Mengenal Minyak Zaitun Ruqyah Untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani

Mengenal Minyak Zaitun Ruqyah Untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani

Minyak Zaitun Ruqyah- Hampir semua orang sudah mengenal minyak yang kaya manfaat satu ini, ketika kita mendengar namanya pasti anda akan langsung mengenalinya sebagai minyak dengan berbagai manfaat untuk kesehatan, maupun untuk di luar tubuh seperti kulit dan rambut.

Mengenal Lebih Dekat Tentang Minyak Zaitun

Minyak Zaitun Ruqyah

Minyak zaitun adalah suatu minyak yang diambil dari mengekstrak buah zaitun dengan cara memerasnya menggunakan penggilas, kemudian dilakukan penyaringan untuk memesihakan kualitas minyak zaitun tersebut.

Minyak zaitun biasa digunakan untuk memesak, kosmetik, obat-obatan, dan sabun, biasanya juga sering digunakan untuk bahan bakar lampu yang masih membutuhkan minyak untuk menyalakannya.

Selain berbagai manfaat diatas, apakah anda tahu bahwa minyak zaitun ternyata bisa digunakan sebagai media ruqyah? Jika belum, mari cari tahu lebih mendalam di dalam artikel ini.

Apa Itu Ruqyah

Minyak zaitun Untuk Ruqyah

Ruqyah merupakan suatu bacaan yang dibacakan untuk pengobatan secara syar’i, tujuannya yaitu untuk melindungi diri dari berbagai gangguan jin dan setan serta untuk mengobati orang yang sedang sakit. Adapun bacaannya sendiri berupa ayat-ayat Al-Quran dan doa-doa yang telah diajarkan oleh  Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam.

Penyembuhan dengan metode ruqyah tidak perlu diragukan lagi, metode ini telah dijelaskan di dalam Al-Quran dan As-sunnah berupa ruqyah yang merupakan penyembuh sempurna untuk penyakit jiwa maupun fisik.

Allah Subhanahu wa ta’ala telah berfirman ;

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْءَانِ مَا هُوَ شِفَآءٌ وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ  ۙ وَلَا يَزِيدُ الظّٰلِمِينَ إِلَّا خَسَارًا

“Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-Qur’an itu) hanya akan menambah kerugian.” (QS. Al-Isra’ 17: Ayat 82)

قُلْ هُوَ لِلَّذِينَ ءَامَنُوا هُدًى وَشِفَآءٌ

“Katakanlah, Al-Qur’an adalah petunjuk dan penyembuh bagi orang-orang yang beriman” (QS. Fushshilat: 44)

Dan masih banyak lagi ayat-ayat Allah Subhanahu wa ta’ala yang menjelaskan tentang metode penyembuhan ruqyah.

Menggunakan Minyak Zaitun Sebagai Media Ruqyah

Minyak zaitun ruqyah asli

Minyak zaitun dapat digunakan sebagai media ruqyah, hal ini didukung dengan pendapat Syaikh Abdullah bin Abdurrahman al-Jibrin berkata, “Tidak ada larangan membaca ayat ayat al Qur’an dan doa-doa pada air zam-zam atau minyak zaitun.”

dikutip dari alhadiibrahim.com cara menggunakan minyak zaitun untuk ruqyah sebagai berikut :

  1. Jika pasien atau orang yang sakit di daerah atau di bagian tubuh tertentu maka minyak zaitun dapat dioleskan pada bagian tubuh tersebut setelah dibacakan ayat-ayat Al-Quran dan doa-doa. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi rasa sakit pada pasien.
  2. Jika gangguan jin yang di derita oleh pasien terdapat pada bagian tertentu seperti leher, punggung, atau tangan, maka minyak zaitun dapat dioleskan setiap malam menjelang tidur.

Perlu diketahui minyak zaitun tidak bisa dijadikan sebagai media ruqyah jika gangguan yang dialami pasien terletak pada akalnya, sehingga akan lebih bijak jika seorang peruqyah terlebih dahulu melihat kondisi pasien yang hendak diobati, sehingga tidak salah penanganan ketika menggunakan media ruqyah seperti minyak zaitun.

Selain minyak zaitun, media lainnya untuk ruqyah adalah madu ruqyah

Anjuran Mengkonsumsi Minyak Zaitun

Jual Minyak Zaitun

Selain digunakan sebagai media ruqyah ternyata minyak zaitun juga telah dianjurkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala dalam firmannya :

وَشَجَرَةً تَخْرُجُ مِنْ طُورِ سَيْنَآءَ تَنۢبُتُ بِالدُّهْنِ وَصِبْغٍ لِّلْأَاكِلِينَ

Artinya : “dan (Kami tumbuhkan) pohon (zaitun) yang tumbuh dari Gunung Sinai, yang menghasilkan minyak, dan bahan pembangkit selera bagi orang-orang yang makan.” (QS. Al-Mu’minun 23: Ayat 20)

Minyak zaitun dianjurkan untuk di konsumsi juga telah disampaikan oleh Rasulullahu ‘alaihi wa sallam. Seperti yang diriwayatkan dari ‘Umar bin khaththab radhiyallahu’anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, :

كُلُوا الزَّيْتَ وَادَّهِنُوا بِهِ فَإِنَّهُ مِنْ شَجَرَةٍ مُبَارَكَةٍ

“Makanlah zaitun, dan gunakanlah minyaknya. Karena zaitun itu berasal dari pohon yang mengandung keberkahan.” (HR. Tirmidzi no. 1851 dan Ibnu Majah no. 3319, shahih)

Setelah mengetahui minyak zaitun adalah minyak yang dianjurkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentu sekarang anda semakin yakin bukan? bahwa minyak zaitun bisa digunakan sebagai media dalam melakukan ruqyah. Tidak hanya itu, minyak zaitun juga dianjurkan untuk dikonsumsi sehari-hari karena manfaatnya yang luar biasa.

Sampai disini pembahasan tentang minyak zaitun ruqyah, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi tentang minyak zaitun sebagai media ruqyah. Niatkanlah segala aktifitas kita hanya karena Allah Subhanahu wa ta’ala sehingga setiap langkah kita dapat dihitung dalam kebaikan.

Leave a Reply