Ukuran Lapangan Futsal

Ukuran Lapangan Futsal

Ukuran Lapangan Futsal – Futsal adalah suatu permainan olahraga yang cara memainkannya seperti sepak bola, yaitu menggiring dan menendang bola agar bisa dimasukkan ke dalam gawang lawan, tak jarang banyak orang menyebut permainan futsal sebagai miniatur permainan sepak bola.

Meski ukuran lapangan futsal tidak sebesar ukuran lapangan sepak bola namun untuk memainkan permainan ini tidak kalah menguras tenaga, karena ukuran lapangannya yang kecil memaksa pemain untuk mempercepat pergerakan agar tidak diambil oleh lawan.

Pada kali ini kita akan membahas semua tentang futsal, mulai dari sejarah futsal, ukuran lapangan futsal, jenis lapangan futsal, ukuran gawang futsal dan ukuran bola futsal, agar anda bisa memahami semuanya saya sarankan baca artikel ini hingga selesai.

Sejarah Futsal

Sejarah Futsal
by arenakettering.co.uk

Permainan futsal dipopulerkan oleh Juan Carlos Ceriani di daerah Montevideo, Uruguay yaitu sekitar tahun 1930. Permainan futsal memiliki daya tarik sendiri dalam cara memainkannya. Keunikan tersebut membuat negara-negara bagian Amerika Memberikan perhatian khusus untuk permainan ini, seperti di Amerika Selatan dan Brasil.

Khususnya di Brasil permainan futsal digunakan sebagai pengembangan bakat atau skill untuk bermain sepak bola, contohnya seperti Pele yang merupakan pemain legendaris yang mampu membawa Brasil memenangkan piala dunia sebanyak 3 kali.

Saat ini permainan futsal dibawah perlindungan induk organisasi FIFA (Federation Internationale de Football Association), perlindungan tersebut mencangkup keseluruh dunia seperti Eropa, Amerika Tengah, Amerika Utara, Afrika, Asia dan Oseania.

Pertandingan internasional futsal pertama dilakukan pada tahun 1965 di Amerika Selatan yang dimenangkan oleh Paraguay, dan enam perebutan piala selanjutnya hingga tahun 1979 disapu habis oleh Brasil. Tidak hanya sampai disitu, Brasil juga mampu menyabet juara pertama pada Piala Pan Amerika  pada tahun 1980 dan 1984.

Kejuaraan Dunia Futsal pertama dilakukan di Sao Paulo, Brasil pada tahun 1982 atas bantuan FIFUSA (Federación Internacional de Fútbol de Salón) sekarang para anggota FIFUSA bergabung dengan FIFA yang dimulai pada tahun 1989.

Brasil lagi-lagi membawa kemenangan pada kejuaraan dunia pertama yang berlanjut hingga ke kejuaraan kedua yang dilakukan di 1985 di Spanyol, namun pada kejuaraan dunia ketiga kemenangan diperoleh Paraguay yang diadakan di Australia pada tahun 1988.

Untuk di Indonesia olahraga futsal diatur oleh induk organisasi FFI (Federasi Futsal Indonesia), FFI merupakan satu-satunya organisasi yang diberi kewenangan oleh PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) untuk mengatur dan mengurus seluruh kegiatan futsal yang ada di Indonesia, salah satunya mengontrol standar ukuran lapangan futsal untuk pertandingan nasional maupun internasional.

Ukuran Lapangan Futsal

Setelah anda mengetahui sejarah permainan futsal yang cukup panjang, sekarang kita akan beralih ke ukuran lapangan futsal sesuai dengan standar nasional maupun standar internasional, dengan mengetahui ukuran lapangan futsal diharapkan anda bisa membuat lapangan futsal sendiri di halaman yang kosong di rumah anda.

Dalam suatu pertandingan futsal. ukuran lapangan futsal harus disesuaikan dengan standar yang telah dibuat oleh FIFA, baik itu pertandingan tingkat nasional maupun internasional.

Selain ukuran lapangan futsal yang perlu diperhatikan adalah permukaan lapangan futsal, untuk pertandingan internasional disarankan menggunakan permukaan yang terbuat dari kayu atau bahan buatan yang tidak keras.

Tidak dianjurkan membuat lapangan yang permukaannya terbuat dari beton, karena bisa melukai para pemain, diperbolehkan menggunakan rumput sintetis namun hanya untuk permainan atau pertandingan lokal atau domestik.

