Membuat Program Kuliah Kerja Nyata yang Berdampak

Membuat Program Kuliah Kerja Nyata yang Berdampak

Kuliah Kerja Nyata

by pexels.com

Kuliah Kerja Nyata atau sering disingkat KKN adalah suatu program yang dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi untuk Mahasiswa melakukan transfer ilmu melalui pengabdian kepada masyarakat.

Program Kuliah Kerja Nyata biasanya sangat dinanti oleh masyarakat, karena dengan adanya mahasiswa di desa, masyarakat merasa terbantu dengan adanya transfer ilmu-ilmu baru sebagai solusi permasalahan yang tengah dihadapi.

Meski tujuan KKN sangatlah mulia, namun tidak semua mahasiswa KKN dapat diterima di tengah-tengah masyarakat, hal tersebut diakibatkan oleh aktivitas mahasiswa ketika melaksanakan KKN, bisa karena progamnya yang kurang bermanfaat atau bahkan karena perilaku mahasiswa yang kurang baik di masyarakat.

Banyak kasus dulu ketika saya KKN mendengar cerita ada kelompok KKN yang di usir oleh kepala desa karena membuat kegaduhan di desa tersebut dan masih banyak lagi kasus yang bisa membuat kehadiran kelompok KKN kalian tidak dihargai.

Tentu kalian tidak mau itu terjadi bukan..?

Kali ini saya akan berbagi cerita dan tips supaya Kuliah Kerja Nyata kalian memberikan dampak yang baik untuk desa, bahkan kalian bisa dikenang oleh warga desa karena program kalian.

Saya juga akan berbagi cerita bagaimana cara memanajemen sumber daya manusia yang baik agar kalian dapat mengoptimalkan potensi diri kalian masing-masing selama melaksanakan KKN.

Tahap Persiapan Sebelum Pemberangkatan

by pexels.com

Sebelum kalian melaksanakan KKN tentu yang harus kalian lakukan adalah persiapan program, jika kalian belum mempersiapkan program sedini mungkin maka saya pastikan ketika hari pelaksanaan kalian akan kebingungan mau ngapain di posko.

Waktu kalian akan terbuang sia-sia jika kalian tidak mempersiapkannya lebih awal, jika kalian ingin memberikan dampak yang baik ketika KKN maka lakukanlah persiapan dengan baik.

Oke langsung saja, berikut persiapan yang perlu kalian lakukan sebelum melaksanakan KKN :

Perkenalan dan pendekatan awal kelompok

Biasanya kuliah kerja nyata jenis reguler kalian akan dikelompokkan dari berbagai fakultas, maka tahapan ini sangatlah penting dilakukan, karena pada tahapan ini kalian bisa bisa saling mengenal antara satu dengan yang lainnya.

Pada tahapan perkenalan awal saya sarankan jangan terlalu formal, kalian bisa janjian di waktu dan tempat yang santai, pada awal pertemuan biasnya kalian masih malu-malu, jadi kalau pertemuan dilakukan terlalu formal maka akan menjadi kaku.

Kalian malah tidak akan saling mengenal dengan baik, kan kalian kedepan mau hidup bersama selama beberapa bulan, jadi tahapan pendekatan awal salah satu hal yang cukup penting.

Dulu saya melakukan pertemuan awal dengan kelompok KKN pada saat buka puasa, karena kebetulan waktu itu adalah bulan Ramadan, jadi tentu waktu yang tepat adalah pada saat berbuka.

Pokoknya pilihlah waktu yang senggang, jangan sampai pada waktu jam kuliah karena tidak akan optimal, nanti akan ada yang ijin untuk kuliah, ngerjain tugas atau yang lainnya.

Pada tahapan ini sebisa mungkin kalian mulai memahami karakteristik teman-teman kalian, sehingga kedepan ketika kalian menyampaikan pendapat bisa diterima dengan baik oleh teman-teman.

Oh ya, jangan lupa, tentukanlah waktu pertemuan rutin kedepan untuk membahas berbagai macam hal persiapan sebelum keberangkatan.

