Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Ukuran Lapangan Bulu Tangis – Permainan Badminton atau banyak orang menyebutnya sebagai permainan Bulu Tangkis adalah jenis permainan olahraga yang banyak diminati oleh banyak orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa banyak yang memainkan olahraga bulu tangkis.

Bukti bahwa Bulu Tangkis adalah jenis olahraga yang sangat populer adalah dengan diadakannya pertandingan setingkat internasional seperti Olimpiade, Asia Games serta tingkat nasional seperti Djarum Superliga, Superliga Junior dan masih banyak lagi berbagai jenis perlombaan baik tingkat internasional maupun nasional.

Tidak hanya populer, permainan ini juga memiliki sejuta manfaat ketika dimainkan, jadi tidak ada alasan lagi untuk anda tidak mencoba permainan olahraga  bulu tangkis ini.

Sebelum anda melakukan permainan bulu tangkis alangkah baiknya anda memahami terlebih dahulu ukuran lapangan bulu tangkis, sehingga ketika anda mau membuat lapangan bulu tangkis sendiri anda sudah tahu berbagai ukuran garis sesuai dengan standar nasional maupun internasional.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Standar Nasional

Bulu tangkis di tingkat nasional diatur oleh organisasi PBSI (persatuan bulu tangkis seluruh Indonesia), PBSI membantu mengatur seluruh ketentuan dalam permainan bulu tangkis di Indonesia termasuk memastikan ukuran lapangan bulu tangkis sesuai dengan ketentuan internasional.

Pada dasarnya lapangan yang digunakan dalam permainan bulu tangkis baik itu kategori tunggal putra/putri, kategori ganda putra/putri dan ganda campuran adalah lapangan yang sama, namun garis-garis yang digunakan berbeda sehingga luasnya pun berbeda.

Lebih detail tentang ukuran lapangan bulutangkis atau badminton , berikut gambar lapangan bulu tangkis beserta ukuran dan penjelasannya.

Permukaan Lapangan Bulu Tangkis / Badminton

Gambar Permukaan Lapangan Bulu Tangkis
by myactivesg.com

Sebelum membahas lebih mendalam tentang ukuran lapangan bulu tangkis hal pertama yang perlu anda ketahui adalah bahan permukaan pada lapangan bulu tangkis.

Bahan permukaan lapangan bulu tangkis juga diatur, hal tersebut bertujuan agar ketika pemain memainkan permainan olahraga ini merasa nyaman dan terhindar dari insiden yang tidak diinginkan.

Secara umum lapangan bulu tangkis memiliki bentuk persegi panjang yang diperjelas menggunakan garis-garis yang berwarna kontras atau cerah terhadap warna lapangan, adapun warna yang dianjurkan adalah warna kuning atau warna putih.

Untuk bahan baku permukaan lapangan bulu tangkis dianjurkan menggunakan kayu atau bahan sintetis yang lunak, tidak dianjurkan permukaan terbuat dari beton atau bahan sintetis yang keras karena ditakutkan dapat membuat para pemain cedera atau luka.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Tunggal Putra atau Putri

Gambar Ukuran Lapangan Bulu Tangkis
by aturanpermainan.blogspot.com

Seperti yang kita ketahui dalam permainan bulu tangkis terdapat dua partai permainan, yaitu partai tunggal dan partai ganda, masih menggunakan lapangan yang sama namun panjang dan lebar kedua partai tersebut berbeda, untuk lebih jelas tentang ukuran lapangan bulu tangkis partai tunggal sebagai berikut :

  • Panjang bidang lapangan permainan : 13,40 m
  • Lebar bidang lapangan permainan : 5,18 m
  • Panjang bidang lapangan penerima servis : 4,77 m
  • Lebar bidang penerima servis : 2,59

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Ganda Putra atau Putri dan Campuran

Setelah membahas ukuran lapangan bulu tangkis pada partai tunggal sekarang kita akan beralih ke ukuran lapangan pada partai ganda, untuk lapangan partai ganda ukurannya jauh lebih besar dibandingkan dengan tunggal.

Pada permainan partai ganda ukuran lapangan yang digunakan yaitu menggunakan garis terluar yang ada pada lapangan bulu tangkis, untuk lebih detail tentang ukurannya bisa perhatikan poin-poin sebagai berikut :

  • Panjang bidang lapangan permainan : 13,40 m
  • Lebar bidang lapangan permainan : 6,10 m
  • Panjang bidang lapangan penerima servis : 3,96 m
  • Lebar bidang lapangan penerima servis : 3,05 m

Nampak jelas bahwa perbedaan ukuran dari bidang permainan partai tunggal dengan partai ganda, pada permainan partai ganda menggunakan garis terluar pada lapangan bulu tangkis sehingga ukurannya sedikit lebih besar.