Berikut ukuran lapangan futsal berdasarkan standar Nasional maupun Internasional

Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional

Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional
by gpsalbany.com

 

Lapangan futsal secara umum memiliki bentuk persegi panjang, sama halnya dalam menentukan ukuran lapangan sepak bola, lapangan futsal terdiri dari dua garis sentuh (touch line) dan dua garis gawang (goal line), untuk lebih jelas secara detail ukuran lapangan futsal standar internasional sebagai berikut :

Panjang (touch line)

  • minimal : 25 m
  • maksimal : 42m

Lebar (goal line)

  • minimal :16 m
  • maksimal : 25 m

seperti yang sudah dijelaskan di atas, lapangan futsal memiliki bentuk persegi panjang, jika anda mengambil panjang minimal maka gunakanlah ukuran lebar minimal. Ukuran diatas biasanya juga digunakan sebagai ukuran lapangan futsal mini.

Ukuran lapangan Futsal Standar Internasional

Setelah sebelumnya kita membahas ukuran lapangan futsal standar nasional, sekarang kita akan beralih ke ukuran lapangan futsal standar internasional, berikut secara detail :

Panjang (touch line)

  • minimal : 38 m
  • maksimal : 42 m

Lebar (goal line)

  • minimal :20 m
  • maksimal : 25 m

Baca Juga > Ukuran Lapangan Sepak Takraw

Garis Lapangan Futsal

Ukuran Lapangan Futsal

Selain ukuran lapangan futsal yang juga tidak kalah penting untuk anda ketahui adalah ukuran berbagai garis yang ada di lapangan futsal, garis-garis yang ada didalam lapangan futsal juga memiliki standar yang telah ditetapkan baik secara nasional maupun internasional berikut garis-garis tersebut.

Daerah Penalti

Area Penalti Futsal

Daerah Penalti dibuat agar ketika pelanggaran dilakukan pada area ini maka lawan diberikan kesempatan untuk menendang langsung ke gawang, selain itu ketika esekutor Penalti melancarkan tendangan ke gawang tidak ada pemain yang mengganggu karena harus berada di luar daerah Penalti.

Garis daerah Penalti dibuat dengan membuat dua garis seperempat lingkaran yang memiliki jari-jari 6 meter, masing-masing titik pusatnya diambil dari ujung tiang gawang disebelah kiri dan kanan.

Salah satu ujung garis tersebut menempel dengan garis gawang, sedangkan ujung lainnya dihubungkan dengan garis lurus yang memiliki ukuran 3,16 meter, ukuran garis lurus tersebut diambil dari panjang gawang beserta ketebalan tiangnya.

Untuk titik Penalti dalam ukuran lapangan futsal memiliki dua titik, yaitu titik terdekat dengan gawang dan titik terjauh dari gawang, berikut jarak titik Penalti tersebut :

  • Titik Penalti pertama berjarak 6 meter dari tengah-tengah antara kedua tiang gawang
  • Titik Penalti kedua berjarak 10 meter dari tengah-tengah antara kedua tiang gawang.

Daerah Tendangan Sudut

Garis Sudut futsal

Tendangan sudut biasanya dilakukan karena bola keluar melalui garis gawang yang dilakukan oleh timnya sendiri baik dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja.

Sesuai dengan jumlah sudut yang ada pada ukuran lapangan futsal daerah tendangan sudut terdapat empat titik, garis dibuat membentuk seperempat lingkaran dengan jari-jari 25 cm yang titik tengahnya terletak pada sudut lapangan.

Daerah Bebas

Daerah Lapangan Futsal

Daerah bebeas adalah daerah yang terletak di sekeliling garis tengah yaitu berjarak 5 meter dari garis tengah yang mengarah ke sebelah kanan maupun ke sebelah kiri, area ini merupakan area bebas pandangan karena terdapat meja wasit ketiga dan pencatat waktu yang letaknya 2 meter dari garis sentuh.

Daerah Pergantian Pemain

Area Pergantian Pemain

Daerah pergantian pemain adalah daerah tempat dimana pemain cadangan bersiap-siap untuk menggantikan pemain utama, garis ini memiliki ketebalan 8 cm dengan panjang 80 cm (40 cm kedalam dan 40 cm keluar lapangan). Jarak antara garis ini adalah 5 meter yaitu disebelah daerah bebas.

Baca Juga > Ukuran Lapangan Softball

Jenis Lapangan Futsal

Lapangan futsal sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, pembagian ini didasarkan pada bahan baku permukaan lapangan futsal, untuk lebih jelasnya berikut beberapa jenis lapangan futsal.

