Ukuran Lapangan Tenis Meja dan Cara Membuatnya

Ukuran Lapangan Tenis Meja dan Cara Membuatnya

Ukuran lapangan tenis meja – Tenis meja adalah permainan olahraga yang dimainkan menggunakan raket/bet yang terbuat dari kayu dan dilapisi menggunakan karet. Permainan ini banyak digemari oleh banyak orang, mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa.

Cara memainkan tenis meja bisa dibilang mudah, namun tetap membutuhkan latihan secara rutin agar terbiasa memantulkan bola tepat pada sasaran, cara memainkannya yaitu dengan memukul bola menggunakan bet yang dipantulkan ke permukaan lapangan yang terbuat dari papan atau multiplek.

Permainan tenis meja mengadopsi dari permainan tenis lapangan, namun jauh lebih ringan ketika dimainkan, karena tidak membutuhkan langkah yang jauh ketika mengambil bola yang dilancarkan oleh lawan.

Kemudahan inilah yang membuat banyak orang lebih memilih permainan tenis meja dibandingkan permainan tenis lapangan, khususnya untuk para orang tua yang ingin olahraga simpel namun memiliki sejuta manfaat untuk tubuh maka tenis meja adalah jawabannya.

Ukuran lapangan tenis meja/ping-pong sangat berbeda jauh dengan ukuran lapangan  tenis, karena memang tenis meja dimainkan diatas papan atau multiplek yang dibentuk menyerupai meja sedangkan tenis lapangan dimainkan di lapangan yang cukup besar.

Ukuran Lapangan Tenis Meja       

Lapangan tenis meja memiliki ukuran sesuai standar yang telah ditetapkan oleh ITTF (International Table Tennis Federation), baik digunakan dalam pertandingan nasional maupun pertandingan internasional adalah sama, ukuran tersebut adalah ukuran mutlak jika ingin digunakan dalam pertandingan secara resmi.

Ukuran Meja Ukuran Lapangan Tenis Meja

Berikut ukuran meja tenis yang digunakan sebagai lapangan tenis meja :

  • Lebar Meja : 152,5 cm
  • Panjang Meja : 274 cm
  • Tinggi Meja : 76 cm
  • Luas : 4,1785 m2

Perlu dipahami juga bahwa bahan baku yang digunakan untuk membuat lapangan tenis meja adalah menggunakan kayu atau multiplek bisa juga menggunakan bahan yang sejenis lainnya.

Cara menilai permukaan lapangan atau meja yang memenuhi standar adalah dengan memantulkan bola ping pong pada ketinggian 30 cm dan menghasilkan pantulan yang seragam sekitar 23 cm dari permukaan meja.

Permukaan meja harus mempunyai warna yang seragam yaitu gelap dan matt, sedangkan garis-garis samping tepi meja harus menggunakan warna putih yang memiliki ketebalan 2 cm sedangkan garis tengah yang membagi meja menjadi dua bagian memiliki ketebalan 3 mm.

Baca Juga > Ukuran Lapangan Kasti

Ukuran Net Tenis Meja

Ukuran Net Tenis Meja
by tabletenniscoach.me.uk

Seperti halnya dengan permainan tenis lapangan, tenis meja pun menggunakan net dibagian tengah lapangannya sehingga terdapat dua area pemain yang memiliki panjang atau luas yang sama.

Sama halnya dengan ukuran lapangan tenis yang memiliki standar yang telah ditetapkan secara nasional dan Internasional, net juga memiliki standar tersebut.

Berikut ukuran net permainan tenis meja :

  • Panjang jaring : 1,83 meter
  • Lebar jaring : 15,25 cm
  • Tinggi Jaring dari permukaan lapangan: 15,25 cm
  • Jarak ujung jaring dengan tepi lapangan : 15,25 cm

Perlu diperhatikan ketika melakukan pemasangan jaring, bagian ujung bawah sebisa mungkin mendekati permukaan lapangan, hal tersebut bertujuan agar bola tidak melewati net melalui bawah.

Ukuran Bola Tenis Meja

Ukuran Bola Tenis Meja
by pixabay.com

Berikut ukuran bola tenis meja sesuai dengan standar nasional maupun standar internasional :

  • Diameter bola : 40 mm
  • Berat Bola : 2,7 g
  • Bola harus berbentuk bulat.
  • Bahan pembuatan bola terbuat dari seluloid atau semacam plastik.
  • Warna bola harus berwarna putih atau oranye.

Bet / Alat Pemukul Bola

Ukuran Raket Tenis Meja
by pixabay.com

Peralatan yang tidak kalah penting dalam permainan tenis lapangan adalah raket atau bet yang digunakan untuk memukul bola, sebenarnya untuk ukuran dan bentuk raket tidak memiliki standar khusus, namun komponen pembuatannya memiliki ketentuan-ketentuan yang disesuaikan.

