Ukuran Lapangan Sepak Takraw

Ukuran Lapangan Sepak Takraw

Ukuran Lapangan Sepak Takraw – Permainan sepak takraw adalah jenis permainan olahraga yang memadukan dua jenis permainan yaitu sepak bola dan bola voli, permainan ini dimainkan dengan menggunakan kaki namun bola yang dimainkan tidak boleh dijatuhkan ke tanah melainkan dipantulkan seperti permainan voli.

Cara memainkan sepak takraw cukuplah susah, membutuhkan latihan dan keahlian khusus agar bisa membiasakan kaki dapat mengolah bola dan melancarkan serangan ke tim lawan, selain itu pada saat bermain takraw bola tidak boleh tersentuh tangan saat memainkannya atau poin akan diberikan ke tim lawan.

Dalam memainkan sepak takraw satu tim terdiri dari 3 orang dan selama permainan berlangsung pemain tidak berotasi. Setiap orang dalam tim memiliki tugasnya masing-masing seperti pengumpan bola, melakukan servis dan penyerang.

Meski latar belakang permainan ini gabungan dari olahraga sepak bola dan bola voli, namun ukuran lapangan sepak takraw sangatlah berbeda, sebenarnya tidak hanya ukuran lapangannya saja yang berbeda, garis-garis yang terdapat didalam lapangan pun berbeda.

Ukuran Lapangan Sepak Takraw

Ukuran Lapangan Takraw

Sebelum masuk ke pembahasan ukuran lapangan sepak takraw yang perlu anda pahami terlebih dahulu adalah lapangan sepak takraw memiliki bentuk persegi panjang dan tepat di tengah-tengahnya terdapat jaring yang membatasi daerah kedua tim yang bertanding.

Untuk lebih jelas tentang ukuran lapangan sepak takraw berikut penjelasannya

  • Panjang Lapangan : 13,4 meter
  • Lebar Lapangan : 6,1 meter
  • Tebal Garis : 4 cm
  • Jari-jari untuk servis : 0,3 meter
  • Daerah bebas penonton yang diukur dari garis terluar : 3 meter

Ukuran Berbagai Garis Lapangan Sepak Takraw

Selain ukuran lapangan sepak takraw perlu juga anda ketahui adalah berbagai jenis garis yang ada didalamnya yang juga mempunyai ukuran khusus dan memiliki fungsinya masing-masing, berikut garis-garis tersebut :

Ukuran Lingkaran Tengah Sepak Takraw

Jika anda pernah memainkan atau menonton pertandingan sepak takraw anda pasti akan melihat garis lingkaran kecil yang ada di tengah lapangan, garis tersebut berfungsi sebagai tempat untuk para pemain melakukan sepak awal atau service. Lingkaran ini memiliki jari-jari 0,3 meter.

Ukuran Garis Seperempat Lingaran (quarter circel)

Garis seperempat lingkaran terletak di sebelah kiri dan kanan yang menempel pada garis net sepak takraw atau garis tengah yang membagi lapangan sama sisi, garis ini berfungsi sebagai tempat pemain melambungkan bola untuk umpan awalan atau servis, ukuran dari seperempat lingkaran ini memiliki jari-jari 0,90 meter.

Baca Juga > Ukuran Lapangan Tenis Meja

Ukuran Tiang dan Net Sepak Takraw

Ukuran Tiang dan Net Sepak Takraw
by kajianpustaka.com

Meski permainan ini menggunakan kaki untuk memantulkan bola, namun didalam lapangan tetap terdapat net seperti halnya dengan permainan bola voli, ukuran tiang dan net pada sepak takraw juga sudah diatur sesuai dengan ketentuan yang berlaku, ukuran net tersebut sudah disesuaikan dengan ukuran lapangan sepak takraw.

Ukuran tinggi net saat dipasang antara putra dan putri adalah berbeda untuk lebih jelasnya berikut penjabarannya :

Ukuran Net Takraw

Net sepak Takraw memiliki ukuran sebagai berikut :

  • Panjang net takraw : 6,1 meter.
  • Lebar net takraw : 0,70 meter.
  • Lebar lubang net takraw : minimal 6 cm dan maksimal 8 cm.
  • Bahan pembuat net terbuat dari nilon yang memiliki kekuatan maksimal.

Tinggi Net Sepak Takraw Putra

  • Tinggi net diukur dari tanah : 1,55 meter
  • Tiang memiliki jarak dari garis batas lapangan : 30,5 cm.
  • Tiang diletakkan sejajar dengan garis tengah lapangan

Tinggi Net Sepak Takraw Putri

  • Tinggi net diukur dari tanah : 1,45 meter
  • Tiang diletakkan sejajar dengan garis tengah lapangan
  • Tiang memiliki jarak dari garis batas lapangan : 30,5 cm.