Lantai Karpet Rumput Sintetis

Lapangan Futsal Rumput Sintetis

Jenis lapangan ini adalah lapangan futsal yang permukaannya menggunakan rumput sintetis, rumput buatan ini bisa dipasang sesuai dengan ukuran lapangan futsal. Jenis lapangan ini banyak pemain futsal yang menyukainya karena ketika jatuh tidak terlalu terasa sakit dan tidak membuat luka.

Lantai Vinly

Lapangan Futsal Lantai Vinly

Jenis lapangan selanjutnya adalah jenis lantai vinly, vinly sendiri terbuat dari bahan yang menyerupai karet, jenis lapangan ini juga cukup banyak diminati oleh para pemain futsal, karena memiliki permukaan yang halus sehingga tidak membuat luka ketika terjatuh.

Ketebalan jenis lapangan ini bisa digunakan dengan ketebalan 5 mm, 6 mm hingga 8 mm, kelebihan lain dari lapangan ini yaitu bola bisa laju dengan lancar karena permukaannya yang rata.

Lantai Polypropylene

Lapangan Futsal Lantai Polypropylene

Lapangan jenis ini terbuat dari plastik pp, jenis permukaan lapangan seperti ini bisa dibongkar pasang sehingga mudah dipindahkan, permukaannya yang kesat dan ketika jatuh tidak terlalu sakit membuat jenis lapangan ini banyak diminati oleh para pemain futsal.

Ukuran Gawang Futsal

Ukuran Gawang Futsal

Setelah mengetahui ukuran lapang futsal tidak kalah penting adalah mengetahui ukuran gawang futsal, dalam membuat gawang futsal memiliki ukuran tersendiri, karena jika ukuran gawang tidak sesuai dengan standar, maka akan berdampak ke berbagai garis yang lain seperti garis daerah Penalti.

Tidak hanya ukurannya saja yang perlu diperhatikan adalah bentuk tiang serta ketebalannya, untuk lebih jelasnya lihat keterangan berikut :

  • Panjang gawang : 3 m
  • Lebar gawang : 2 m
  • Ketebalan Tiang : 8 cm
  • Bentuk tiang bulat/kotak.
  • Gawang harus diletakkan tepat ditengah-tengah garis gawang
  • Jaring gawang terbuat dari dari tali rami, goni, atau nilon.
  • Gawang diletakkan pada garis gawang tidak boleh lebih atau kurang.

Ukuran Bola Futsal

Ukuran Bola Futsal

Bola futsal sesuai dengan aturan dari FIFA adalah :

  • Bola harus berbentuk bulat
  • Terbuat atau bahan lainnya yang tidak berbahaya
  • Keliling bola memiliki ukuran minimal 62 cm dan maksimal 64 cm
  • Berat bola pada saat pertandingan dimulai minimal 400 gram dan maksimal 440 gram
  • Tekanan bola 0,46-0,6 atmosfir (400-600 g/cm3)
  • Ketika dijatuhkan pada ketinggian 2 meter pantulan pertama tidak boleh kurang dari 50 cm dan tidak boleh lebih dari 65 cm.

Ketentuan dan Ketetapan

  1. Jika garis gawang hanya memiliki ukuran 15-16 m, maka jari-jari seperempat lingkaran area Penalti hanya diukur sebesar 4 m. Dalam kondisi seperti ini titik Penalti tidak dibatasi di daerah penalti namun diletakkan di tengah dengan jarak 6 m dari tengah-tengah diantara dua tiang.
  2. Garis pergantian pemain dapat dibuat diluar garis sentuh dengan ketebalan 8 cm yang berjarak 5 m dari sudut lapangan. Jarak ini bertujuan agar tetap bisa mengamati tendangan sudut.
  3. Dua garis tambahan yang diambil dari sebelah kanan dan kiri titik Penalti dengan jarak 5 meter, hal ini bertujuan agar bisa mengamati ketika dilakukannya tendangan bebas yang dilakukan dari titik Penalti kedua.
  4. Tempat duduk para pemain cadangan berada tepat dibelakang garis pembatas lapangan, tepatnya di samping daerah bebas yang berada di depan meja pencatat waktu (time keeper).

Demikian pembahasan tentang ukuran lapangan futsal, mulai dari ukuran lapangan standar nasional maupun internasional, semoga dengan informasi ini bisa membantu anda ketika ingin membangun lapangan futsal sendiri di rumah anda.

Leave a Reply