Ukuran Lapangan Softball, Jumlah Pemain, Cara Bermain

Ukuran Lapangan Softball, Jumlah Pemain, Cara Bermain

Ukuran Lapangan SoftballSoftball adalah salah satu permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua tim dalam setiap pertandingannya, setiap tim memiliki anggota yang berjumlah 9 orang yang masing-masing anggota memiliki tugas berbeda-beda.

Permainan ini berasal dari Amerika Serikat yang diciptakan pada tahun 1887 di kota Chicago. Dalam memainkan permainan ini membutuhkan kekompakkan yang sangat besar, khususnya antara pelempar bola dan penangkap bola harus memiliki komunikasi isyarat yang baik agar penyerang kesusahan ketika memukul bola.

Begitupun dengan tim yang bertugas untuk memukul bola (penyerang), anggota yang bertugas memukul bola harus mampu mengenai bola dan terlempar sejauh mungkin sehingga bisa berlari menuju marka satu (base 1) hingga kembali ke marka awal (home plate).

Sekilas permainan ini memang mirip dengan baseball namun banyak sekali perbedaan diantara keduanya, baseball biasa hanya dimainkan oleh pria saja sehingga sering disebut sebagai hardball sedangkan softball boleh dimainkan oleh pria maupun wanita.

Perbedaan lainnya yaitu dari ukuran bola dan ukuran lapangan, jika bola Softball memiliki ukuran yang lebih besar, namun ukuran lapangan Softball lebih kecil dibandingkan dengan baseball.

Selain itu beberapa cara memainkan permainan Softball juga berbeda, untuk mengetahui secara detail, anda bisa membaca artikel ini hingga selesai.

Baca Juga > Ukuran Lapangan Sepak Bola

Tipe Permainan Softball

Tipe Permainan Softball
by pixabay.com

Sebelum kita masuk ke pembahasan ukuran lapangan Softball, terlebih dahulu anda harus memahami tiga tipe permainan Softball, hal ini diperlukan karena pada masing-masing tipe permainan memiliki jarak atau ukuran lapangan Softball yang berbeda. Berikut tiga tipe permainan Softball :

  1. Fast pitch softball, tipe permainan ini ditentukan oleh pelempar bola, yaitu pelempar melemparkan bola dengan kecepatan maksimum sama seperti dengan permainan baseball perbedaannya yaitu pada pelepasan atau gaya pelemparan yang dilepaskan dibawah atau sama dengan posisi glove.
  2. Modified pitch softball, pada tipe ini sebenarnya diperuntukan bagi pemain pemula Softball, karena tujuan dari tipe permainan ini untuk melunakkan peraturan fast pitch softball seperti strike zone, jarak antara marka, lamanya permainan dan yang lainnya. Kecepatan pelemparan pada tipe ini berada diantara fast dan Slow Pitch yaitu mebatasi kecepatan bola dengan putaran tangan melebihi bahu.
  3. Slow pitch softball, pada tipe permainan ini seorang pelempar memberikan kesempatan pemukul untuk benar-benar bola tersebut terpukul, cara pelemparan permainan ini yaitu dengan dilambungkan agar mudah dipukul oleh pemukul. Tipe permainan ini biasanya banyak dimainkan oleh komunitas sosial tanpa dibatasi umur dan gender.

Ukuran Lapangan Softball

Ukuran Lapangan Softball

Setelah kita mengetahui tipe permainan Softball diatas, kali ini kita akan membahas ukuran lapangan Softball sesuai dengan standar nasional maupun internasional, berikut ukurannya :

  • Lapangan Softball berbentuk bujur sangkar
  • Panjang lapangan Softball :18,29 – 19,18 meter
  • Ukuran tempat pelempar : 50 × 15 cm
  • Jarak home base / home plate (marka pelari) dengan pitcer’s plate (posisi pelempar) : 13,07 m.
  • Dalam lapangan terdapat 4 marka (base), marka pertama disebut sebagai home base atau home plate tiga marka lainnya disebut sebagai marka 1, marka 2, dan marka 3.
  • Setiap marka memiliki bentuk bujur sangkar dengan sisi : 38 cm
  • Marka dibuat sedikit lebih tinggi dari tanah
  • Di belakang home plate terdapat batasan (backstop) yang memiliki jarak : 7,62 – 9,14 meter.

