Senam Irama : Pengertian, Sejarah, Jenis, Unsur dan Tujuan

Senam Irama : Pengertian, Sejarah, Jenis, Unsur dan Tujuan

Senam irama. Jika anda mendengar kata itu pasti yang tertanam dalam benak anda adalah senam yang gerakannya di iringi oleh alunan musik, contohnya seperti senam aerobik senam TKJ dan senam-senam lainnya

Lalau apakah itu semua benar.? Yuk cari tahu lebih dalam mengenai senam satu ini. Di dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap dan tuntas mengenai senam irama, mulai dari pengertian, sejarah, jenis dan cara melakukannya.

Pengertian Senam Irama (Ritmik)

Pengertian Senam Irama
by philstar.com

Senam irama yakni suatu perpaduan antara berbagai bentuk gerakan dengan irama yang mengiringinya secara berirama. Irama yang mengiringi dapat menggunakan tepukan tangan, ketukan, tambure, nyanyian musik dan lain sebagainya.

Selain itu untuk melakukan senam ini, biasanya pesenam menggunakan alat tertentu yaitu bola, tali, tongkat, simpai dan gada. Hal yang berbeda antara senam irama dengan senam biasa ialah adanya penambahan ritme.

Nah, senam ini biasa dikenal dengan senam ritmik ya gais. Senam ritmik tentu dapat dilakukan oleh wanita dewasa maupun anak-anak yah.

Jadi bebas dari berapapun usianya. Hal utama yang harus kalian tahu kalau senam ini banyak diminati karena mampu mendorong rasa percaya diri dan mengembangkan kreativitas. Selain itu, kalian juga berkesempatan mengikuti lomba senam irama di tingkat apapun.

Sejarah Senam Irama

Sejarah Senam Irama
by industrializationerajeangeorgenoverre.blogspot.com

Cikal bakal senam irama ialah berawal dari gagasan Jean-Georges-Noverre  pada tahun 1727-1810, Francois Delsarte pada tahun 1811-1871 dan Rudolf Bode  pada tahun 1881-1970. Ketiga orang tersebut percaya bahwa pentingnya ekspresi pada sutau gerakan yang dilakukan oleh tubuh, guna menciptakan keindahan melalui berbagai rangkaian.

Gerakan tersebut mulai berkembang. Tepatnya pada abad ke 19 terdapat suatu sistem latihan yang dikenal sebagai Swedia System (sistem Swedia) yang diperkenalkan oleh Peter Henry Ling. Dimana yang awalnya merupakan gerakan bebas lalu dipromosikan sebagai “gymnastik estetis”.

Gymnastik estetis merupakan suatu gerakan tubuh yang dilakukan oleh seorang atlet yang juga dibarengi oleh okspresi diri, emosi dan perasaan.

Seiring dengan perkembangan jaman, pemikiran pun semakin maju. Tepatnya pada tahun 1929, Hinrich Medau menciptakan suatu gagasan gymnastik yang cukup modern yaitu suatu gerakan senam artistik yang menggunakan alat-alat tambahan seperti : bola, pita, tali, gada dan simpai.

Kompetisi pertama senam irama dilakukan pada tahun 1940 di Rusia. Yang kemudian pada tahun 1961 oleh FIG senam irama dimasukkan kedalam cabang senam. Awal mula senam ini bernama modern gimnastik, lalu berubah menjadi olahraga gimnastik ritmis dan terakhir menjadi senam irama atau gimnastik ritmis.

Aliran Senam Irama

Aliran Senam Irama
by cannypic.com

Nah, berikut ini aliran senam irama yang perlu kalian ketahui yah. Beberapa diantaranya ialah :

1. Senam irama yang bersumber dari seni sandiwara

Aliran ini hadir di masyarakat karena dipelopori oleh Delsarte pada tahun 1811 – 1871 sobat. Delsarte ini adalah seorang sutradara. Ia menghendaki adanya gerakan buatan atau sandiwara yang memang dibuat-buat itu dilakukan secara wajar. Akan tetapi, dalam perjalanannya ia belum berhasil. Mulai saat itulah ia mencetuskan sistem senam irama.

