Ukuran Lapangan Bola Voli

Ukuran Lapangan Bola Voli

Anda mungkin pecinta bola voli, tapi apakah anda tahu berapa ukuran lapangan bola voli sesuai standar nasional maupun standar Internasional, jika belum maka kita akan membahas secara tuntas ukuran lapangan bola voli beserta gambar lapangan bola voli.

Materi bola voli tentu pernah dipelajari hampir seluruh siswa di Indonesia, karena materi ini masuk kedalam kurikulum mata pelajaran olah raga, mengetahui ukuran lapangan bola voli merupakan pengetahuan yang harus anda ketahui karena hal tersebut merupakan komponen utama dalam permainan bola voli.

Untuk lebih jelasnya mari baca artikel ini hingga akhir, sehingga anda dapat memahami secara menyeluruh tentang ukuran lapangan bola voli.

Gambar Lapangan Bola Voli

Gambar Lapangan Bola Voli
by sportsimports.com

Lapangan bola voli secara umum memiliki ukuran 18 x 9 m2 ukuran ini merupakan ukuran baku yang ditetapkan baik dalam permainan nasional maupun internasional.

Jika anda pernah melihat lapangan yang tidak memiliki ukuran seperti seperti diatas maka dapat dipastikan lapangan tersebut tidak memenuhi persyaratan pertandingan ditingkat nasional maupun internasional.

Menghindari hal tersebut maka didalam artikel ini akan dibahas secara mendetail ukuran lapangan bola voli beserta berbagai variasi garis-garis yang ada di lapangan bola voli.

Tidak hanya sampai disitu, pada artikel ini juga dilengkapi pembahasan ukuran net bola voli serta ukuran bola voli sesuai dengan standar nasional maupun internasional.

Baca Juga> Ukuran Lapangan Tenis

Ukuran Lapangan Bola Voli

Ukuran Lapangan Bola Voli
Ukuran Lapangan Bola Voli

Secara garis besar lapangan bola voli memiliki ukuran 9 x 18 meter namun perlu diketahui didalam lapangan bola voli juga terdapat beberapa garis yang memiliki ukuran sesuai dengan ketentuan, seperti garis serang, area servis, garis pembagi lapangan.

Berikut penjelasan gambar lapangan bola voli beserta ukurannya :

  • Lebar lapangan bola voli : 9 meter
  • Panjang lapangan bola voli : 18 meter
  • Panjang garis serang diukur dari garis net : 3 meter
  • Luas total lapangan bola voli : 162 meter2 (9m x 18m)
  • Lebar garis lapangan bola voli : 5 centimeter
  • Area servis pemain bola voli : 3 meter

Ukuran Lapangan Bola Voli Mini

Ukuran Lapangan Bola Voli Mini
Ukuran Lapangan Bola Voli Mini

Selain ukuran lapangan yang pada umumnya digunakan untuk bermain bola voli terdapat juga ukuran lapangan bola voli mini yang biasanya tidak terdapat garis serang didalamnya, berikut penjelasannya :

  • Panjang lapangan bola voli mini : 12 meter
  • Lebar lapangan bola voli mini : 6 meter
  • Tinggi net putra : 2,1 meter
  • Tinggi net putri : 2 meter
Baca Juga > Ukuran Lapangan Sepak Bola

.

Ukuran Net Bola Voli

Ukuran Net Bola Voli
Ukuran Net Bola Voli

Tidak hanya ukuran lapangannya saja namun dalam permainan bola voli juga perlu mencermati ukuran netnya juga, dalam menentukan ukuran net lapangan bola voli tidaklah sembarang, ada ketentuannya secara khusus.

Tidak hanya ukuran panjang dan lebar net, bahkan dalam menggunakan net untuk permainan bola voli ukuran mata jaringnya pun sudah diatur sehingga ketika bola di semesh tidak tembus melalui lubang-lubang net.

Lebih jelas tentang ukuran net bola voli berikut penjelasannya secara mendetail :

  • Tinggi net bola voli putra : 2,43 meter
  • Tinggi net bola voli putri : 2,44 meter
  • Panjang net bola voli : 9 meter
  • Lebar net bola voli : 1 meter
  • Tinggi antena pada net bola voli yang berada diatas net : 80 cm
  • Tinggi tiang net bola voli : 2,55 meter
  • Jarak tiang net dengan garis tepi samping kiri dan kanan : 0,5 – 1 meter (arah keluar garis)
  • Pita yang menempel pada bagian atas net : 5 centimeter
  • Pita yang menempel pada bagian samping net : 5 centimeter dan panjang 1 meter
  • Ukuran lubang jala netter yang berbentuk persegi : 10 centimeter

Ukuran Bola Voli

Ukuran Bola Voli
Ukuran Bola Voli

Tidak kalah penting selain ukuran lapangan bola voli juga kita perlu mengetahui ukuran bola voli yang sesuai dengan standar nasional maupun internasional.