Membuat struktur organisasi

Kalian akan melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat, maka perlu dibentuknya struktur organisasi agar kinerja kalian bisa lebih rapi dan efisien.

Struktur organisasi yang umum dibuat adalah : ketua kelompok, sekretaris, bendahara, hubungan masyarakat, publikasi dokumentasi dan perlengkapan.

Pemilihan struktur organisasi dapat dirundingkan bersama, jika sudah ditentukan, maka lakukanlah amanah dengan sebaik mungkin.

Menganalisa potensi dan permasalahan desa

Menganalisis potensi dan permasalahan desa merupakan proses persiapan yang cukup penting, karena dari hasil analisis ini kalian bisa membuat rencana program kerja yang sesuai dengan kebutuhan desa, sehingga bisa tepat sasaran.

Analisis potensi dan permasalahan desa dapat dilakukan melalui dua pendekatan, pertama kalian bisa mengunjungi desa secara langsung dan melakukan wawancara ke Kepala Desa atau masyarakat sekitar.

Pendekatan kedua kalian bisa mencari literasi dari berbagai sumber, bisa dari buku profil desa yang bisa kalian minta ke desa langsung, Badan Pusat Statistik Daerah atau internet.

Intinya pada tahapan ini kalian seoptimal mungkin mengumpulkan data-data potensi dan permasalahan desa agar dapat diturunkan menjadi program kerja yang tepat sasaran.

Membuat rencana program kerja

Setelah kalian menganalisis potensi dan permasalahan desa, maka tahapan selanjutnya adalah membuat program kerja, program kerja kalian buat berdasarkan hasil analisis kalian.

Misal dari hasil analisis desa tersebut banyak sekali sawah, namun, setelah melihat hasil panennya tidak sebanding dengan luasan sawah yang ada yaitu hasilnya lebih rendah.

Maka program yang sesuai dari permasalahan tersebut adalah dengan melakukan sosialisasi penggunaan pupuk yang tepat agar dapat meningkatkan hasil panen padi di desa tersebut.

Contoh lainnya, jika di desa tersebut ternyata banyak orang kreatif yang bisa membuat berbagai macam produk, tapi mereka bingung bagaimana memasarkan produk tersebut, maka program yang tepat, kalian bisa buatkan website yang bisa digunakan untuk memasarkan produk-produk mereka.

Jangan lupa setiap program kerja harus ada penanggung jawabnya, disinilah pentingnya pendistribusian sumberdaya manusia sesuai dengan bidangnya, jika ada yang dari jurusan pertanian maka peganglah program kerja yang berkaitan dengan pertanian.

Namun jika kalian terdiri dari satu fakultas maka saya sarankan kalian fokuslah hanya pada program kerja yang sesuai dengan jurusan kalian, misal kalian dari jurusan kedokteran maka program kerja yang dilakukan berfokus pada permasalahan kesehatan.

Mencari tempat tinggal

Tahapan ini dilakukan jika kalian harus mencari posko sendiri, jika kalian sudah disediakan fasilitas posko, maka langsung baca tahapan selanjutnya.

Mencari posko sebelum keberangkatan sangatlah penting, jangan sampai kalian mencari posko dekat-dekat hari pelaksanaan KKN atau bahkan pada waktu pelaksanaan KKN, kalian hanya akan mendapatkan posko alakadarnya karena terlalu terburu-buru.

Ini akan berdampak dengan kenyamanan kalian, seperti susah air, kalau hujan gampang tergenang air dan sebagainya, carilah yang bisa membuat kalian nyaman, karena hal ini akan berdampak pada tingkat produktivitas kalian selama kuliah kerja nyata.

Pelaksanaan Pengabdian

by pexels.com

Setelah persiapan KKN sudah siap semua, maka kalian sudah siap untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat, berikut yang perlu kalian perhatikan selama melakukan KKN :

Buat peraturan posko

Ketika kalian sudah sampai posko, yang perlu kalian lakukan adalah membuat peraturan posko, misal seperti batas jam menerima tamu dan tidur, cowok tidak boleh main ke kamar cewek (jika kalian tinggal dalam satu posko), piket masak, piket bersih-bersih dan sebagainya.

