Sejarah, Teknik Dasar dan Cara Bermain Permainan Rounders

Sejarah, Teknik Dasar dan Cara Bermain Permainan Rounders

Permainan rounders adalah permainan bola kecil yang dimainkan dengan beregu atau kelompok, teknik bermainnya hampir sama dengan permainan baseball, softball dan kasti yaitu seperti teknik memukul, melempar dan menangkap bola.

Selain teknik yang digunakan sama, peralatan yang digunakan dalam permainan juga sama, seperti bola karet dan stik kayu untuk memukul bola. Kali ini kita akan membahas secara lengkap tentang permainan rounders, mulai dari sejarah hingga cara bermainnya.

Sejarah Permainan Rounders

Sejarah Permainan Rounders
by pixabay.com

Permainan rounders sudah ada di Inggris pada zaman Tudor. Ditemukan pada referensi awal tahun 1744 pada sebuah buku Pocket-Pretty Little atau sering disebut “dasar-bola” oleh John Newbery pada 1828.

Lebih lanjut di London telah diterbitkan buku edisi kedua dari pemiliki buku The Boy yaitu William Clarke yang didalamnya mencangkup aturan permainan kasti dalam bahasa Inggris berupa aturan pemukul dan dasar bola.

Aturan nasional pertama diresmikan di Irlandia pada 1884 oleh Asosiasi Atletik Gaelic (GGA) hingga saat ini di Irlandia permainan ini masih diatur oleh GGA sedangkan di Inggris diatur oleh National Riunders Association (NRA)  yang dibentuk pada tahun 1943.

Istilah dalam permainan rounders

Dalam memainkan rounders terdapat istilah-istilah yang perlu dipahami, beriku istilah dalam permainan rounders :

  • Ball : Bola yang dilambungkan tidak berada diatas tempat memukul atau dapat dikatakan salah.
  • Strike : Bola yang dilemparkan seorang benar yaitu berada tepat diatas tempat pemukul antara lutut dan bahu pemukul.
  • Out : Bola yang dipukul jatuh di luar garis batas pelari
  • Base : adalah tempat berhenti atau hinggap bagi seorang pemukul atau pelari.
  • Pitcher : Pelambong bola yang berasal dari regu jaga
  • Home Base : Base tempat memukul bola
  • Mengetik : Mematikan lawan dengan menyentuh bola
  • Membakar : Mematikan lawan dengan menyentuh atau memegang bola sebelum pelari sampai ke base yang dituju.
  • Home Run : Pemukul yang pukulannya mampu membuat pemukul tersebut bisa kembali ke ruang bebes secara langsung.

Teknik Dasar Permainan Rounders

Teknik Dasar Rounders
by pexels.com

Dalam memainkan rounders pengetahuan yang tidak kalah penting adalah mengetahui berbagai teknik dasar permainan rounders. Secara garis besar teknik dasar rounders terbagi menjadi tiga teknik dasar yaitu melempar bola, menangkap bola dan memukul bola.

  1. Melempar Bola

Sebelum melempar bola satu hal yang perlu dipahami adalah memegang bola dengan erat, hal tersebut bertujuan agar ketika melakukan persiapan pelemparan bola tidak jatuh dari genggaman tangan.

Teknik melempar bola terbagi menjadi 4 yaitu : lemparan dari atas kepala dengan cara diayunkan, lemparan dari samping dan bawah, lemparan melambung atau sering disebut pitch dan lemparan menggunakan pergelangan tangan yang dilecutkan.

  1. Menangkap Bola

Teknik menangkap bola dalam permainan rounders sebenarnya mengikuti arah datangnya bola yang dipukul oleh tim penyerang, adapun teknik menangkap bola yaitu : menangkap bola dengan arah lurus, menangkap bola yang bergulir di tanah, dan menangkap bola dari arah melambung.

