Madu Ruqyah Sebagai Obat Jiwa dan Raga, Sesuai Anjuran Al-Qur’an

Madu Ruqyah Sebagai Obat Jiwa dan Raga, Sesuai Anjuran Al-Qur’an

Madu Ruqyah – Siapa yang tidak mengenal madu?, pasti semua orang tahu dengan bahan alam satu ini, madu merupakan cairan yang biasanya digunakan untuk campuran makanan atau minuman, bahkan tak jarang kebanyakan orang mengkonsumsinya secara langsung.

Madu memiliki rasa yang cukup manis, sehingga bisa digunakan untuk menggantikan gula, jika dipandang dari segi kesehatan, tentu madu jauh lebih sehat dibandingkan gula atau bahan yang memiliki rasa manis lainnya seperti cokalat, atau karamel.

Madu terkenal memiliki nilai kalori 64 kalori per sendok makan. Kalori yang ada di dalam madu terdapat gula yang mampu menyerap lemak dengan baik, khususnya jika dikonsumsi bersamaan dengan air hangat. Di dalam madu memiliki berbagai kandungan gizi seperti vitamin dan mineral, madu berasal dari nektar tumbuhan yang dihisap lebah

Selain kaya akan vitamin, apakah anda tahu bahwa madu juga bisa digunakan atau dimanfaatkan untuk ruqyah, jika anda ingin mencari tahunya lebih dalam, mari baca artikel ini hingga akhir.

Ruqyah dengan Memanfaatkan Madu

Madu Ruqyah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwasannya madu merupakan salah satu obat yang cukup baik digunakan untuk mengatasi penyakit jiwa maupun raga. Allah Ta’ala berfirman :

وَأَوْحٰى رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ أَنِ اتَّخِذِى مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ

“Dan Tuhanmu mengilhamkan kepada lebah, Buatlah sarang di gunung-gunung, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia,” (QS. An-Nahl 16: Ayat 68)

Dilanjutkan pada ayat berikutnya :

ثُمَّ كُلِى مِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِ فَاسْلُكِى سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا  ۚ يَخْرُجُ مِنۢ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُّخْتَلِفٌ أَلْوٰنُهُۥ فِيهِ شِفَآءٌ لِّلنَّاسِ  ۗ إِنَّ فِى ذٰلِكَ لَءَايَةً لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“kemudian makanlah dari segala (macam) buah-buahan, lalu tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir.” (QS. An-Nahl 16: Ayat 69)

Sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam banyak yang mendorong umatnya untuk memanfaatkan madu sebagai obat. Namun kesembuhan orang yang terkena sihir tidaklah bergantungan dengan madu melainkan semua hanya karena Allah Ta’ala.

Madu tidak bisa dimanfaatkan untuk pengobatan yang diakibatkan oleh sihir apalagi jika sihir tersebut dikirimkan dalam bentuk gaib, namun jika sihir tersebut dikirimkan melalui sesuatu yang diminumkan (pada korban), maka si korban dapat diberikan minuman yang dicampurkan sedikit madu, namun jika dirasa tidak perlu juga tidak mengapa, sifatnya hanya kondisional tidak diharuskan.

Jika ada seorang peruqyah yang menjadikan madu sebagai media pokok atau media utama dalam melakukan ruqyah bisa dikarenakan dua sebab, yaitu :

  1. Peruqyah tidak tahu tentang metode penyembuhan ruqyah yang diakibatkan sihir.
  2. Bisa jadi sang peruqyah memiliki tujuan duniawi, yaitu menjadikan madu sebagai bisnis sampingan dan mengambil harta oranglain (korban) secara tidak baik (batil). Hal ini akan nampak lebih jelas jika sang peruqyah berjualan madu.

Gunakanlah madu sebagai mana mestinya, jika niat untuk menjaga kesehatan tubuh maka belilah madu memang hanya digunkan untuk menjaga kesehatan tubuh, penulis sangat menyarakan membeli madu yang asli, jika bisa anda membeli madu yang dibarengi dengan dzikir seperti madu yang dijual oleh majelisazzikra.com disana anda akan mendapatkan madu yang terjamin keasliannya.

Berbagai Manfaat Madu Ruqyah

Madu Untuk Ruqyah

Kenapa harus menggunakan madu ruqyah? Tentu untuk mendapatkan khasiat yang berlipat, karena dengan madu ruqyah anda bisa mendapatkan manfaat untuk mengobati fisik maupun non fisik seperti ganguan jin dan gangguan jiwa.

Berikut berbagai manfaat madu murni ruqyah untuk kesehatan dan pengobatan, diantaranya adalah :

1. Menurunkan Kadar Gula

Madu dapat membantu menurunkan kadar glukosa yang ada di dalam darah. Beberapa anggapan bahwa seorang yang menderita diabetes tidak boleh mengkonsumsi makanan yang manis-manis, namuin berbeda dengan madu, meski memiliki rasa yang manis namun kandungannya mampu mengurangi kadar gula yang ada di dalam tubuh.

Madu bisa digunakan penderita diabetes dengan cara mengkonsumsinya secara teratur cukup dengan 1 sendok teh madu satu kali setiap hari. Kandungan yang ada di dalam madu kaya akan vitamin B1, B5 dan C. seperi diketahui ketiga vitamin tersebut sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes.

2. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Otak

Khasiat madu murni tidak hanya bisa dirasakan oleh orang dewasa saja, bahkan bayi juga bisa merasakan manfaat dari madu tersebut, karena bayi hingga menginjak usia 5 tahun sangat membutuhkan kandungan vitamin lengkap, salah satunya bisa didapatkan di dalam madu.

3. Sebagai Antiinflamasi

Madu bersifat antiinflamasi atau bisa disebut juga antiperadangan, terutama untuk mengobati luka bakar agar tidak terinfeksi dan agar kulit yang terluka cepat mengering.

4. Meningkatkan Nafsu Makan

Madu juga dapat dijadikan suplemen penambah nafsu makan untuk anak-anak, selain itu, karena kandungan vitamin B yang ada di dalam madu cukup banyak sehingga dapat membantu mempercepat proses pertumbuhan fisik dan menjaga kesehatan anak.

Masih banyak lagi berbagai manfaat yang terkandung di dalam madu, seperti untuk mengembalikan stamina, memperkuat janin yang lemah, memperlancar pengeluaran asi, mencegah penyakit radang usus dan masih banyak khasiat yang terkandung di dalam madu.

Selain madu yang bisa digunakan untuk media ruqyah adalah minyak zaitun ruqyah

Sampai disini saja pembahasan tentang berbagai manfaat madu ruqiyah, semoga dengan mengetahui berbagai manfaat dan anjuran dari Allah Ta’ala dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dapat menambah keyakinan kita terhadap berbagai manfaat madu untuk dijadikan obat fisik maupun jiwa.

Leave a Reply