Saya dulu sangat menekankan tentang ibadah, untuk yang cowok jika sudah adzan hukumnya wajib segera bergegas ke masjid, Alhamdulillah respon masyarakat sangat positif  ketika melihat mahasiswa KKN rajin ibadah.

Intinya pada peraturan posko ini bisa menunjang ketertiban kalian ketika melaksanakan kuliah kerja nyata, sehingga kalian bisa diterima oleh masyarakat karena tidak mengganggu ketenangan warga, selama kalian di posko.

Silaturahmi ke warga sekitar

Silaturahmi ke warga sekitar sangatlah penting, minimal sepuluh rumah di sekeliling posko kalian.

Suatu saat kalian pasti akan membutuhkan pertolongan tetangga terdekat kalian, jika sebelumnya kalian tidak silaturahmi maka kalian pasti akan canggung untuk meminta tolong.

Dengan silaturahmi juga banyak untungnya, biasanya sifat orang desa adalah berbagi jika ada rezki, kami dulu sering diberi bahan-bahan makanan untuk dimasak, lumayan bisa berhemat dan perbaikan gizi.

Penyesuaian program

Terkadang program kerja yang kita rencanakan tidak sesuai dengan kondisi lapangan, maka yang perlu kalian lakukan adalah melakukan penyesuain.

Seperti contoh kelompok KKN saya dulu merencanakan membuat produk turunan dari jagung, namun setelah melihat kondisi di lapangan jagung selalu habis terjual, kami pun menggantinya dengan program membuat pupuk organik.

Eksekusi program

pada tahap ini kalian benar-benar sudah siap menjalankan program kerja, namun, yang perlu diperhatikan ketika kalian mengeksekusi program, bagilah penanggung jawab yang lebih detail lagi, sehingga dapat memperlancar berjalannya program.

Kami dulu membuat satuan acara sebelum eksekusi program, isi dari satuan acara sangat detail, mulai dari susunan acara sampai penanggung jawab setiap acara berlangsung, sehingga ketika pelaksanaan tidak bingung harus melakukan apa.

Evaluasi

Evaluasi program yang sudah berjalan sangatlah penting, karena dengan adanya evaluasi, eksekusi program yang belum berjalan akan lebih sempurna lagi.

Tips Mencegah Konflik Internal

by pixabay.com

Menyatukan  banyak kepala pasti sangatlah sulit, karena setiap orang memiliki pemikiran dan karakteristiknya sendiri-sendiri, tidak dapat dipungkiri permasalahan internal pasti akan terjadi, baik karena hal sepele hingga karena hal yang serius.

Pengalaman saya dulu untuk meminimalisir hal tersebut adalah dengan cara penyampaian unek-unek setiap tiga hari sekali, setiap orang yang terkena unek-unek dari temannya harapannya dapat menerima atau memperbaiki sikap, sehingga tidak akan ada kemarahan yang terpendam yang bisa meledak kapan saja.

Selain itu, berikanlah apresiasi kepada teman kalian setiap teman kalian melakukan suatu pekerjaan, sehingga dia merasa dihargai didalam kelompok, oh ya, jika hari minggu liburlah sejenak ajaklah teman-temanmu jalan-jalan keliling desa hanya untuk santai-santai.

Kegiatan itu menurutku sangatlah efektif, Alhamdulillah sampai sekarang kami masih lancar berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya , bahkan kami masih sering ngumpul meski kami sudah sibuk dengan dunianya masing-masing pasca lulus dari kampus.

Bonus Informasi

Semoga dengan beberapa tips diatas teman-teman bisa optimal selama menjalankan KKN, bisa memberikan dampak yang positif untuk permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

Saya berikan apresiasi kepada teman-teman sudah membaca artikel ini hingga habis, maka dibawah ini saya berikan beberapa konten hasil KKN saya dulu yang mungkin bisa dijadikan ide untuk teman-teman membuat program :

Buku profil Desa Manunggal Jaya

Buku social mapping

Video Profil Desa Manunggal Jaya

Video Kegiatan Kuliah Kerja Nyata

Website Desa : desamanunggaljaya.com

Leave a Reply