Jarak lintasan antar marka yang ditentukan

  • Lintasan Fast Pitch : 18,29 meter
  • Lintasan Slow Pitch : 19,81 meter

Jarak melempar (pitching) fast pitch yang ditentukan

Seperti dijelaskan sebelumnya  pada ukuran lapangan Softball terdapat perbedaan ukuran antara Fast Pitch dan slow pitch, berikut jarak lempar untuk tipe Fast Pitch

  • Dewasa putera : 14,11 meter
  • Dewasa Puteri : 13,11 meter
  • Usia dibawah 18 tahun (putera) : 14,02 meter
  • Usia dibawah 18 tahun (puteri) : 12,19 meter

Jarak melempar (pitching) slow pitch yang ditentukan

Setelah membahas jarak melempar Fast Pitch sekarang kita akan beralih ke jarak melempar slow pitch, untuk lebih detailnya berikut jarak tersebut :

  • Dewasa putera : 15,24 meter
  • Dewasa Puteri : 15,24 meter
  • Usia dibawah 18 tahun (putera) : 15,24 meter
  • Usia dibawah 18 tahun (puteri) : 14,02 meter

Ukuran Bola Softball

Ukuran Bola Softball
by pixabay.com

Selain mengetahui ukuran lapangan Softball penting juga mengetahui ukuran bola Softball, jangan sampai ketika anda bermain Softball anda salah membeli atau menggunakan bola baseball, secara fisik kedua bola tersebut memang memiliki bentuk dan rupa yang sama.

Cara membedakan antara bola baseball dengan bola Softball yaitu dengan mengetahui ukuran bola keduanya, jika bola baseball memiliki ukuran keliling lingkaran sekitar 23,5 cm sedangkan ukuran bola Softball memiliki keliling lingkaran sebesar 28-30,5 cm.

Jumlah Pemain Softball Beserta Tugasnya

Jumlah Pemain Softball
by pixabay.com

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa permainan Softball terdiri dari dua tim yang masing-masing tim memiliki 9 orang pemain, setiap pemain pada permainan Softball memiliki tugasnya masing-masing. Adapun tugas tersebut sebagai berikut :

Pelempar Bola

Tugas dari pelempar bola adalah melempar bola yang dilakukan berdiri diatas plate, pelempar bola akan melempar sekuat tenaga ke mitt penangkap bola, ketika melempar bola akan diarahkan ke posisi zona strike (strike zone).

Hal tersebut bertujuan agar bola tepat melayang diatas home plate, tingginya tidak melebihi dada dan tidak terlalu rendah dibawah lutut pemukul bola. Dalam tugasnya, pelempar bola tidak hanya asal melempar karena tujuan dari pelempar bola adalah agar bola tidak bisa dipukul oleh pemukul bola meski daerah tersebut adalah zona strike.

Penangkap Bola

Dalam sebuah tim setidaknya memiliki seorang penangkap bola, seorang penangkap bola akan mengenakan pakaian keamanan yang lengkap seperti helm (topeng penangkap bola), pelindung tubuh dan pelindung kaki.

Tujuan dari mengenakan berbagai peralatan keamanan adalah karena resiko yang didapat sebagai seorang penangkap bola cukup besar, seorang penangkap bola harus duduk jongkok dibelakang pemukul bola sehingga resiko terkena lemparan bola yang keras sangat besar.

Seorang penangkap bola juga harus bisa menjaga komunikasi isyarat dengan seorang pelempar bola, karena strategi tersebut bertujuan agar pemukul bola kesusahan ketika memukul bola tersebut karena gerakannya terbaca oleh penangkap bola yang mengawasi di belakangnya.

Penjaga Bola

Dua orang dari sembilan orang sudah memiliki tugas sebagai pelempar dan penjaga bola maka tersisa 7 orang pemain yang bertugas sebagai penjaga (fielder) yang terbagi dalam 4 orang penjaga daerah dalam (infielder) dan 3 orang menjaga wilayah luar (outfielder).

Penjaga dalam terdiri dari penjaga marka satu (base 1), penjaga marka dua (base 2), penjaga antara marka dua dan tiga (shorthstop) dan penjaga marka tiga (base 3). sedangkan penjaga luar berada disebelah kiri, tengah dan kanan lapangan bagian luar.

Penjaga bola memiliki peran penting untuk sigap dalam mengambil bola yang dipukul oleh lawan, karena jika ingin run harus mendapatkan posisi menyerang atau sebagai pemukul bola.

Pemukul Bola

Teknik untuk memukul bola ada berbagai macam teknik biasanya orang yang bertugas memukul bola menggunakan teknik seperti Hit, Bunt, hit and run, Steal dan yang lainnya, teknik tersebut digunakan sesuai situasi dan kondisi lemparan bola yang diberikan oleh lawan.

Setiap pemukul diberi kesempatan 3 kali strike dan 4 kali ball, jika ternyata strike terjadi sebanyak 4 kali maka pemukul bola mati atau “strike out” sedangkan jika mendapatkan lebih dari 4 kali ball maka pemukul dipersilahkan untuk berjalan bebas ke arah marka satu (freewalk).

Ketika pemukul bola bisa memukul bola maka dia harus berlari sekuat tenaga untuk mencapai marka satu hingga dikatakan aman atau safe namun jika penjaga marka dua mendapatkan bola terlebih dahulu sebelum pemukul mencapai marka satu maka pemukul bola “out”.