Ukuran Bola Sepak Takraw

Bola Takraw
by bangkok.com

Selain ukuran lapangan sepak takraw dan ukuran net takraw penting juga bagi anda mengetahui ukuran dan bahan baku pembuatan bola takraw, sehingga ketika anda akan membeli bola tersebut adalah bola yang sesuai dengan standar nasional maupun internasional. Untuk lebih detail tentang ukuran bola takraw sebagai berikut :

  • Keliling lingkaran bola takraw : 41-43 cm.
  • Jumlah lubang pada bola : 12 Lubang.
  • Berat bola takraw : 160-180 cm.

Selain memperhatikan ukuran bola takraw penting juga mengetahui bahan baku pembuat bola takraw, bola takraw terbuat dari rotan atau fiber elastis yang dianyam dan dililitkan sebanyak 9-10 kali lilitan yang terpenting tidak melebihi dengan berat yang telah ditentukan.

 

Setelah kita mengetahui ukuran lapangan sepak takraw sekarang kita akan beralih ke sejarah permainan sepak takraw, mengetahui sejarah permainan ini juga tidak kalah penting, siapa tahu dengan anda membaca sejarahnya anda akan semakin tertarik untuk memainkan olahraga ini

Sejarah Sepak Takraw

Sejarah Sepak Takraw
by pixabay.com

Permainan sepak takraw berasal dari zaman kesultanan Melayu yang dikenal dalam bahasa Melayu sebagai permainan sepak raga, hal ini dibuktikan dengan adanya catatan pertama tentang permainan ini yang terdapat pada sejarah Melayu.

Pada masa pemerintahan Sultan Mansur Shan Ibni Almarthun Sultan Muzzaffar Shah yaitu pada tahun 1459 hingga 1477 yang mempunyai seorang anak bernama Raja Ahmad yang telah dibuang dari negerinya karena membunuh anak dari Bendahara kerajaan akibat persengketaan ketika bermain sepak raga.

Dahulu cara memainkan permainan ini tidak menggunakan net dan ukuran lapangannya tidak memiliki standar seperti lapangan sepak takraw saat ini, permainan ini mulai menggunakan net dan mulai ada peraturan angka dilakukan pada tahun 1940-an.

Setiap negara permainan ini memiliki namanya masing-masing, seperti di Filipina permainan ini disebut “sipa”, di Burma disebut “chinlone”, di Laos disebut “maradong” dan di Thailand permainan ini disebut sebagai “trakraw”.

Pengertian Sepak Takraw

Istilah sepak takraw sebenarnya diambil dari dua bahasa yaitu bahasa Melayu dan bahasa Thailand, “sepak” dalam bahasa Melayu yang artinya “menendang” sedangkan “takraw” dalam bahasa Thailand artinya adalah “anyaman” sehingga jika kedua kata tersebut dihubungkan memiliki arti menendang suatu anyaman.

Perubahan nama dari yang awalnya sepak raga menjadi sepak takraw dilakukan pada tanggal 27 Maret 1965 di Stadion negara Kuala Lumpur, saat itu merupakan perhelatan olahraga Asia Tenggara (SEA Games).

Baca Juga> Ukuran Lapangan Futsal

Teknik Dasar Sepak Takraw

Teknik Dasar Sepak Takraw
by eventkampus.com

Setelah mengetahui ukuran lapangan sepak takraw dan sejarah sepak takraw tentu anda mulai tertarik untuk memainkan sepak takraw, yang perlu anda ketahui sebelum memainkan permainan ini adalah teknik dasar permainan sepak takraw.

Secara umum sepak takraw memiliki 9 jenis teknik dasar antara lain sepak sila, sepak kuda (sepak kura), sepak cungkil, menapak, sepak simpuh, main kepala, mendada, memaha dan membahu. Untuk lebih jelas tentang teknik dasar sepak takraw perhatikan penjelasan berikut ini :

