8 Makanan Penyebab Jerawat Timbul dengan Cepat

8 Makanan Penyebab Jerawat Timbul dengan Cepat

Makanan penyebab jerawat muncul sangatlah perlu kalian ketahui agar kalian terhindar dari penyakit kulit satu ini, karena pasti kalian tidak mau terkena jerawat bukan.?

Terkena jerawat sangatlah tidak nyaman, kita pasti akan berusaha mencari cara menghilangkan jerawat secara cepat, selain terasa mengganggu di kulit wajah kita, kita juga akan merasa tidak pede ketika berinteraksi dengan orang lain khususnya dengan lawan jenis.

Jerawat dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, namun terdapat faktor yang sering kita lalaikan adalah faktor makanan, biasanya kita memakan apapun yang kita suka tanpa memperhatikan apakah makanan tersebut menyebabkan timbulnya jerawat.

Makanan Penyebab Jerawat

Berikut delapan makanan penyebab jerawat timbul yang perlu kalian kendalikan kuantitasnya atau bahkan bisa kalian hindari

Junk food

Junk food
by pexels.com

Junk food adalah jenis makanan yang memiliki kandungan gizi yang sangat rendah, makanan ini biasanya hanya bersifat memanjakan lidah kita saja namun mengesampingkan keseimbangan gizi yang terkandung didalamnya.

Junk food memang makanan yang mudah sekali dalam penyajiannya atau bisa dikatakan cepat saji, tidak sedikit orang-orang di Indonesia menyukai makanan jenis ini.

Ciri-ciri junk  food adalah seperti makanan yang berminyak, rasa pedas yang tidak alami, terlalu mengandung banyak gula dan minuman yang bersoda.

Makanan jenis ini tentu akan menimbulkan jerawat, karena rendahnya kandungan gizi serta tidak seimbangnya lemak yang dihasilkan maka dapat menyumbat pori-pori pada kulit kita yang selanjutnya bisa menyebabkan jerawat.

Lebih dari itu jenis makanan ini bisa mengacaukan sistem pencernaan yang berdampak pada berbagai penyakit pada tubuh dan kulit kita.

Gula berlebih

Gula Putih
by pexels.com

Jika kalian adalah orang yang suka manis-manis, sebaiknya mulai sekarang kalian harus mulai mengontrol konsumsi gula kalian.

Kondisi kulit sangat berkaitan sekali dengan sistem pencernaan kita, utamanya adalah jenis makanan apa yang kita makan, tentu akan memberikan dampak juga pada kulit kita.

Dalam hal ini gula merupakan salah satu penyebab iritasi pada kulit jika dikonsumsi secara berlebihan, jika kulit wajah kalian terkena iritasi maka akan mudah sekali terkena jerawat.

Lebih lanjut dari hasil penelitian menunjukan bahwa mengonsumsi gula secara berlebihan dapat memberikan efek yang negatif dalam waktu yang cukup panjang yaitu kulit wajah dan perut kalian akan mengalami penuaan dini.

Hal itu terjadi karena gula melekat pada protein pada aliran darah yang selanjutnya dapat membentuk molekul-molekul baru atau biasa disebut dengan produk akhir glikasi tingkat lanjut atau advanced glycation end products (AGE) yang menyebabkan kulit berkerut dan menggelambir.

Coklat

Coklat
by pexels.com

Makanan satu ini banyak sekali penggemarnya, namun apakah kalian tahu coklat ternyata salah satu makanan penyebab jerawat timbul pada kulit wajah kalian.

Tidak jauh berbeda dengan gula, coklat juga mengandung kadar gula dan lemak yang cukup tinggi, hal tersebut tentu akan membuat kulit memproduksi minyak yang sangat berlebih, hal tersebutlah yang memicu timbulnya jerawat dengan cepat.

Jadi mulai sekarang, kalian harus atur kuantitas dalam mengkonsumsi coklat, namun, jika kalian sangat suka sekali coklat, makanlah coklat yang memiliki kandungan gula yang rendah.

Meski rasanya pasti akan lebih pahit dibandingkan dengan coklat yang kebanyakan dijual di pasaran, namun jika kalian cinta dengan kulit kalian, itu adalah pilihan yang lebih baik.

Kacang

Kacang
by pexels.com

Kacang merupakan makanan ringan yang sangat disukai banyak orang, biasanya kita makan kacang ketika berkumpul dengan teman sambil menonton bola.

Apakah teman-teman tahu, kacang ternyata dapat menyebabkan jerawat jika salah dalam proses memasaknya, sebenarnya kacang sendiri tidaklah berbahaya untuk kulit kalian, karena lemak yang terdapat pada kacang adalah lemak tak jenuh.