  1. Memukul Bola

Dalam memukul bola terdapat tiga unsur gerak yaitu memegang tongkat pemukul, mengayunkan tongkat pemukul dan gerakan lanjutan. Untuk tekniknya sendiri terdiri dari tiga teknik yaitu memukul melambung, memukul mendatar dan memukul menyusur tanah.

Jumlah Pemain Rounders

Jumlah Pemain Rounders
by pixabay.com

Pemain rounders memiliki jumlah pemain sebanyak 24 orang yang masing-masing tim terdiri dari 12 orang dan memiliki 6 pemain cadangan, selain itu biasanya ada juga yang memainkan dengan 9 orang disetiap tim nya.

Tim dalam permainan rounders terbagi mejadi dua, yaitu tim jaga dan tim serang. Tim jaga memiliki tugas menangkap bola dan mematikan lawan sedangkan tim serang bertugas memukul bola dan lari menuju marka (base) yang telah ditentukan.

Cara Bermain Rounders

  1. Dipastikan terlebih dahulu bahwa jumlah pemain yang telah ditentukan sesuai, yaitu 12 atau 9 orang disetiap tim.
  2. Dalam menentukan yang bertugas menjadi tim jaga atau tim penyerang dilakukan dengan cara diundi atau pemilihan secara acak.
  3. Para pemukul bola memiliki nomor urut untuk memukul bola sehingga bisa melakukan persiapan sebelum gilirannya memukul.
  4. Dalam permainan ini pemukul bola tidak boleh mendahului nomor pemukul di depannya sebelum gilirannya tiba. Jika melanggar maka bisa dikenakan sanksi untuk pemukul tersebut.
  5. Kesempatan bagi pemukul untuk memukul bola dengan baik yaitu sebanyak tiga kali agar dia bisa berlari menuju base selanjutnya.
  6. Ketika pemain dari tim penyerang berlari menuju base selanjutnya maka tim penjaga boleh mematikan lawan dengan cara mengetik atau membakar base tersebut.
  7. Pada setiap base atau marka pada lapangan rounders hanya boleh diisi oleh satu orang pemain saja.
  8. Lama permainan rounders ditentukan dengan inning. Dalam satu inning setiap tim akan mendapatkan kesempatan satu kali menjadi tim jaga dan satu kali tim penyerang. Pertukaran dilakukan ketika tim jaga mampu menangkap bola sebanyak 5 kali atau ketika tim jaga mampu mematikan tim penyerang sebanyak 6 kali.
  9. Kemenangan dalam permainan rounders ditentukan berdasarkan jumlah poin yang didapatkan masing-masing tim, yang paling banyak mengumpulkan poin maka tim tersebutlah yang akan menjadi pemenang.
  10. Tim akan mendapatkan nilai satu poin ketika mampu melewati satu base dan akan mendapatkan 6 poin jika mampu melewati seluruh base hingga kembali ke ruang tunggu (home base). Tidak akan mendapatkan nilai atau poin ketika pemukul bola terkena tik atau dibakar oleh tim penjaga.

Lapangan Rounders

Lapangan Rounders

Lapangan rounders memiliki bentuk persegi lima, dan memiliki ukuran yang telah ditetapkan, berikut penjelasan tentang lapangan rounders :

  • Lapangan rounders berbentuk segi lima dan memiliki ukuran sisi 15 m.
  • Base untuk hinggap pemukul terdapat lima buah yaitu I, II, III, IV dan V (seperti dalam gambar)
  • Jarak antara bowler ke base V = 9 m.
  • Jarak antara bowler dengan base IV dan base I masing-masing 12 m
  • Tiang tegak lurus berjumlah 4 buah yang memiliki panjang 1,3 meter dipasang di keempat sudut.
  • Tempat pelontar bola berukuran 2,5 x 2,5 meter.
  • Tempat pemukul bola berukuran 2 x 2 meter.

Sekian pembahasan tentang permainan rounders, diatas sudah dibahas secara lengkap mulai dari sejarah, istilah permainan, cara bermain hingga ukuran lapangan rounders, semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda yang sedang mencari informasi tentang permainan permainan ini.

Leave a Reply