Meski memiliki ukuran bidang permainan yang lebih besar namun panjang bidang permainan tetaplah sama yaitu 13,40 m. yang perlu diperhatikan adalah panjang dan lebar bidang penerimaan servis diantara keduanya sangatlah berbeda, perbedaan tersebut akan dijelaskan pada garis lapangan dibawah, silahkan baca hingga akhir.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Standar Internasional

Gambar Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Standar Internasional
by mightygoods.com

Sekarang kita akan membahas tentang ukuran lapangan bulu tangkis sesuai dengan standar internasional, sebenarnya ukuran lapangan bulu tangkis baik itu ditingkat nasional maupun internasional adalah sama, mulai dari bahan permukaan lapangan hingga ukurannya juga sama.

Secara garis besar di dalam lapangan bulu tangkis terdapat dua garis untuk menandakan bidang permainan, untuk garis terluar memiliki ukuran panjang 13,40 m dengan lebar 6,1 m sedangkan garis dalam memiliki ukuran panjang 11,76 m dengan lebar 5,18 m.

Lebih detail tentang berbagai garis serta ukuran lapangan bulu tangkis perhatikan pembahasan berikut ini :

  • Panjang lapangan bulu tangkis : 13,40 m
  • Lebar lapangan bulu tangkis : 6,10 m
  • Jarak antara garis servis dengan garis net : 1,98 m
  • Jarak garis tengah servis dengan garis samping : 3,05 m
  • Jarak garis servis belakang (partai ganda) dengan garis belakang : 0,76 m
  • Jarak garis samping permainan (partai Tunggal) dengan garis pinggir : 0,46

Induk organisasi yang mengatur tentang badminton internasional adalah IBF (International Badminton Federation), namun setelah diadakannya pertemuan yang dihadiri 206 delegasi di Madrid, Spanyol pada bulan september 2006 sepakat bahwa nama IBF diganti menjadi BWF (Badminton World Federation).

Sebagaimana mestinya BWF mengatur segala peraturan yang berkaitan dengan bulu tangkis, baik dari peraturan permainan hingga menentukan standar lapangan untuk pertandingan yang di dalamnya termasuk ukuran lapangan bulu tangkis.

Baca Juga > Ukuran Lapangan Tenis

Garis Lapangan Bulu Tangkis

Setelah mengetahui ukuran lapangan bulu tangkis sesuai dengan standar nasional maupun standar internasional sekarang kita akan membahas lebih mendalam tentang berbagai standar garis yang digunakan dalam berbagai pertandingan.

Garis Lapangan Badminton Area Servis

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis
by ludlowbadminton.co.uk

Pada pembahasan kali ini lebih memperjelas garis pada lapangan bulu tangkis yang digunakan dalam pertandingan partai tunggal dan partai ganda.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa bidang area servis yang digunakan dalam pertandingan bulu tangkis partai tunggal dengan partai ganda berbeda, jika

Pada partai tunggal area servis yang digunakan adalah garis samping bagian dalam dan garis belakang bagian luar sehingga memiliki ukuran lebar 5,18 meter dan panjang 13,40 meter.

Sedangkan pada partai ganda yang digunakan adalah garis samping bagian dalam dengan garis belakang bagian luar sehingga memiliki ukuran lebar  6,10 meter dan panjangnya 11,88 meter.

Mengetahui ukuran bidang area servis sangatlah penting hal ini sangat erat kaitannya dengan peraturan untuk mendapatkan poin, karena jika anda salah mengarahkan bola dari garis yang telah ditentukan maka lawan akan mendapatkan poin tambahan.

Tebal Garis Lapangan Badminton

Tebal Garis Lapangan Bulu Tangkis
by topcoat.co.nz

Tidak hanya ukuran lapangan bulu tangkis yang memiliki standar khusus, ketebalan garis untuk membuat garis pada lapangan pun telah diatur secara khusus, hal ini bertujuan agar ketebalan garis tidak mengganggu ukuran lapangan yang telah ditentukan.

