Makanan Penghilang Jerawat dan Makanan Pencegah Jerawat yang Harus Kamu Konsumsi

Makanan Penghilang Jerawat dan Makanan Pencegah Jerawat yang Harus Kamu Konsumsi

Makanan Penghilang Jerawat – Terkadang kita sering mengesampingkan jenis makanan yang kita makan, padahal banyak makanan penyebab jerawat yang sering kita makan namun tidak pernah kita sadari.

Perlu bagi kalian mengetahui makanan penghilang jerawat dan makanan pencegah jerawat agar kalian dapat mengatur pola makanan sehari-hari yang lebih sehat, sehingga kalian tidak perlu pusing lagi untuk mencari cara menghilangkan jerawat, karena kulitmu selalu sehat dan terlindungi.

Makanan Penghilang Jerawat

Berikut makanan penghilang jerawat yang perlu kamu catat dan kamu konsumsi untuk menyelasaikan permasalahan jerawatmu.

Quinoa

by pixabay.com

Quinoa baru-baru ini menjadi makanan yang sangat populer, makanan ini dapat dikategorikan sebagai superfood.

Jenis makanan ini mampu melindungi masalah kulit yang umum terjadi, seperti memperbaiki kulit yang rusak, mengurangi bintik-bintik coklat, menghilangkan jerawat bahkan mampu menunda penuaan dini pada kulit.

Selain itu, satu cangkir quinoa yang dimasak memiliki 17 sampai 27 gram serat, sehingga dapat mengurangi sembelit secara teratur dan membuat kotoran serta racun dari tubuh anda menghilang, sehingga kulit kalian akan tampak lebih bersih.

Jus lemon

by pexels.com

Air lemon memiliki keasaman alami yang cukup tinggi, keasaman alami tersebut mampu menjadi agen pemutih untuk menghilangkan flek hitam pada kulit.

Vitamin C yang terkandung pada air lemon dapat menghilangkan racun dan lemak yang mengendap di dalam tubuh, meningkatkan produksi kalogen, menghalangi radikal bebas serta meringankan bekas jerawat.

Perlu diketahui, manfaatkanlah air lemon sebagai jus atau dimakan langsung, jangan oleskan air perasan lemon secara langsung ke wajah karena asamnya yang tidak terukur dapat menyebabkan iritasi pada kulit yang berjerawat.

Beras cokelat

by pixabay.com

Makanan penghilang jerawat selanjutnya adalah beras coklat, beras coklat dinilai memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih, beras coklat kaya akan kandungan magnesium Vitamin B dan protein sehingga dapat membantu menyeimbangkan hormon penyebab jerawat dan menjaga kulit agar tetap sehat.

Yogurt

by pexels.com

Berbeda dengan susu yang dikonsumsi berlebih dapat memicu timbulnya jerawat, yogurt mampu menghilangkan jerawat karena kandungan probiotik yang bisa menghambat perkembangan bakteri penyebab jerawat.

Cobalah masukkan yogurt pada menu makanan harian kalian, bisa dicampurkan dengan buah-buahan seperti pisang dan blueberry yang kaya anti antioksidan dan kalium, sehingga kulit kalian jauh lebih sehat dan jerawat hilang.

Minyak Ikan

by pexels.com

Minyak ikan dianggap sebagai solusi terbaik dalam mengatasi jerawat di pipi, pasalnya minyak ikan banyak mengandung asam lemak omega-3 yang bisa menghilangkan jerawat.

Omega-3 yang terkandung terdiri dari dua asam, yaitu asam eicosapentaenoic acid dan asam docosahexaenoic acid, diketahui kedua asam tersebut memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri sehingga dapat mengurangi pembentukan jerawat di wajah.

Penggunaan minyak ikan sebagai makanan penghilang jerawat dapat di konsumsi atau diminum setiap satu kali dalam sehari, bisa juga di tinggkatkan hingga 2-3 kali dalam sehari, namun jika kalian elergi dengan minyak ikan bisa konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Mentimun

by pixabay.com

Mentimun adalah salah satu buah yang banyak mengandung air, kandungan air pada mentimun dapat mengeluarkan racun yang menyumbat pori-pori, sehingga jerawat di wajah bisa hilang, untuk hasil yang maksimal mentimun bisa dikonsumsi setiap hari.

