Ukuran Lapangan Kasti Disertai Gambar dan Penjelasan (Lengkap)

Ukuran Lapangan Kasti Disertai Gambar dan Penjelasan (Lengkap)

Ukuran Lapangan Kasti – kasti adalah permainan yang banyak dimainkan oleh anak-anak hingga remaja, permainan ini dibilang sangat seru, karena untuk memainkannya dilakukan secara ramai-ramai bersama orang terdekat atau kawan-kawan disekitaran rumah kita.

Di dalam permainan kasti terdapat dua tim yang masing-masing orang memiliki perannya sendiri-sendiri, adapun jumlah pemain kasti dalam setiap tim yaitu 12 orang dan dipilih satu ketua atau kapten di masing-masing tim.

Dalam permainan ini dibutuhkan kekompakan yang cukup besar agar bisa mendapatkan poin yang banyak, seorang pemukul harus bisa lari sekencang mungkin setelah memukul bola agar segera samapai pada marka (base) sebelum bola dilemparkan kembali oleh penjaga ketubuh pemukul tersebut.

Sebelum anda memainkan permainan ini yang perlu anda ketahui adalah berapa ukuran lapangan kasti, sehingga ketika anda memainkan permainan ini anda bisa membuat lapangan kasti sendiri dengan ukuran yang tepat.

Ukuran Lapangan Kasti

Ukuran Lapangan Kasti

Lapangan kasti memiliki bentuk persegi panjang, biasanya dimainkan di areal yang luas, tujuannya agar ketika berlari tidak ada yang menghalangi, karena pemukul harus belari dengan kencang agar tidak terkena lemparan bola oleh penjaga bola.

Berikut ini ukuran lapangan tersebut :

  • Panjang Lapangan Kasti :60-70 m
  • Lebar Lapangan Kasti :30 m

Berbagai Garis Pada Lapangan Kasti

Ukuran Lapangan Permainan Kasti

Seleain mengetahui ukuran panjang dan lebar lapangan kasti, penting juga bagi anda mengetahui ukuran berbagai garis yang ada di dalam lapangan kasti, seperti garis tempat pemukul, garis pada ruang pelambung, garis ruang bebas dan jari-jari marka (base) tempat pemberhentian.

Berikut penjelasan tentang berbagai garis yang ada pada lapangan kasti :

  • Ruang pelambung : 5 x 5 meter
  • Ruang pemukul : 5 x 5 meter
  • Ruang bebas : 15 x 5 meter
  • Jari-jari marka : 1 meter

Yang perlu diperhatikan sebagai seorang pemukul adalah setelah memukul bola letakkanlah alat pemukul di area ruang pemukul karena jika alat pemukul keluar dari garis yang telah ditentukan maka pemain akan mendapatkan hukuman berupa pergantian pemain.

Baca Juga > Ukuran Lapangan Sepak Bola

Peralatan Permainan Kasti

Setelah sebelumnya membahas tentang ukuran lapangan kasti, sekarang kita kan beralih ke peralatan apa saja yang perlu disiapkan ketika anda bermain kasti, sehingga sebelum anda memainkan permainan ini anda sudah menyiapkan berbagai peralatannya. berikut perelatan permainan kasti.

  1. Bola Kasti, bola kasti yang digunakan adalah bola yang biasa digunakan untuk permainan tenis lapangan, bola tersebut biasanya terbuat dari karet yang dilapisi serat atau kain pada bagian luarnya.
  2. Tongkat Bola, tongkat pemukul kasti terbuat dari kayu alami, ketika memilih kayu, pilihlah kayu yang memiliki tingkat kekerasan yang cukup tinggi, hal tersebut bertujuan agar kayu tidak mudah patah ketika digunakan, sedangkan ukuran tongkatnya adalah 50-60 cm.
  3. Bendera kecil, pilihlah bendera yang memiliki warna yang cerah, hal tersebut bertujuan sebagai penjelas tanda dalam lapangan.

Baca Juga > Ukuran Lapangan Tenis Meja

Baca Juga > Ukuran Lapangan Bola Voli

Penutup

Diatas sudah dibahas tentang ukuran lapangan kasti serta penjelasan berbagai garis yang ada di lapangan kasti, ketika anda ingin membuat lapangan kasti siapkanlah terlebih dahulu halaman yang cukup lapang dan datar sehingga ketika digunakan tidak menyusahkan pemain ketika berlari menghindari bola.

Sekian pembahasan tentang permainan kasti, semoga informasi diatas dapat menambah wawasan anda tentang permainan kasti, ajaklah orang terdekat atau teman-teman anda untuk memainkan permainan kasti, selain seru ketika dimainkan juga bagus untuk kesehatan tubuh.

Leave a Reply