Jika garis terlalu tebal maka dapat mempengaruhi ukuran lapangan, begitupun ketika garis pada lapangan terlalu tipis membuat garis tidak nampak jelas sehingga dapat menyusahkan wasit ketika menuntun berjalannya pertandingan.

Ketebalan garis yang memenuhi standar yaitu memiliki ukuran 40 mm dan harus menggunakan warna yang kontras dibandingkan dengan warna pada lapangan.

Ukuran Net Bulu Tangkis

Ukuran Net Bulu Tangkis
by gophersport.com

Setelah kita mengetahui berbagai ukuran garis dan ketebalan garis yang ada di lapangan bulu tangkis, sekarang kita kan membahas bagian dari permainan bulu tangkis yang juga tidak kalah penting yaitu ukuran net bulu tangkis.

Sama seperti dengan ukuran lapangan bulu tangkis yang telah ditentukan berdasarkan standar nasional maupun internasional ukuran net serta warnanya pun telah ditentukan, berikut ukuran net bulu tangkis sesuai standar.

  • Net bulu tangkis harus berwarna gelap
  • Kecuali bagian bibir jaring harus berwarna putih dengan ketebalan 75 mm.
  • Lebar net bulu tangkis 0,75 m dengan panjang 6,10 m.
  • Tinggi tiang net 1,5 m

Sejarah Bulu Tangkis

Sejarah Bulu Tangkis
by eventfinda.co.nz

Banyak versi yang menyebutkan permainan bulu tangkis berasal dari berbagai dari negara, ada yang menyebutkan permainan bulu tangkis berasal dari negara mesir kuno karena sekitar 2000 tahun lalu terdapat permainan sejenis yaitu permainan yang menggunakan raket dan kok.

Ada juga yang mengatakan permainan bulu tangkis berasal dari negara India dan Republik Rakyat Tiongkok karena di Tiongkok dahulu terdapat permainan yang bernama Jianzi yaitu permainan yang menggunakan kok namun tidak menggunakan raket untuk memukulnya yaitu menggunakan kaki.

Sedangkan di Inggris sejak jaman pertengahan ada permainan anak-anak yang cukup populer yang bernama Battledores dan Shuttlecocks yaitu permainan menggunakan kayu dayung/tongkat untuk memukul kok agar tidak jatuh ke tanah.

Tidak hanya dimainkan di negaranya sendiri permainan ini oleh penduduk Inggris dikenalkan ke negara-negara asia seperti di Jepang, Republik Rakyat Tiongkok dan Siam (sekarang Thailand) yaitu ketika Inggris mengolonisasi Asia.

Olahraga tersebut dibuat suatu kompetitif dengan ditambahkan jaring yang diciptakan oleh petugas tentara Britania di Pune, India pada abad ke 19 yang pada masa itu dikenal dengan permainan Poona.

Para tentara Inggris itu pun membawa kembali permainan tersebut ke negaranya pada tahun 1850-an dan nama badminton sendiri didapatkan pada tahun 1860 yang tertulis pada sebuah pamflet Isaac Spratt yaitu seorang penyalur mainan Inggris.

Rancangan peraturan pertama kali dibuat oleh Klub Badminton Bath pada 1877 dan menyusul dibentuknya Asosiasi bulu tangkis Inggris pada 1893. Kejuaraan internasional pertama kali dilakukan pada tahun 1899 yaitu pada Kejuaraan All England.

Manfaat Bulu Tangkis

Manfaat Bulu Tangkis
by hellosehat.com

Setelah membahas ukuran lapangan bulu tangkis dan juga sejarah permainan bulu tangkis sekarang kita akan membahas apa saja manfaat yang anda dapatkan ketika memainkan permainan olahraga bulu tangkis, diharapkan ketika anda mengetahui manfaat ini bisa membuat anda semakin mantap memainkan olahraga ini.

Berikut berbagai manfaat ketika anda memainkan permainan olahraga bulu tangkis :