Lebih jelas untuk ketentuan raket atau bet tenis lapangan :

  • Raket boleh terdiri dari berbagai ukuran dan bentuk namun bilahnya (bagian bundar) harus rata.
  • Bagian yang bulat atau blade paling sedikit 85% bahan utamanya dari kayu alami, untuk memperkuat boleh ditambahkan karbon serat atau serat gelas, namun ketebalannya tidak boleh melebihi 7,5% dari total ketebalan yang ada atau 0,35 mm.
  • Pada bagian permukaannya harus dilapisi dengan karet yang direkatkan dengan perekat, perekat tidak boleh lebih dari 2 mm, tebal keseluruhan antara karet dan perekat adalah 4 mm.

setelah mengetahui ukuran lapangan tenis meja sesuai dengan standar, sekarang anda bisa membuat lapangan tenis meja sendiri, karena bahan yang digunakan cukup sederhana, oleh sebab itu mari lanjut membaca artikel ini hingga selesai

Cara Membuat Lapangan Tenis Meja

Cara membuat lapangan tenis cukuplah mudah, yang terpenting adalah anda sudah memahami berbagai ukuran lapangan tenis meja yang telah dijelaskan diatas, namun sebelum pada tahap pembuatannya terlebih dahulu anda harus siapkan bahan baku pembuatannya.

Plat Baja Siku Meja Tenis
by annot.org

Berikut bahan baku yang perlu dipersiapkan untuk membuat lapangan tenis meja :

  1. Siapkan dua lembar kayu lapis atau multiplek dengan ketebalan sekitar 15 mm, pilihlah permukaan yang datar bersih yang memiliki ukuran 1525 x 1525 mm.
  2. Siapkan balok kayu yang memiliki dimensi 50×50 mm dan juga papan 100×25 mm, siapkan paling tidak dengan panjang 10 meter.
  3. Siapkan hardware, sudut-sudut baja yang memiliki ukuran 30×30 mm, bantalan sudut baja, skrup kayu dan beberapa baut.
  4. Untuk melapisi permukaan lapangan siapkan cat-promer akrilik, enamel putih dan biru.

Pemotongan Material Sesuai Ukuran Lapangan Tenis

Pemotongan Untuk Lapangan Tenis Meja
by mitersawjudge.com

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa ukuran lapangan tenis meja memiliki standar yang telah ditentukan, sehingga pemotongan bahan baku perlu dilakukan agar sesuai, untuk lebih jelasnya berikut tahapannya :

  1. Setiap bagian lapangan memiliki panjang dan lebar masing-masing 1370 x 1525 mm, karena tadi bahan bakunya memiliki dimensi 1525 x 1525 maka potong salah satu sisi pada masing-masing multiplek dengan lebar 155 mm.
  2. Gunakanlah pemotong atau gergaji listrik agar bagian tepi-tepi multiplek tidak hancur atau kasar.
  3. Potong papan dengan ukuran 100 x 25 mm yang kedepan akan digunakan sebagai pemangku permukaan lapangan.
  4. Untuk membuat kaki-kaki meja, potong balok yang telah disiapkan sebelumnya dengan panjang 750 mm.

Baca Juga > Ukuran Lapangan Sepak Bola

Perakitan Lapangan Tenis Meja

  1. Satukan papan yang telah dipotong dengan permukaan lapangan menggunakan plat baja yang telah disiapkan sebelumnya.
Pemasangan Siku Meja
by annot.org
  1. Siapkan kaki-kaki meja yang sebelumnya telah dipotong dan kaitkan dengan plat baja menggunakan baut-baut.
Pemotongan Kaki-Kaki Meja
by annot.org
  1. Setelah semua terpasang, tahap selanjutnya adalah tahap finising yaitu perataan kaki-kaki meja, pada tahap ini pastikan tinggi meja sesuai dengan standar yang telah ditentukan, jika terlalu tinggi maka potonglah pada bagian ujungnya sama rata antara kaki satu dengan yang lainnya.
Membuat Lapangan Tenis Meja
by annot.org
  1. Untuk memperjelas batas-batas lapangan berilah warna meja tenis anda dengan permukaan berwarna gelap dan garis-garisnya berwarna terang.

Lapangan tenis meja siap digunakan, selanjutnya anda perlu membeli net tenis meja sesuai standar di toko-toko olah raga, karena jika anda membuat sendiri akan banyak memakan waktu. Setelah terpasang semua maka anda sudah siap untuk memainkan tenis meja dengan orang-orang terdekat anda.

Baca Juga > Ukuran Lapangan Sepak Takraw


Demikian informasi tentang ukuran lapangan tenis meja serta cara membuat lapangan tenis meja, semoga informasi ini bisa menjawab pertanyaan anda tentang ukuran lapangan dan bagaimana cara membuat lapangan tenis meja.

Leave a Reply