Ukuran Lapangan Tenis dan Jenis Lapangan Tenis

Ukuran Lapangan Tenis dan Jenis Lapangan Tenis

Ukuran Lapangan Tenis – Tenis adalah jenis permainan olahraga yang dimainkan menggunakan raket untuk memukul bola yang terbuat dari karet, permainan ini biasanya dimainkan secara tunggal maupun ganda.

Anda mungkin salah satu orang pecinta tenis, selain baik untuk kesehatan tubuh, jenis permainan ini juga sangat seru ketika dimainkan bersama kawan-kawan, sebelum anda memainkan tenis apakah anda tahu berapa ukuran lapangan tenis sesuai dengan standar? Jika belum, maka tepat sekali jika anda membaca artikel ini hingga habis.

Mengetahui ukuran lapangan tenis sangatlah diperlukan, karena dalam membuatnya memiliki standar yang telah ditetapkan baik secara nasional maupun internasional, sehingga tidak sembarang dalam menentukan ukurannya.

Ukuran Lapangan Tenis

Ukuran Lapangan Tenis

Sekilas lapangan ini memang mirip dengan lapangan bulu tangkis, memiliki bentuk persegi panjang dan terdapat net di tengah-tengah lapangan yang membagi lapangan menjadi dua bagian.

Meski hampir sama namun tinggi net yang ada pada lapangan tenis lebih rendah dibandingkan dengan bulu tangkis, karena cara memainkan tenis yaitu dengan memantulkan bola tenis ke permukaan lapangan menggunakan raket.

perbedaan mendasar lainnya yaitu lapangan tenis memiliki ukuran lapangan yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran lapangan bulu tangkis, untuk lebih jelasnya berikut ukuran lapangan tenis sesuai dengan standar :

  • Panjang lapangan : 23,77 meter
  • Lebar lapangan (tunggal) : 8,23 meter
  • Lebar lapangan (Ganda) : 10,97 meter
  • Jarak garis servis dengan net : 6,4 meter
  • Jarak garis dalam (tunggal) dengan garis luar (ganda) : 1,37 meter

Ukuran Net dan Tiang Tenis

Ukuran Net Tenis

Selain mengetahui ukuran lapangan tenis, tidak kalah penting juga mengetahui ukuran net dan tiang tenis, sama halnya dengan ukuran lapangan yang telah dijelaskan di atas, ukuran net dan tiang tenis pun memiliki standar nasional maupun internasional yang telah ditetapkan, untuk lebih jelasnya berikut ukuran net dan tiang tenis.

  • Tinggi tiang tenis : 1,07
  • Tinggi net bagian ujung : 1,07
  • Tinggi net bagian tengah 0,914
  • Diameter maksimum kabel kawat pengikat net : 0,8cm
  • Lebar maksimum kawat : 5 cm
  • Tebal pita pada bagian pinggir net : 5 – 6,35 cm
  • Jarak antara tiang dengan garis pinggir : 0,914 meter

Baca Juga > Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Ukuran Bola Tenis

Ukuran Bola Tenis

Dalam permainan tenis, bola tenis juga memiliki ukuran yang sudah ditetapkan oleh ITF (International Tennis Federation) yang merupakan induk organisasi permainan tenis internasional.

Sebenarnya ukuran bola tenis disetiap ketinggian tempat memiliki ukuran yang berbeda-beda, mulai dari diameter bola hingga berat bola yang telah ditentukan, meski begitu ITF memberikan standar ukuran bola yang umum digunakan untuk pertandingan sekala nasional maupun internasional, berikut ukuran bola tenis :

Diameter Bola : 65,41-68,58 mm.

Berat bola : 56,0-59,4 gram.

Baca Juga > Ukuran Lapangan Sepak Bola

Jenis Lapangan

Jenis Lapangan Tenis

Setelah anda mengetahui ukuran lapangan tenis beserta ukuran bola tenis, apakah anda tahu ternyata lapangan tenis tidak hanya memiliki satu tipe atau jenis lapangan saja, lapangan tenis memiliki jenis yang berbeda-beda.

Jika anda penasaran langsung saja berikut jenis / tipe-tipe lapangan tenis :

  1. Lapangan Rumput (Grass Court)

Sesuai dengan nama pada tipe lapangan ini yaitu menggunakan rumput sebagai bidang permukaan pada lapangan tenis, rumput ditumbuhkan diatas tanah yang rata dan keras agar tetap memiliki daya pantul, bola akan terasa cepat jika kita menggunakan lapangan jenis ini.

Selain itu bola akan meluncur dengan sedikit efek pantulan. Meski sangat nyaman digunakan namun jenis lapangan Grass Court sangat jarang sekali ditemui, karena biaya perawatan lapangan terbilang cukup mahal dibandingkan dengan perawatan jenis lapangan. Jenis lapangan ini biasanya digunakan pada kejuaraan Wimbledon.