Perlu kalian hindari jika mengkonsumsi kacang dengan cara digoreng, karena minyak untuk menggoreng mengandung lemak jenuh, jika minyak tersebut masuk kedalam kacang yang selanjutnya kita makan, hal tersebut akan membuat kulit wajah kita berminyak secara berlebih.

Jika minyak di wajah kita berlebih maka jerawat akan mudah sekali tumbuh, maka solusinya adalah kalian bisa mengkonsumsi kacang dengan cara memasaknya yang lebih sehat, bisa direbus atau dipanggang akan jauh lebih sehat.

Mentega

Mentega
by pexels.com

Mentega adalah salah satu jenis bahan pendukung masakan yang biasanya digunakan sebagai bahan tambahan untuk membuat kue.

Banyak mengonsumsi mentega ternyata juga dapat dijadikan salah satu penyebab timbulnya jerawat.

Hal tersebut bisa terjadi karena mentega terbuat dari bahan baku berupa lemak hewani, seperti diketahui lemak hewani adalah salah satu jenis lemak jenuh, Lemak jenuh bisa menyebabkan kulit wajah memproduksi minyak secara berlebih sehingga bisa memicu timbulnya jerawat.

Selain itu, jenis lemak dari mentega tersebut bisa meningkatkan kadar kolesterol di dalam darah sehingga bisa beresiko terkena berbagai penyakit jantung.

Satu lagi yang perlu diketahui oleh kalian adalah satu sendok mentega mampu memenuhi 35% dari kebutuhan lemak jenuh harian kita. Jadi, dengan mengetahui fakta tersebut diharapkan kalian sekarang bisa menjaga takaran dalam penggunaan mentega.

Alternatif lainnya dari penggunaan mentega adalah menggantinya dengan margarin, karena margarin terbuat dari lemak nabati yaitu dari tumbuh-tumbuhan, pasti akan lebih menyehatkan, namun takarannya pun harus tetap dijaga.

Mie Instan

Mie Instan
by pexels.com

Makanan satu ini tentu tidak asing lagi di telinga kita, karena hampir disetiap toko di Indonesia pasti menjual makanan satu ini, apalagi jika kalian adalah anak kos, makanan satu ini merupakan makanan penolong kehidupan kalian.

Namun ternyata mie instan adalah salah satu makanan penyebab jerawat timbul, hal ini terjadi ketika kalian mengkonsumsi mie instan akan memicu kulit untuk memproduksi minyak berlebih pada kulit wajah.

Selain bahaya untuk kulit, terlalu banyak mengkonsumsi mie instan juga tidak baik untuk kesehatan tubuh, karena mie instan mengandung zat pengawet serta zat aktif didalam bumbunya yang bisa membuat berbagai macam gangguan kesehatan seperti : kanker, gangguan metabolisme dan kerusakan organ.

Kopi

Kopi
by pexels.com

Kamu pencinta kopi tentu akan kaget mendengar fakta ini, menurut Dr. Shilpa kopi bisa menimbulkan jerawat karena disebabkan sifat kimia dari kopi itu sendiri, kopi memiliki sifat kimia yang mampu meningkatkan hormon stres pada manusia sehingga cenderung meningkatkan asupan kalori.

Lebih lanjut pernah disampaikan juga oleh Dr. Shilpa Arora ND menyatakan bahwa mengkonsumsi kopi secara berlebihan dapat menyebabkan jerawat yang timbul semakin parah.

Selain itu, ternyata kopi memiliki dampak negatif lain bagi kesehatan kita, kopi bisa menyebabkan kita mudah dehidrasi, hal ini dikarenakan kopi merupakan diuretik alami yang dapat meningkatkan asam pada tubuh kita.

Jaga Pola Makan yang Sehat

Makanan Sehat
by pexels.com

Setelah mengetahui berbagai macam jenis makanan penyebab timbul jerawat, tentu sekarang kalian harus lebih berhati-hati lagi dalam mengkonsumsi berbagai jenis makanan.

Belum tentu makanan yang kalian sukai baik untuk kesehatan kulit kalian, apalagi jika makanan tersebut memiliki nilai gizi yang rendah atau bahkan membahayakan kesehatan tentu harus dihindari.

Untuk terhindar dari jerawat, kalian bisa memakan makanan pencegah jerawat yang tentu jauh lebih sehat dan aman untuk tubuh kalian.

Pada intinya jagalah pola makanan kalian dengan baik dan seimbang, semoga kita semua terhindar dari jerawat. Terimakasih.

Leave a Reply