Baca Juga > Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Cara Bermain Softball

Cara Bermain Softball
by pexels.com

Setelah membahas ukuran lapangan Softball dan jumlah pemain Softball sekarang kita akan beralih ke cara bermain Softball karena jika anda ingin bermain Softball tentu anda harus mengetahui bagaimana cara memainkannya, langsung saja kita akan membahas cara bermain Softball.

Permainan Softball sendiri dimainkan sebanyak 9 babak atau yang biasa disebut inning. Didalam setiap inning masing-masing tim memiliki kesempatan untuk memukul (batting) untuk mencetak angka (run).

Ketika tim penyerang mendapatkan giliran memukul maka seorang pelempar sebagai tim bertahan akan melemparkan bola sekencang-kencangnya ke arah penangkap bola agar bola tidak mampu dipikul oleh pemukul bola.Tim penyerang secara bergantian anggota timnya akan memukul bola.

Tim yang sedang memukul bola akan diberikan kesempatan 3 kali out atau mati, jika lebih dari 3 kali maka tim yang akan memukul bola akan digantikan oleh tim yang bertahan.

Skor atau run didapatkan setiap pemain yang berhasil menginjak marka secara berurutan hingga kembali lagi ke home plate akan mendapatkan satu angka. Waktu pertandingan ditentukan berdasarkan inning, sedangkan 1 inning yaitu ketika tim bertahan mampu mematikan tim lawan atau out sebanyak 3 kali.

Inning setidaknya dilakukan 7 inning namun tergantung dengan situasi, atau lama waktu 2 jam. Setelah menyelesaikan inning maka tim yang mendapatkan sekor terbanyak akan menjadi pemenang dalam pertandingan.

Jika dalam inning yang ditentukan menggunakan waktu dan waktunya habis namun sekor kedua tim seri maka inning akan ditambah sampai salah satu dari kedua tim menjadi pemenang.

Pada permulaan pertandingan tim yang mendapatkan kesempatan memukul adalah tim tamu (visitor) sedangkan tim yang diberikan kesempatan melempar bola adalah tuan rumah (home team).

Peraturan Softball

Peraturan Softball
by pixabay.com

Badan organisasi internasional yang mengatur seluruh aturan permainan Softball adalah ISF (International Softball Federation), adapun pertandingan-pertandingan yang dilakukan secara internasional adalah World Cup of Softball yang diselenggarakan oleh Amateur Softball Association di bawah naungan ISF.

Diatas sebenarnya sudah dibahas beberapa peraturan permainan Softball, namun karena tidak semua peraturan disampaikan maka pada kali ini kita akan membahas secara lengkap peraturan permainan olahraga Softball.

Peraturan di Dalam Pertandingan Softball

  1. Dalam menentukan tim penyerang (visitor team) dan tim bertahan (home team) dilakukan dengan melempar uang logam.
  2. Jumlah permainan dilakukan paling tidak 7 inning.
  3. Apabila terdapat tim pada suatu pertandingan tidak hadir maka tim tersebut dinyatakan kalah dengan nilai angka 7-0
  4. Nilai tidak akan dihitung jika terjadi out yang ke-3 sedangkan pemain baru mencapai marka satu (base 1) atau di tempat lain sebelum mencapai marka.
  5. Dalam permainan Softball terdapat 4 orang wasit (umpire) yaitu terdiri dari 1 orang wasit kepala yang berada dibelakang catcher dan 3 orang wasit lainnya berada di masing-masing marka, yang menentukan matinya pemukul di masing-masing marka.

Peraturan Khusus Permainan Softball

  1. Pergantian pemain dapat dilakukan siapa saja dan kapan saja dengan melapor kepada umpire home dan scorer.
  2. Jika pitcher sudah melakukan touchball (siap untuk melempar) maka pitcher dilarang melepaskan touchballnya dan tidak boleh melakukan gerakan lain kecuali melempar bola ke catcher. Jika ternyata pitcher melakukan gerakan yang diulang ulang maka umpire akan memberikan peringatan dan jika diulangi akan diberi hukuman (box)
  3. Bentuk hukuman bisa berupa freewalk.
  4. Jika ternyata lemparannya mengenai tubuh pemukul maka pemukul akan diberikan freewalk.
  5. Tim yang menolak atau tidak bersedia bermain pada waktu yang telah ditentukan maka tim tersebut dinyatakan kalah dengan angka 0-15

Baca Juga > Ukuran Lapangan Futsal


Diatas kita sudah membahas berbagai macam informasi tentang ukuran lapangan Softball hingga cara memainkan Softball, semoga dengan informasi diatas bisa bermanfaat untuk anda, jika anda tertarik untuk memainkan jenis permainan ini maka mulailah berlatih dari sekarang, karena jika anda ingin benar-benar mahir membutuhkan keseriusan dan latihan yang rutin.

Semoga bermanfaat terimakasih..

Leave a Reply