  1. Lapangan Semen (Hard Court)

Jenis lapangan ini adalah jenis lapangan yang sering kita jumpai dimana-mana, bahan baku pembuatan lapangan ini bisa dibuat menggunakan semen, pasir dan kerikil yang diaspal. Di luar negeri ada yang terbuat dari bahan sintetis untuk melapisi lapangan tersebut, contohnya bahan Deco Turf yang dipakai pada lapangan Flushing Meadows Venue dari US open.

Lapangan hard court memiliki karakteristik cepat-sedang, jika pembuatannya menggunakan semen maka akan memiliki karakteristik cepat, jika menggunakan kerikil atau pasir yang di aspal akan memiliki karakteristik sedang.

  1. Lapangan Tanah Liat (Clay Court)

Jenis lapangan Clay court adalah lapangan yang terbuat dari tanah liat atau pasiran dari batu bata yang dihancurkan kemudian diratakan dan dipadatkan.

Jenis lapangan ini memiliki karakteristik yang dibilang lambat sehingga banyak digunakan untuk memainkan bola lebih lama dengan rally yang cukup panjang. Lapangan jenis ini biasanya dimainkan pada kejuaraan Prancis Terbuka.

  1. Lapangan Indoor

Jenis lapangan ini di Indonesia kebanyakan adalah jenis permukaan hard court atau lapangan semen namun ada juga jenis lapangan Indoor clay yaitu berada di UMS 80, Kuningan, Jakarta.

Di luar negeri seperti di Amerika dan Eropa lapangan indoor dilapisi menggunakan karpet sintetis, menurut ITF lapangan karpet tersebut sama seperti yang digunakan pada lapangan Tennis Master, namun beberapa ada juga yang menggunakan rumput sintetis.

Setelah mengetahui ukuran lapangan tenis dan berbagai jenis lapangan tenis, mungkin sekarang anda mulai tertarik dengan permainan tenis, ternyata dibalik keseruannya tenis menyimpan sejarah yang cukup menarik untuk dibahas, langsung saja berikut sejarah singkat permainan tenis

Sejarah Tenis

Sejarah Tenis

Cikal bakal tenis sebenarnya masih dalam perdebatan, ada yang mengatakan permainan tenis berasal dari Mesir, Yunani dan Romawi kuno karena pada daerah tersebut terdapat permainan yang hampir serupa yang cara memainkannya sama seperti tenis.

Memang belum ada pernyataan dan gambar yang telah membuktikan itu semua, namun ada beberapa teori yang menguatkan pendapat diatas, yaitu dari bahasa Arab yang berasal dari Mesir kuno, kata tenis berasal dari nama sebuah kota Mesir, “Tinnis” yang terletak di tepi sungai Nil dan kata raket dari bahasa Arab yaitu “Rahat” yang memiliki arti tangan.

Meski belum diketahui secara pasti munculnya permainan ini dari mana namun sebagian besar sejarawan meyakini bahwa permainan tenis merupakan permainan kuno yang berasal dari bagian Utara Perancis, pada abad ke-12 terdapat permainan serupa yang dimainkan menggunakan telapak tangan yang nantinya berkembang menjadi tenis seperti sekarang ini.

Salah satu pecinta permainan tersebut adalah Luis X dari paris, dia adalah orang yang tercatat dalam sejarah sebagai orang yang membangun lapangan tenis di dalam ruangan di Paris, sayangnya dia meninggal pada Juni 1316 terkena penyakit pleuriti yang disebabkan meminum sejumlah besar anggur dingin, sepeninggalnya dia dicatat sebagai pemain tenis pertama dalam sejarah.

Digunakannya raket dimulai pada abad ke-16 dan permainan ini mulai disebut sebagai “tenis” yang berasal dari bahasa istilah dari prancis yaitu tenez yang memiliki arti “tahan!”, “terima!”, atau “ambil!” yang merupakan interjeksi yang digunakan oleh pemain yang sedang melakukan servis ditujukan pada lawan mainnya.

Singkat cerita permainan tenis semakin berkembang pesat di beberapa negara seperti di Prancis, Inggris, Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya, permainan ini mulai mengalami modernisasi baik dari jenis lapangan (seperti yang dijelaskan sebelumnya), hingga menggunakan kamera pemantau untuk membantu wasit dalam pertandingan.

Baca Juga > Ukuran Lapangan Bola Voli


Sampai disini pembahasan kita tentang ukuran lapangan tenis, jenis lapangan tenis hingga sejarah singkat awal mula tenis diciptakan, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda, terimakasih..

Leave a Reply