2. Senam ritmik yang berasal dari seni musik

Jelas sekali jika dalam melakukan senam ritmik atau irama disertai dengan lagu-lagu dalam setiap gerakan. Aliran ini dipelopori oleh Jacques Dalcroze, merupakan seorang guru musik.

3. Senam irama yang bersumber dari seni tari

Aliran ini saat itu dipelopori oleh Rudolf Laban, tepatnya pada tahun 1879 – 1958. Menurutnya senam irama mengandung unsur Dressure dan Prestasi dalam olahraga.

Prinsip Senam Irama

Prinsip Senam Irama
by superawesomevectors.com

Sama seperti dengan senam yang lainnya, senam irama juga mempunyai prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan, prinsip apa saja itu? yuk pahami sebagai beriku :

1. Irama

Irama sebagai unsur yang sangat penting dalam senam ini. Unsur ini tidak hanya berkaitan dengan persoalan musik saja, tetapi juga mengenai ritme gerakan tubuh kalian. Dimana seorang pesenam harus mengetahui dan mampu memprediksi kapan akan bergerak dengan tempo sedang, lambat dan cepat.

Nah, adanya musik itu sendiri juga dimaksudkan agar membantu penghayatan atlet atas gerakan tubuhnya. Hal itu karena erat kaitannya dengan emosi dan ritme yang akan ditampilkan.

2. Kontinuitas Gerak

Kontinuitas ini merupakan keberlanjutan rangkaian gerakan yang sudah tersusun dalam satu koreografi. Nah, untuk mendapatkan kontinuitas gerakan diiperlukan latihan yang tekun dan cukup lama. Mengapa demikian? Hal itu demi terciptanya keserasian dalam gerak irama yang harus dikuasai secara matang.

Sebelum latihan menggunakan alat, disarankan sekali mengenal dan menguasai latihan dasar. Baik macam-macam langkah, ayunan lengan dan sikap tubuh/posisi tubuh di dalam melakukan latihan.

3. Fleksibilitas Tubuh

Fleksibilitas tubuh dalam senam irama adalah suatu keniscayaan. Fleksibilitas ini dapat mempermudah kalian menciptakan dan melakukan berbagai jenis gerakan tanpa alat. Nah, untuk mendapatkan fleksibilitas tubuh bukanlah suatu hal yang mudah.

Tetapi juga bukan suatu hal yang mustahil. Prinsip kelentukan tubuh ini dapat kalian peroleh dengan latihan yang tekun dan dalam waktu yang cukup lama.

Jenis Senam Irama

Jenis Senam Irama
by vectorstock.com

 

 

Senam irama dibagi menjadi 2 kategori. Kategori tersebut antara lain :

1. Individu

Senam irama kategori individu ini yakni senam yang dilakukan oleh atlet saja dengan menampilkan gerakan tanpa alat.

3. Kelompok

Pada kategori ini senam irama dilakukan oleh atlet sesuai koreografinya. Akan tetapi disertai dengan alat untuk membantu gerakan tubuhnya menjadi lebih indah.

Macam-macam Senam Irama/Ritmik

Macam Macam Senam Irama
by vectorstock.com

Senam irama ternyata memiliki berbagai macam senam, hal mendasar yang membedakan antara satu dengan yang lainnya adalah alat yang digunakan. untuk lebih jelas mengenai macam senam irama sebagai berikut :

1. Senam Ritmik dengan Alat Pita

Pita yang digunakan umumnya memiliki panjang 6 meter. Cara menggunakannya dengan digerakkan mengikuti gerakan tangan. Bisa mengikuti gerakan tubuh, mengayun santai dan mengikuti variasi gerakan lainnya.

2. Senam Ritmik dengan Alat Bola

Biasanya jika atlet yang perform hanya satu, maka bola yang dibutuhkan dan digunakan hanya satu. Berbeda jika atlet yang perform lebih dari satu, mereka akan mendapat masing-masing satu bola.

Akan tetapi, sangat dimungkinkan atlet nantinya akan bermain lebih dari satu bola. Bola umumnya dimainkan dengan cara dilempar mapun digelindingkan atau dibawa sesuai gestur lainnya.

