Berbagai Jenis Alat Musik Harmonis Tradisional dan Modern

Berbagai Jenis Alat Musik Harmonis Tradisional dan Modern

Alat Musik Harmonis – Jenis alat musik dapat dibedakan menjadi beberapa jenis baik berdasarkan cara memainkannya seperti alat musik pukul, alat musik tiup, alat musik gesek dan alat musik petik.

Sedangkan berdasarkan fungsinya alat musik dibedakan menjadi 3 jenis yaitu alat musik ritmis, alat musik melodis dan alat musik harmonis.

Alat musik ritmis adalah alat musik yang hanya memiliki satu nada saja, biasanya alat musik ritmis berfungsi hanya untuk sebagai pengiring dalam suatu pertunjukan musik.

Berbeda dengan alat musik ritmis yang hanya memiliki satu nada saja, alat musik melodis biasanya memiliki tangga nada seperti Do, Re, Mi, Fa dan seterusnya. Alat musik melodis digunakan sebagai melodi mengiringi lantunan lagu.

Selanjutnya anda pasti tidak sabar ingin mengetahui apa yang dimaksud dengan alat musik harmonis..?

Yang dimaksud dengan alat musik harmonis adalah alat musik yang dapat menghasilkan lebih satu nada ketika dimainkan dan menghasilkan nada yang harmonis.

Perlu juga anda ketahui bahwa, semua alat musik harmonis juga merupakan alat musik melodis, namun tidak semua alat musik melodis merupakan alat musik harmonis, untuk lebih jelasnya berikut gambar alat musik harmonis beserta penjelasannya.

Alat Musik Harmonis Tradisional

Indonesia Ternyata memiliki berbagai alat musik harmonis yang masih sering dimainkan ketika ada acara adat maupun hiburan. Berikut contoh alat musik harmonis tradisional Indonesia :

Angklung

Angklung
by Terta Filius Saggio from Pixabay

Angklung merupakan alat musik yang berasal dari Jawa Barat, alat musik ini merupakan alat musik yang cukup populer di Indonesia maupun di Manca Negara karena banyak orang Indonesia yang mengenalkan alat musik ini ke luar Negeri.

Angklung adalah alat musik harmonis yang terbuat dari bambu yang dipotong pada ukuran tertentu sehingga menghasilkan nada yang diinginkan.

Angklung biasanya dimainkan oleh banyak orang yang dibunyikan secara bergantian disesuaikan dengan nada akan dibunyikan, karena pada dasarnya satu buah Angklung hanya memiliki satu buah nada saja.

Selain dimainkan oleh banyak orang Angklung juga dapat dimainkan secara personal yaitu dengan cara menggantungkannya pada sebuah gawang.

Meski angklung merupakan alat musik tradisional namun alat musik ini juga biasa dimainkan bersamaan dengan alat musik modern lainnya.

Bonang

Bonang
by diasraka.wordpress.com

Bonang adalah alat musik yang berasal dari Daerah Jawa, alat musik Bonang biasanya dimainkan pada pagelaran gamelan Jawa yang dimainkan dengan alat musik tradisional lainnya seperti gendang dan gong.

Sekilas bonang memang mirip dengan gong, meski bahan baku pembuat bonang sama seperti gong yaitu dari kuningan namun ukuran bonang jauh lebih kecil dan memiliki tangga nada yang berbeda.

Bonang juga dalam kategori alat musik harmonis karena cara memainkan bonang biasanya menggunakan dua tongkat yang dilapisi oleh kain atau karet pada bagian ujungnya dan dipukulkan secara bersamaan sehingga menghasilkan lebih dari satu nada.

Celempung dan Siter

Celempung Alat Musik Petik
by collections.nmmusd.org

Celempung dan Siter merupakan alat musik petik yang berasal dari jawa yang dimainkan pada Gamelan Jawa.

Meski cara memainkannya dengan cara yang sama yaitu dengan cara dipetik namun bunyi yang dihasilkan antara Celempung dan Siter sangat berbeda, Celempung biasanya disetel satu okaf dari Siter.

Perbedaan lainnya yaitu pada jumlah senarnya, Celempung hanya memiliki 11 senar sedangkan Siter memiliki 13 senar.

Gambus

Gambus Alat Musik Petik
by riauberbagi.blogspot.com

Gambus merupakan alat musik petik yang berasal dari Daerah Riau, alat musik Gambus merupakan alat musik yang mengadopsi alat musik yang berasal dari Arab yaitu alat musik Al’ud.

Oleh masyarakat Riau, dulu alat musik ini dimainkan secara individu oleh para nelayan untuk hiburan ketika mencari ikan, saat ini alat musik Gambus banyak dimainkan sebagai pengiring Zapin.

Kecapi

Kecapi Alat Musik Petik
by alampedia.blogspot.com

Alat musik kecapi pasti tidak asing lagi di bagi anda, alat musik ini pernah dijadikan sebagai gambar pada salah satu mata uang Indonesia.