  1. Mencegah Obesitas, Hampir semua orang pasti tidak ingin terkena obesitas, selain karena kurang nyaman dengan bentuk tubuh yang kurang ideal, obesitas juga bisa memperbesar kemungkinan terkena berbagai penyakit lain. Permainan bulu tangkis mungkin akan cocok dengan anda, karena dalam permainan bulu tangkis merupakan bentuk olahraga yang bisa mereduksi kolesterol di dalam tubuh anda, karena cara memainkannya yang asyik tak terasa olahraga ini bisa menguras kolesterol jahat pada tubuh anda.
  2. Meningkatkan Kekuatan Kaki, meski ukuran lapangan bulu tangkis tidak sebesar ukuran lapangan sepak bola, namun proses memainkan permainan ini membutuhkan gerak yang cukup lincah, seperti bergerak ke depan, ke belakang secara cepat dan juga loncat ketika jump smash akan membuat otot-otot kaki anda semakin kuat.
  3. Membentuk Postur Tubuh Menjadi Lebih Ideal, dalam bermain bulu tangkis anda akan dipaksa berlari, berlompat dan berpindah tempat secara cepat ketika mengambil kok yang dilancarkan oleh lawan, hal tersebut bisa membuat otot-otot dan tulang yang ada di tubuh anda menjadi kuat sehingga membentuk tubuh anda lebih ideal.
  4. Menghilangkan Stres, menurut beberapa ahli dengan memainkan permainan bulu tangkis bisa menghilangkan stres, selain bisa menghilangkan stres dipercaya juga dengan memainkan bulu tangkis bisa meningkatkan fokus anda.

Peraturan Bulu Tangkis

Tidak kalah penting yang perlu anda ketahui tentang permainan bulu tangkis adalah peraturan bulu tangkis, dengan mengetahui berbagai peraturan yang ada anda dapat menghindari berbagai kesalahan dalam permainan bulu tangkis.

Berikut berbagai aturan yang ada dalam permainan bulu tangkis.

Servis

Servis Bulu Tangkis
by id.victorsport.com

Servis yang dilakukan dari satu sisi bidang servis kiri atau kanan menyilang ke bidang area penerimaan lawan, misal anda melakukan servis dari sisi kanan maka servis kok diarahkan ke sebelah kiri area servis lawan dan begitupun sebaliknya.

Posisi servis ditentukan dengan jumlah poin yang didapatkan, jika anda mendapatkan jumlah poin genap atau nol maka posisi servis dilakukan di sebelah kanan, jika jumlah poin ganjil maka servis dilakukan di sebelah kiri.

Pada set pertama pertandingan dalam menentukan siapa yang melakukan servis pertama yaitu menggunakan sistem undian, sedangkan untuk set berikutnya dilakukan oleh pemenang pada set sebelumnya.

Sistem Pindah Bola

  • Sebelum pertandingan berlangsung masing-masing pasangan harus menentukan satu pemain sebagai “orang pertama”. Pilihan ini berlaku untuk setiap set pertandingan
  • Jumlah poin genap atau ganjil akan menentukan posisi orang pertama ketika melakukan servis.
  • Setiap pasangan memiliki kesempatan servis (masing-masing setiap pemain) sebelum pindah bola, kecuali servis.
  • Setiap kesempatan servis ketika pindah bola maka servis pertama dilakukan oleh orang yang menempati posisi sebelah kanan bukan orang pertama.

Sistem Reli Poin

  • Setiap pasangan hanya memiliki satu kali kesempatan servis, tidak ada servis kedua
  • Servis dilakukan oleh pemain berdasarkan posisinya dia berada, posisi servis ditentukan berdasarkan jumlah poin yang di dapat.
  • Pemain yang sama akan terus melakukan servis hingga lawan mendapatkan poin tambahan.

Sistem perhitungan poin

Perhitungan Poin Bulu Tangkis
by www.wikihow.com

Sejak bulan Mei 2006, pada kejuaraan resmi yang diterapkan pada semua partai, sistem perhitungan poin yaitu menggunakan sistem 3×21 reli poin (dijelaskan diatas).

Penentuan pemenang yaitu tim yang mendapatkan kemenangan sebanyak dua set, jika pada set kedua sudah diketahui pemenangnya tidak perlu melakukan pertandingan set ketiga.

Baca Juga > Ukuran Lapangan softball

Penutup

Indonesia memiliki berbagai atlet bulu tangkis yang melegenda, diantaranya Rudy Hartono, Liem Swie King, Christian Hadinata, Susi Susanti, REexy Mainaky dan masih banyak lagi pemain legendaris lainnya, bisa jadi pemain legendaris selanjutnya adalah anda jika mulai dari sekarang anda sudah mulai melatih permainan bulu tangkis dengan giat.

Demikianlah berbagai informasi yang membahas tentang ukuran lapangan bulu tangkis, sejarah bulu tangkis, manfaat bulu tangkis hingga peraturan permainan bulu tangkis, semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.

Leave a Reply