3. Senam Ritmik dengan Alat Tali

Tali yang digunakan senam irama biasanya tali yang berbahan dari rami atau berbahan dari bahan sintetis yang memiliki tekstur ringan dan lentur. Tali ini digunakan saat melompat, terkadang juga ditambah ayunan, lemparan, lingkaran, rotasi dan beberapa variasi lain seperti angka delapan.

4. Senam Ritmik dengan Alat Berupa Simpai

Simpai umumnya digunakan dengan cara dilempar untuk ditangkap. Caranya bagaimana menangkapnya? Kalian bisa menggunakan berbagai cara atau bisa juga dengan diputar diberbagai bagian tubuh.

5. Senam Ritmik dengan Alat Gada

Atlet dapat menggunakan dua buah gada dalam senam irama. Bisa dengan dipegang dengan satu tangan ataupun dua tangan. Nah, alat ini dapat dilempar sesuai keinginan dan dimainkan sesuai dengan gerakan yang diinginkan sehingga menghasilkan gerakan atau ritme yang indah.

Unsur-Unsur Senam Irama

Unsur Senam Irama
by pixabay.com

Setelah membahas jenis dan macam senam irama sekarang kita akan beralih ke unsur-unsur senam irama yang perlu diketahui sebagai berikut :

1. Kekuatan

Unsur kekuatan ini memiliki bagian penting dalam cabang senam yang satu ini. Hal ini karena beberapa gerakan yang indah, ektrem, aktraktif hanya dapat dilakukan atlet jika mereka memiliki kekuatan yang baik. Biasanya untuk memiliki unsur tersebut mereka akan melakukan olah tubuh dengan latihan-latihan gerakan dasar.

2. Kelenturan

Tubuh yang memiliki kelenturan tubuh yang bagus akan menghasilkan otot yang sehat. Sehingga mudah bergerak, leluasa, dan tubuh pun jauh dari resiko cedera pada bagian persendian dan otot di sekitarnya.

Tentu, tidak semua orang memiliki tubuh lentur. Nah, untuk mewujudkannya kalian dapat mencoba latihan-latihan gerak dasar cabang senam ini agar dapat menciptakan gerakan yang indah.

3. Keseimbangan

Performa terbaik dalam cabang senam apapun membutuhkan unsur keseimbangan. Gerakan-gerakan yang sulit apalagi menggunakan alat sangatlah mustahil dapat dilakukan tanpa adanya keseimbangan. Sementara itu, apat dimungkinkan atlet dapat terjatuh atau mengalami cedera karena kurangnya keseimbangan.

4. Keterampilan

Salah satu unsur senam bagi atlet yang tidak boleh diabaikan adalah keterampilan atau kreativitas membuat gerakan. Semakin bagus dan sulit suatu gerakan yang diciptakan, hal itu akan sesuai dengan nilai/hasil yang didapatkan. Pasalnya dalam perlombaan senam irama, variasi gerakan dan unsur keindahannya menjadi penilaian utama tim juri.

5. Keluwesan

Keluwesan setiap orang dalam melakukan gerakan senam irama bukanlah suatu hal yang mustahil diperoleh bagi seorang atlet atau pemula sekalipun. Kalian dapat memiliki sikap luwes manakala mau dan tekun dalam berlatih.

Manfaat penting sikap luwes ini bagi atlet ialah mereka tidak akan canggung dan bingung rangkaian gerakan apa yang harus ditampilkan ketika pertandingan berlangsung. Sebab penilaian juri sangatlah mendetail terhadap rangkaian  gerakan senam tersebut.

6. Keindahan

Rangkaian gerakan senam irama menjadi menarik dan mengagumkan jika terdapat unsur keindahannya. Lalu, bagaimana caranya agar gerakan kita itu indah?

Caranya dapat dilakukan dengan membuat beragam variasi gerakan yang tentunya tidak monoton. Bisa berasal dari gerakan tari seperti balet maupun gerakan akrobatik yang memberikan kesan atraktif dan menantang.