Selain dimakan mentimun juga dapat dijadikan sebagai pendingin yang cukup efektif untuk meredakan peradangan pada kulit akibat jerawat.

Semangka

by pexels.com

Semangka sebenarnya memiliki fungsi yang sama seperti mentimun, kadar air yang terkandung di dalam semangka sangat banyak. Selain mengandung banyak air semangka juga kaya akan vitamin A, B dan C sehingga menjaga kulit tetap kenyal, segar dan berseri.

Sama dengan mentimun, makanan penghilang jerawat satu ini juga dapat dijadikan sebagai masker di wajah yang sedang terkena jerawat.

Makanan Pencegah Jerawat

Setelah kita mengetahui makanan penghilang jerawat kita akan berlanjut ke makanan pencegah jerawat.

Alpukat

by pixabay.com

Alpukat adalah jenis buah yang banyak digemari oleh banyak orang, selain rasanya yang enak alpukat juga mengandung banyak Vitamin E yang bisa membuat kulit lebih lembab dan kenyal.

Kelebihan lain dari alpukat yaitu kandungan Vitamin C yang ada di alpukat baik untuk mengurangi peradangan pada kulit akibat jerawat.

Buah Anggur Merah

by pexels.com

Anggur didalamnya mengandung banyak zat tanin yang baik untuk melancarkan pencernaan dan menyehatkan usus. Apabila usus selalu sehat maka kondisi kulit kita juga akan ikut sehat, sehingga kita akan terhindar dari berbagai penyakit kulit seperti jerawat.

Sangat cocok sekali buah satu ini jika dijadikan sebagai makanan pencegah jerawat, selain rasanya yang cukup enak juga kaya akan manfaat, anggur bisa kalian jadikan makanan pencuci mulut setiap hari.

Brokoli

by pixabay.com

Brokoli dipercaya mampu membersihkan kulit secara maksimal karena kandungan vitamin yang cukup kompleks yang terdapat pada brokoli, di dalam brokoli terdapat nutrisi berupa vitamin A, B kompleks, C, E dan K.

Selain itu antioksidan yang terdapat pada brokoli dapat mengembalikan kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Seringlah mengonsumsi sayuran satu ini, jika kalian ingin terhindar dari jerawat sampai kapanpun.

Bawang Putih

by pexels.com

Makanan pencegah jerawat selanjutnya adalah bawang putih, bawang putih merupakan salah satu bumbu yang sering dipakai oleh orang indonesia untuk menambah kenikmatan masakan.

Bawang putih memang baik untuk tubuh dan kulit karena didalam bawang putih terdapat zat allicin yang mampu membunuh banyak virus di dalam tubuh.

Banyak orang percaya penggunaan bawang putih langsung ke kulit dapat menghilangkan jerawat, namun tidak semua kulit cocok jika terkena bawang putih secara langsung, untuk lebih aman sebaiknya di konsumsi sebagai bumbu masak sehari-hari.

Ikan Salmon

by pixabay.com

Seperti yang kita ketahui salah satu yang menyebabkan timbulnya jerawat di wajah adalah bakteri Propionibacterium acnes. Bakteri ini mampu mengeluarkan senyawa yang dapat menyebabkan jerawat.

Untuk mencegah hal itu terjadi, kalian bisa mengkonsumsi ikan salmon.

Ikan salmon terkenal akan Vitamin B12 yang sangat tinggi, berdasarkan hasil penelitian Vitamin B12 mampu mengubah sindrom metabolik bakteri  Propionibacterium acnes, sehingga dapat memangkas bakteri patogenesis baru penyebab jerawat.

Jadikanlah ikan salmon sebagai makanan pencegah jerawat harian kalian agar kulit selalu sehat dan terlindungi.

Selalu Memakan Makanan Sehat

by pexels.com

Setelah kalian mengetahui berbagai makanan penghilang jerawat dan makanan pencegah jerawat, kalian sekarang bisa menjaga pola makan yang sehat agar selalu terhindar oleh jerawat.

Tidak perlu semua makanan penghilang jerawat kalian konsumsi, cukup pilih salah satu yang kalian suka, dan rutinlah untuk mengkonsumsinya.

Selain selalu mengonsumsi makanan penghilang jerawat perlu juga kalian mengetahui bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat, agar wajahmu selalu tampak cerah dan bersih.

Artikel menarik lainnya bisa anda baca di horseasy.com

Leave a Reply