Alat musik kecapi merupakan alat musik harmonis yang berasal dari Daerah Jawa Barat, alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik pada bagian dawainya.

Kecapi memiliki tangga nada sebanyak 5 (pentasionis), yaitu bernama : Da, Mi, Na, Ti dan La. Biasanya alat musik kecapi dimainkan bersamaan dengan alat musik seruling pada suatu pertunjukan.

Kolintang

Kolintang
by pedomanbengkulu.com

Kolintang adalah alat musik yang berasal dari Sulawesi Utara, alat musik ini termasuk alat musik harmonis yang cara memainkannya dengan cara dipukul dengan dua hingga tiga tongkat kayu secara bersamaan.

Alat musik kolintang dibuat dengan menggunakan sebilah kayu berbentuk persegi panjang yang tipis dan disusun berdasarkan beberapa ukuran sesuai dengan nada yang dihasilkan.

Rebab

Alat Musik Rebab
by riauberbagi.blogspot.com

Rebab adalah alat musik harmonis yang diperkenalkan oleh Negara Timur Tengah ketika melakukan perdagangan di Indonesia, alat musik harmonis ini sering digunakan diberbagai daerah di Indonesia untuk mengiringi kegiatan adat maupun sebagai hiburan.

Rebab merupakan alat musik gesek yang cara memainkannya digesek pada dawainya menggunakan busur, di Daerah Jawa Barat, Rebab memiliki 2 sampai 3 senar sehingga jika dimainkan akan menghasilkan nada harmonis.

Alat musik Rebab merupakan alat musik yang sangat penting dalam suatu tembang atau lagu karena suaranya yang sangat khas dan sangat nyaring, dibandingkan dengan alat musik lainnya pada gamelan.

Sampek

sape Alat Musik Petik
by geezmusic.blogspot.com

Sampek merupakan alat musik yang berasal dari Daerah Kalimantan, cara memainkan Sampek yaitu dengan cara dipetik pada bagian dawainya.

Alat musik suku Dayak ini sebenarnya cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia karena bunyi yang dihasilkan oleh Sampek sangatlah indah, ketika kita mendengarnya seolah-olah kita akan dibawa ke tempat alat musik ini berasal.

Sesuai dengan fungsinya sebagai alat musik harmonis, cara memainkan sampek yaitu dengan cara memetik dua sampai tiga dawainya sekaligus secara bersamaan. Alat musik ini terbuat dari kayu yang diukir membentuk ukiran khas suku Dayak.

Sasando

sasando Alat Musik Petik
by bamboeindonesia.wordpress.com

Alat musik Sasando adalah alat musik yang berasal dari Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT), Cara memainkan Sasando yaitu dengan cara memetik dua sampai tiga dawainya secara bersamaan.

Sasando terbuat dari bambu sebagai wadah resonansi dan dikelilingi bantalan kayu yang melingkar dari bawah hingga atas sebagai penyanggah senar,

Untuk jumlah senarnya, Sasando memiliki berbagai macam mulai dari 28 senar hingga 58 senar, bahkan saat ini Sasando banyak dibuat menggunakan bahan sintetis dan menggunakan listrik untuk memainkannya, hal tersebut tentu untuk menjaga eksistensi alat musik tradisional satu ini.

Alat Musik Harmonis Modern

Setelah kita membahas alat musik harmonis tradisional, sekarang kita akan beralih ke alat musik harmonis modern, berikut contoh alat musik harmonis modern beserta penjelasannya :

Biola

Alat Musik Biola
by lazada.co.id

Biola adalah alat musik yang cukup terkenal di berbagai belahan dunia, selain karena bentuknya yang unik, alat musik modern ini menghasilkan suara yang sangat indah, tak jarang banyak orang hanya ingin mendengar suara biola saja yaitu dimainkan secara tunggal

Biola hanya memiliki empat senar saja yang memiliki kunci G-D-A-E dan disetel secara rapi sehingga menghasilkan bunyi yang berbeda-beda, adapun nada dasar dari Biola yaitu dimulai dari G.

Cello

Alat Musik Cello
by ndonesian.alibaba.com

Sekilas Cello memang hampir menyerupai dengan Biola karena memang alat musik ini masih satu keluarga dengan Biola namun ukurannya jauh lebih besar dari Biola, Cello juga sering disebut Violocello.

Alat musik harmonis satu ini sangat jarang dimainkan di Indonesia karena suara yang dihasilkan dari Cello kurang cocok dengan musik-musik tradisonal dari Indonesia, meski jarang dimainkan di Indonesia alat musik satu ini sangat sering dimainkan di Eropa dalam setiap pementasan musik klasik.

Karena ukurannya cukup besar alat musik ini biasanya dimainkan dengan cara diletakkan di Lantai dan digesek dalam keadaan berdiri.

