Jumlah Pemain Kasti Beserta Penjelasan Tugasnya

Jumlah Pemain Kasti Beserta Penjelasan Tugasnya

Jumlah Pemain Kasti – Permainan kasti merupakan jenis permainan bola kecil yang terdiri dari dua tim, permainan ini biasanya dilakukan di tempat terbuka atau tanah yang lapang. Tidak ada batasan usia dalam permainan ini, mulai dari anak-anak hingga dewasa bisa melakukan permainan ini.

Di dalam permainan kasti terdapat unsur-unsur pendidikan yang baik untuk pengembangan karakter, seperti unsur rasa tanggung jawab, unsur kerja keras bahkan karena cara memainkannya secara beregu yang dapat menciptakan suasana kebersamaan yang membutuhkan kerja sama tim untuk memainkannya.

Kali ini kita akan membahas secara lengkap tentang jumlah pemain kasti beserta masing-masing tugasnya, untuk lebih jelasnya mari baca artikel ini hingga selesai.

Jumlah Pemain Kasti

Jumlah Pemain Kasti
by abc15.com

Permainan kasti memiliki jumlah pemain 12 orang, masing-masing orang memiliki perannya sendiri, tergantung dengan posisi tim tersebut, menjadi tim penjaga atau menjadi tim penyerang.

Tugas tim penjaga adalah berusaha mematikan lawan dengan menangkap bola hasil pukulan dan melemparkannya ke pemain penyerang yang sedang berlari sebelum mencapai marka (base) yang dituju, selain itu tim penjaga juga bertugas melambungkan bola ke penyerang untuk dipukul.

Sedangkan untuk tugas tim penyerang adalah memukul bola yang dilempar oleh salah seorang tim penjaga dan berlari sekencang mungkin agar sampai di marka 1 hingga marka 2 dan kembali lagi ke ruang bebas untuk mendapatkan nilai.

Tugas Pemain Kasti

Setelah di atas kita membahas tentang jumlah pemain kasti sekarang kita akan beralih ke tugas masing-masing pemain kasti, seperti dijelaskan sebelumnya bahwa tim terdiri dari dua tugas, yaitu sebagai penjaga dan penyerang,

Untuk lebih jelas tentang tugas masing-masing pemain akan dijelaskan dibawah ini :

Pemukul Bola

Pemukul Bola Kasti
by parade.com

Sesuai dengan namanya tugas dari pemain ini adalah memukul bola, pemukul bola berusaha untuk memukul bola sekencang mungkin agar tim penjaga susah menangkap bola hasil pukulan tersebut.

Ketika memukul bola tidaklah asal memukul, melainkan memiliki teknik untuk memukulnya, teknik tersebut yaitu teknik memukul melambung, teknik memukul mendatar dan teknik memukul menyusuri tanah.

Masing-masing teknik pukulan memiliki tujuannya masing-masing, hal tersebut didasarkan dengan situasi dan kondisi ketika permainan berlangsung, untuk lebih jelasnya perhatikan pembahasan dibawah ini.

  • Memukul melambung bertujuan agar bola yang dipukul dapat melambung tinggi sehingga bola bisa cukup lama di udara dan pemukul bisa berlari sekencang mungkin menuju marka yang dituju.
  • Memukul mendatar memiliki tujuan agar bola yang dipukul dapat melesat sangat cepat dan keras yang membuat tim penjaga kesusahan untuk menangkapnya.
  • Memukul menyusuri tanah memiliki tujuan agar bola yang dipukul dapat melesat dengan kencang dan menyusuri tanah, sehingga akan menyusahkan tim penjaga untuk menangkapnya.

Selain memperhatikan teknik memukul, sebagai seorang pemukul juga harus bisa mengoptimalkan seluruh tenaganya untuk bisa berlari sekencang mungkin menuju marka dan mampu menghindari bola ketika dilemparkan ke arah tubuhnya.

Penangkap Bola

Penangkap Bola Kasti
by s3.amazonaws.com

Penangkap bola adalah pemain yang berasal dari tim penjaga yang bertugas untuk menangkap bola yang dipukul oleh pemukul, selain itu tugas lainnya yaitu melemparkan bola yang di tangkap ke tubuh pemukul bola yang sedang berlari.

Perlu diperhatikan ketika melemparkan bola ke tubuh lawan tidak boleh terlalu keras, jika terlalu keras ditakutkan dapat melukai pemain lawan. Sama halnya dengan pemukul bola, penangkap bola pun memiliki teknik tersendiri.

Teknik menangkap bola didasarkan dari hasil bola yang dipukul oleh pemukul bola, adapun teknik menangkap bola yaitu menangkap bola melambung, menangkap bola mendatar dan menangkap bola menyusuri tanah.

Jumlah pemain kasti terbesar berada pada posisi ini, dari 12 orang yang ada pada tim jaga, 11 diantaranya bertugas menjadi penangkap bola.

Baca Juga > Permainan Rounders

Pelempar Bola

Pelempar Bola
by toronto.citynews.ca

Pelempar bola bertujuan memberikan bola kepada pemukul bola sesuai dengan keinginan pemukul, teknik melempar bola hanya terdiri dari dua teknik, yaitu teknik melempar melambung dan teknik melempar mendatar.

Untuk lebih jelas tentang berbagai teknik dalam permainan kasti anda bisa membacanya di permainan bola kasti.

Sampai disini pembahasan tentang jumlah pemain kasti beserta masing-masing tugasnya, semoga informasi diatas dapat membantu anda yang saat ini sedang mempelajari permainan kasti. Terimakasih.

Leave a Reply