  1. Sepak Sila, sepak sila adalah menyepak bola takraw menggunakan kaki bagian dalam, bisanya digunakan untuk menerima bola, menimang bola, mengumpan dan menyelamatkan serangan dari lawan.
  2. Sepak Kuda (Sepak Kura), sepak kuda atau sepak kura merupakan sepakan yang menggunakan punggung kaki, biasanya teknik ini digunakan untuk mengontrol dan memainkan bola yang datangnya rendah dengan kencang atau keras. Selain itu digunakan juga untuk mengawal atau menguasai dalam usaha menyelamatkan bola.
  3. Sepak Cungkil, sepak cungkil merupakan teknik menyepak bola dengan jari kaki, bisanya teknik ini digunakan untuk mengambil bola yang rendah, jauh dan bola liar akibat pantulan dari bloking,
  4. Menapak, teknik menapak adalah menyepak bola menggunakan telapak kaki, teknik ini biasanya digunakan untuk smash kepihak lawan, menahan atau membloking smash dari lawan dan menyelamatkan bola dekat dengan net.
  5. Sepak Slimpuh atau Sepak Badek, sepak badek adalah menyepak bola dengan kaki bagian luar atau samping luar, biasanya digunakan untuk menyelamatkan bola dari serangan lawan dan mengontrol bola dalam penyelamatan.
  6. Main Kepala (heading), teknik ini adalah teknik memainkan bola dengan kepala, biasanya digunakan untuk menahan serangan lawan yang dilanjutkan menggunakan kaki bagian dalam untuk mengumpan.
  7. Mengdada, adalah mengontrol bola menggunakan dada, agar bisa dimainkan dengan bagian kaki lainnya.
  8. Memaha, memaha adalah teknik mengontrol bola menggunakan paha, biasanya teknik ini digunakan untuk menahan, menerima dan menyelamatkan bola dari serangan lawan.
  9. Membahu, membahu adalah teknik mengontrol bola menggunakan bahu, teknik ini digunakan untuk menahan bola dari serangan mendadak dalam keadaan posisi sedang tidak memungkinkan menggunakan bagian tubuh lainnya selain bahu.

Peraturan Sepak Takraw

Peraturan Takraw
by pixabay

Dalam permainan sepak takaraw semua aturan dan ketentuan diatur oleh ISTAF (International Sepaktakraw Federation) salah satunya juga yang mengatur ukuran lapangan sepak takraw.

Pada kali ini kita akan membahas secara singkat peraturan permainan sepak takraw sebagai berikut :

  • Pada waktu undian jika terdapat regu memilih sepak mula maka akan memulai permainan pada set pertama, pemenang set pertama akan memulai pertama pada set selanjutnya.
  • Seorang pelambung bola harus segera melambungkan bolanya setelah wasit menyebutkan angka, jika bola dilambungkan terlebih dahulu tanpa ada aba-aba dari wasit maka pelambungan bola harus diulang.
  • Servis dinyatakan sah jika bola telah melewati net baik menyentuh ataupun tidak dan jatuh di lapangan lawan.
  • Pelaksanaan servis oleh tekong boleh menggunakan berbagai teknik selama salah satu kaki tetap berada di dalam lingkaran servis.
  • Tambahan poin akan diberikan jika tim tersebut dapat mematikan bola di daerah lawan.
  • Angka pertandingan untuk mendapatkan suatu kemenangan adalah 15 jika terdapat angka sama maka membutuhkan selisih 2 angka untuk mengakhirinya yaitu 17 angka. Pertandingan maksimal dilakukan sebanyak 3 set.
  • Servis dilakukan sebanyak tiga kali berturut-turut oleh setiap tim secara bergantian, jika terjadi duice (14-14) maka sevis dilakukan oleh tim yang mendapatkan poin tambahan.
  • Ketika bertukar tempat setiap tim diberikan waktu istirahat masing-masing selama 2 menit.
  • Jika kedua regu memenangkan dua set. Maka kemenangan ditentukan oleh hasil tie break dengan angka 15 angka. Apabila didapatkan hasil sama 14 maka harus selisih dua angka hingga 17 angka untuk mendapatkan kemenangan.
  • Sebelum set tie break, wasit akan melakukan undian untuk menentukan siapa yang akan melakukan servis pertama.
  • Pergantian tempat dilakukan pada set tie break jika salah satu regu sudah mencapai angka 8.

Sekian pembahasan tentang permainan sepak takraw, mulai dari ukuran lapangan hingga sepak takraw, sejarah takraw, teknik dasar sepak takraw hingga peraturan permainan sepak takraw, semoga informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang permainan sepak takraw.

Baca Juga > Ukuran Lapangan Sepak Bola


Sekian pembahasan tentang permainan sepak takraw, mulai dari ukuran lapangan hingga sejarah takraw, teknik dasar sepak takraw hingga peraturan permainan sepak takrau, semoga informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang permainan sepak takraw.

Leave a Reply