaran Samarinda

Stadion Palaran Samarinda
by Kompasiana.com

Tidak beranjak dari Kalimantan Timur, Stadion Palaran Samarinda ini terletak di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, stadion ini adalah stadion terbesar ke 2 di Indonesia, setelah GBK.

Ukuran lapangan sepak bola Stadion Palaran Samarinda juga memiliki ukuran yang berstandar Internasional dengan jumlah kursi penonton sebanyak 67.075 kursi.

Stadion Jakabaring Palembang

Stadion Jaka Baring
by ndosport.com

Stadion Jakabaring Palembang merupakan stadion terbesar ke 3 di Indonesia, stadion ini terletak di Palembang, Indonesia.

Stadion Jakabaring memiliki ukuran lapangan sepak bola yang berstandar Internasional yaitu 105 x 68 m2 dengan jumlah kursi penonton sebanyak 3800-45000.

Gelora Bung Tomo

Stadion Gelora Bung Tomo
by bola.net

Stadion Bung Tomo adalah stadion yang terletak di Kota surabaya, Stadion ini juga memiliki ukuran lapangan sepak bola yang berstandar Internasional.

Jumlah kursi penonton pada stadion ini yaitu sebanyak 55000 kursi.

Baca Juga > Ukuran Lapangan Tenis Meja

 

Lapangan Bola Lodaya Sakti

Lapangan Bola Lodaya Sakti
by suara.com

Siapa sangka ada lapangan sepak bola yang memiliki standar Internasional namun letaknya di sebuah desa, nama lapangan tersebut adalah Lapangan Bola Lodaya Sakti.

Lapangan yang berasal dari Desa Cisayong, Tasik Malaya ini memiliki ukuran lapangan sepak bola sesuai dengan standar IFAB, meski tidak ada kursi untuk penonton, namun kita patut bangga karena setingkat desa mampu membangun lapangan bertaraf Internasional.

Berikut video proses pembuatan lapangan sepak bola

Berbagai informasi tentang ukuran lapangan sepak bola telah dibahas hingga tuntas, semoga informasi di atas dapat menambah wawasan anda serta menumbuhkan kebanggaan kita terhadap fasilitas olah raga yang ada di Indonesia.

Leave a Reply