Dengan mengetahui ukuran bola voli, anda juga dapat mengantisipasi pembelian bola voli yang tidak sesuai standar, saat ini banyak sekali dipasaran menjual bola voli yang tidak memiliki ukuran sesuai dengan ketentuan. Berikut ukuran bola voli sesuai standar :

Diameter bola voli : 18 cm – 20 cm

Keliling bola voli : 65 cm – 67 cm

Tekanan bola voli : 0,30 – 0,325 kg/cm2 atau 294,3 – 318,82 mbar.

Berat bola voli : 260 – 280 gram.

Jumlah Pemain Bola Voli

Dalam permainan bola voli ternyata memiliki ketentuan minimum jumlah pemain agar pertandingan bola voli dapat berlangsung.

selain pemain inti pada permainan bola voli pun harus mempunyai beberapa pemain cadangan, hal tersebut bertujuan agar ketika pemain inti sedang mengalami cedera dapat digantikan pemain lainnya.

Untuk lebih jelas tentang jumlah pemain bola voli berikut ketentuan jumlah pemain bola voli :

Jumlah Pemain Bola Voli Senior

Jumlah Pemain Bola Voli
Jumlah Pemain Bola Voli

Seperti yang kita ketahui jumlah pemain dalam suatu pertandingan bola voli terdiri dari 6 pemain, sedangkan untuk pemain cadangan berjumlah 4 orang.

Persyaratan minimal jumlah pemain dalam satu tim pertandingan bola voli yaitu sebanyak 4 orang, jika dalam satu tim kurang dari 4 orang maka permainan dianggap gugur karena tidak memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Jumlah Pemain Bola Voli Mini

Jumlah Pemain Bola Voli
Jumlah Pemain Bola Voli

Seperti yang pernah dijelaskan sebelumnya permainan bola voli merupakan dasar pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan jasmani dan olah raga di sekolah-sekolah, bahkan sudah ada sejak Sekolah Dasar.

Sebagai media pembelajaran maka dibuatlah permainan bola voli mini yaitu permainan yang memiliki ukuran lapangan bola voli lebih kecil dan jumlah pemainnya pun relatif lebih sedikit yaitu 4 orang pemain inti dan 2 orang pemain cadangan.

Posisi Pemain Bola Voli

Posisi Pemain Bola Voli
Posisi Pemain Bola Voli

Dalam permainan bola voli terdapat posisi pemain yang memiliki tugasnya masing-masing, sehingga antara pemain satu dengan yang lainnya tidak saling berebut bola ketika bola datang tiba-tiba dari lawan :

Untuk lebih jelas mengenai posisi pemain bola voli dan tugas pemain masing-masing berikut penjelasannya :

  1. Set-Upper atau yang sering kita sebut sebagai Tosser yang memiliki tugas untuk mengatur serangan dalam tim, posisi pemain ini biasanya berada pada paling depan dan keseringan menerima bola kedua untuk memberikan umpan kepada spkier untuk mengesekusi serangan.
  2. Spiker atau yang sering kita sebut Semesher, semesher memiliki peran untuk memblok bola atau membendung bola yang berasal dari lawan, biasanya juga semesher memiliki peran memberikan serangan kepada lawan..
  3. Libero atau Defender adalah pemain yang memiliki peran menerima dan menahan serangan yang dilancarkan oleh lawan melalui pasing yang diarahkan ke Tosser.
  4. Server adalah pemain yang memiliki posisi untuk melakukan servis yaitu umpan pertama yang diarahkan ke lawan, setelah melakukan servis pemain ini masuk kembali kedalam lapangan menempati posisi sebagai defender atau libero.

Pengertian Bola Voli

Bola voli adalah suatu permainan olahraga yang dimainkan oleh dua grup yang saling berlawanan , dimana masing-masing grup terdiri atas enam orang . selain itu terdapat juga variasi permainan bola voli pantai yang terdiri hanya dua orang pemain dalam satu grup.

Permainan bola voli sendiri dinaungi oleh FIVB (Federation Internationale de Volleyball) sebagai induk organisasi bola voli internasional sedangkan induk organisasi bola voli Indonesia dinaungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Adapun beberapa teknik dasar dalam permainan bola voli antara lain : teknik servis, teknik passing, teknik smash dan teknik blocking, untuk lebih jelas terkait teknik dasar permainan bola voli silahkan baca artikel teknik dasar permainan bola voli.

Sejarah Permainan Bola Voli

Awalnya olah raga permainan bola voli memiliki nama “Mintonette” yang memberikan nama tersebut adalah penemunya sendiri yaitu seorang instruktur pendidikan jasmani bernama William G. Morgan.

Penemuan olahraga ini dilakukan di YMCA (young Men’s Christian Association) merupakan organisasi yang didedikasikan untuk mengajarkan kepada para pemuda tentang pokok ajaran kristen.

Penemuan Mintonette  bukanlah suatu hal yang tidak kebetulan karena sebelum permainan olahraga ini diciptakan, Morgan sempat bertemu dengan James Naismith yaitu seorang pencipta permainan bola basket.

Selang tiga tahun pertemuannya dengan James Naismith, Morgan pun membuat permainan olah raga tersebut, dasar dari permainan ini sebenarnya mengadopsi tiga jenis permainan olah raga yaitu bola basket, baseball, tenis dan bola tangan.