Alat Musik HarGitar

Gitar
by bhinneka.com

Alat musik modern satu ini hampir semua orang mengetahuinya, Gitar merupakan alat musik harmonis yang sering dimainkan di berbagai pertunjukan pentas musik dari berbagai genre.

Selain sebagai alat musik harmonis gitar juga sering digunakan sebagai alat musik melodis yaitu dengan cara memetik dawainya satu persatu.

Gitar sendiri dapat dibedakan menjadi dua yaitu gitar akustik dan gitar listrik. Bahan utama pembuat gitar mulai dari kayu yang dibalut dengan plywood juga ada yang dibuat menggunakan bahan sintetis.

Gitar memiliki enam senar yang terbuat dari bahan nilon maupun kawat yang disusun dan disetel hingga menghasilkan nada yang Indah.

Harmonika

Harmonika
by duniadanwarnaharmonika.blogspot.com

Harmonika adalah alat musik yang cara memainkannya dengan cara ditiup atau di hisap menggunakan mulut.

Harmonika memiliki ruas lubang pada sisi sampingnya, ruas tersebut hampir berhimpitan sehingga cukup susah untuk memainkan alat musik satu ini.

Harmonika sering dimainkan dalam suatu grup band pada jenis musik seperti :

  • Country
  • Solo
  • Ansambel
  • Grup musik lainnya.

Harpa

Harpa
by pt.dhgate.com

Harpa adalah alat musik modern yang cara memainkannya dengan cara di petik, Harpa sendiri memiliki jumlah senar sebanyak 22-47 senar, tergantung ukuran harpa yang dimainkan.

Ukuran Harpa sendiri secara umum memiliki tiga ukuran yaitu kecil yang biasa dimainkan dengan cara dipangku oleh pemain, ukuran sedang yang bisa dimainkan sambil duduk di lantai dan ukuran besar yang dimainkan dengan cara duduk di kursi sehingga Harpa diletakkan di lantai dalam keadaan berdiri.

Meski alat musik satu ini menggunakan senar namun cara memainkannya sangatlah berbeda dengan gitar yang salah satu tangan menekan senar dan satunya memetik senar.

Harpa dimainkan dengan cara kedua tangan sama-sama memetik senar seperti prinsip dasar memainkan Piano.

Keyboard (Kibor)

Kibor
by tokopedia.com

Keyboard atau Kibor adalah alat musik harmonis modern yang sering sekali dimainkan diberbagai acara hiburan musik seperti ketika acara pernikahan ataupun pementasan grup band pada suatu konser.

Keyboard sendiri memiliki bentuk yang hampir mirip dengan piano, namun karena Keyboard sepenuhnya dibuat dengan memanfaatkan teknologi elektronik sehingga alat musik satu ini bisa memainkan berbagai suara seperti trompet, gendang, piano dan masih banyak lagi suara yang bisa dihasilkan dari Keyboard.

Pianika

pianika
by marcellosalterations.com

Ketika di sekolah dasar mungkin kita pernah diajarkan oleh guru untuk memainkan Pianika sebagai muatan lokal ilmu seni dan budaya.

Pianika adalah alat musik yang cara memainkannya dengan cara ditiup dan tekan, Pianika sendiri bentuknya hampir menyerupai dengan piano, namun ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan dengan ukuran piano.

Recorder

Recorder
by long-mcquade.com

Alat musik Recorder juga sering dijarakan ketika kita duduk di bangku sekolah. Alat musik ini sekilas mirip dengan suling namun yang membedakan adalah Recorder memiliki lubang untuk jempol yang letaknya berlawanan arah dari 7 lubang yang terletak dibagian atas.

Recorder sendiri terbuat dari bahan sintetis yang bisanya memiliki warna putih.

Saxophone

Saxophone
by instrumentalsavings.com

Saxophone adalah alat musik modern yang cara memainkannya dengan cara ditiup dan tekan pada tuts nya untuk menghasilkan suara sesuai nada yang di Inginkan.

Alat musik ini biasanya terbuat dari kuningan yang berbentuk seperti corong melengkung kebawah. Biasanya alat musik ini sering dimainkan pada jenis musik jazz.

Viola

Alat Musik Viola
by en.wikipedia.org

Banyak orang yang menganggap bahwa alat musik Viola sama dengan alat musik Biola, padahal kedua alat musik ini sangat berbeda, selain ukuran Viola yang lebih kecil nada yang dihasilkan Viola pun lebih rendah yaitu C-G-D-A.

Berikut contoh permainan salah satu alat musik harmonis kecapi.

Nah itu tadi kita sudah membahas secara lengkap berbagai jenis alat musik harmonis dari yang tradisional sampai ke alat musik harmonis modern, semoga informasi ini bisa membantu anda, terimakasih.

Leave a Reply