Pergantian nama mintonette menjadi bola voli (Volleyball) yaitu terjadi pada tahun 1896 ketika Morgan di undang oleh Dr. Luther Halsey untuk mendemonstrasikan permainan olah raga baru di stadion kampus yang baru.

Peraturan Permainan Bola Voli

Peraturan Bola Voli
Peraturan Bola Voli

Setelah mengetahui pengertian dan sejarah bola voli sekarang kita akan beralih ke peraturan yang ada di permainan bola voli, hal ini sangat penting anda ketahui agar ketika anda memainkan olah raga ini anda tidak melakukan pelanggaran.

Selain itu peraturan ini juga akan berkaitan dengan ukuran lapangan bola voli, Untuk lebih lengkap pembahasan peraturan permainan bola voli berikut penjelasannya

Perhitungan Angka

Peraturan Permainan Bola Voli yang Pertama adalah perhitungan angka, adapun peraturan tersebut sebagai berikut :

  1. Jika musuh mampu memasukkan bola ke dalam daerah kita maka lawan akan mendapatkan poin atau angka, namun jika keluar dari daerah kita dan tanpa kita sentuh maka penambahan poin untuk kita.
  2. Servis yang anda lakukan harus bisa melewati net dan masuk ke daerah lawan jika tidak sampai maka penambahan poin untuk lawan.
Baca Juga > Ukuran Lapangan Kasti

Sistem Pertandingan

Peraturan permainan bola voli selanjutnya adalah sistem pertandingan, adapun peraturan yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :

  1. Sistem pertandingan setengah kompetisi yaitu sistem pertandingan yang terdiri dari 8 tim dan akan di bagi menjadi 2 grup yang masing-masing grup terdiri dari 4 tim.
  2. Setiap tim terdiri dari 10 orang pemain yang didalamnya terdapat 6 orang pemain inti dan 4 pemain cadangan.
  3. Pergantian pemain antara tim inti dan tim cadangan selama pertandingan berlangsung tidak dibatasi.
  4. Pertandingan tidak akan ditunda ketika ada salah satu atau lebih dari anggota tim yang sedang mengikuti cabang olahraga lainnya.
  5. Jumlah minimum pemain untuk melakukan suatu pertandingan yaitu 4 orang.
  6. Apabila ternyata terdapat tim yang pemainnya kurang dari 4 orang maka tim tersebut akan dianggap gugur atau kalah.
  7. Setiap pertandingan terdiri dari 3 babak namun jika pada babak ke dua sudah diketahui pemenangnya maka babak ke 3 tidak perlu dilakukan.
  8. Sistem menghitung poin yaitu sebanyak 25 rally point, namun jika ternyata terdapat poin seri (24-24) maka dalam pertandingan akan ditambah 2 poin untuk mendapatkan pemenang.
  9. Kemenangan dalam babak penyisihan akan mendapatkan poin 1 namun jika ternyata terdapat dua tim yang mendapatkan poin yang sama maka untuk penentuan juara grup dan runner-up akan dilihat dari kualitas angka pada setiap set pertandingan.
  10. Kesalahan-kesalahan dalam pertandingan seperti :
  • Pemain menyentuh net baik disengaja maupun tidak atau pemain melewati garis tengah sehingga masuk ke daerah lawan, garis ini sudah dijelaskan di ukuran lapangan bola voli sebelumnya.
  • Bola voli harus dipantulkan tanpa mengenai dasar lapangan dan tidak boleh menangkap bola.
  • Bola yang dipantulkan lalu keluar dari lapangan belum dinyatakan out sebelum bola menyentuh dasar permukaan tanah.
  • Servis yang terlalu kuat hingga melewati garis lapangan maka penambahan poin untuk lawan, begitupun ketika penerima servis dari lawan lalu bola keluar maka poin tambahan akan diberikan ke pihak lawan.
  • Seluruh pemain harus berada di dalam lapangan ketika serve dilakukan.
  • Pemain melakukan spike di area lawan.
  • Seluruh bagian tubuh diperbolehkan untuk memantulkan bola namun dilarang menendang bola.
  • Para pemain dan lawan mengenai net sebanyak 2 kali pada saat permainan berlangsung maka bola dihitung sebagai double faults.
  1. Setiap tim diwajibkan bertukar tempat setiap setelah set pertandingan selesai dan pada set ke 3 (babak penentuan) tim yang mempunyai nilai terendah boleh meminta pertukaran tempat setelah pihak lawan mendapatkan 13 poin.

Diatas kita sudah sama-sama membahas ukuran lapangan bola voli secara tuntas, bahkan terdapat informasi tambahan seperti gambar lapangan bola voli beserta ukurannya, ukuran net bola voli, ukuran bola voli, sejarah bola voli hingga peraturan permainan bola voli.

Semoga dengan informasi diatas anda sudah memahami semua tentang permainan bola voli, tidak hanya ukuran lapangan bola voli saja, namun anda dapat memainkannya dengan mengetahui segala aturan yang ada.

Leave a Reply