Gerakan Inti Senam Irama / ritmik

Gerakan Inti Senam Irama
by pixabay.com

Gerakan inti dalam senam ini ialah gerakan-gerakan dasar yang wajib dikuasai oleh pesenam. Hal ini karena pesenam dapat menciptakan gerakan yang indah setelah menguasai dasar-dasar gerakannya.

Sederhananya gerakan senam ini dibagi menjadi tiga yaitu gerakan akrobatik, gerakan senam lantai dan gerakan tari khusus balet.

Nah berikut ini beberapa gerakan yang wajib dikuasai oleh atlet senam ritmik antara lain :

  1. Gerakan roll depan dan belakang
  2. Gulingan
  3. Salto depan dan belakang
  4. Kayang
  5. Meroda
  6. Handstand
  7. Headstand
  8. Sikap lilin
  9. Split dengan posisi duduk maupun berdiri
  10. Gerakan dasar tari balet
  11. Senam kelenturan tubuh
  12. Gerakan dasar yoga

Contoh Gerakan Senam Irama

Gerakan Senam Irama
by pixabay.com

Sudah penasaran belum bagaimana cara melakukan senam irama? Yuk langsung lihat penjelasannya berikut ini yah.

1. Persiapan

Pesenam memasuki arena perlombaan untuk menyiapkan alat dan bersiap dengan posisi pose. Biasanya Atlet akan berpose atau diam tak bergerak di satu pose sampai musik pengiring diputar. Hal ini ialah gerakan awal yang paling umum dilakukan oleh semua atlet senam irama.

2. Gerkan Awal

Nah, jika atlet senam irama menggunakan alat bantu berupa bola, maka gerakan senam bisa diawali dengan cara sang atlet melemparkan bola dengan ketinggian tertentu. Setelahnya, ia harus memutar tubuh beberapa kali dengan sikap tangan kanan anda di atas.

Usahakan kepala lurus menghadap kedepan, kaki kanan lurus dan jinjit sebagai poros putaran. Jangan lupa kaki kiri ditekuk 180 derajat dengan posisi lutut sejajar dengan pinggul, tumit membentuk posisi poin sobat. Setelah berputar beberapa kali tanpa berpindah perlahan bola akan jatuh.

Sesuai perhitungan tertentu bola itu jatuh tepat pada tangan kanan dengan posisi terangkat dan telapak kanan terbuka sehingga siap menangkap bola

3. Gerakan Menggunakan Bola

Masih dengan alat yang digunakan yakni bola. Atlet juga dapat melemparkan bola ke arah atas-depan. Selanjutnya, ia berguling/roll depan beberapa kali sejauh arah bola jatuh. Kemudian ia menangkapnya dengan menggunakan satu tangan, dua tangan, atau dua telapak kaki dengan posisi tubuh mengarah ke sikap lilin.

4. Gerakan Menggunakan Pita

Jika atlet senam irama menggunakan alat berupa pita. Maka, salah satu gerakannya yakni atlet berputar dengan sikap tubuh seperti poin dua diatas. Hal itu dilakukan sembari salah satu tangannya yang memegang stik pita memutarkan pita hingga membentuk pola-pola tertentu yang relevan.

Senam dengan menggunakan pita ini bisa dikombinasi dengan menggerakkan pita dengan posisi tubuh split bawah, atau berdiri dengan satu kaki. Nah, sementara kaki satunya diangkat lurus ke atas dengan sudut 180 derajat.

Sama halnya dengan menggunakan pita, atlet yang menggunakan tali juga bisa melakukan gerakan yang serupa yah.

4. Gerakan Menggunakan Simpai

Lain cerita jika alat senam irama berupa simpai. Pesenam dapat memutar simpai dengan menggunakan salah satu kaki dengan posisi tubuh kayang. Usahakan kedua tangan dan salah satu kaki menjadi penyangga tubuh, sementara kaki satunya diangkat ke atas dan memutarkan simpai yah.

5. Gerakan Menggunakan Gada

Jika menggunakan gada sebagai alat senam irama. Gerakan senam dapat dilakukan dengan cara melemparkan gada keatas yah. Selanjutnya, melakukan salto di tempat. Setelah selesai salto, maka segera berpose dengan pose rumit untuk menagkap gada dengan menggunakan tangan.

Alat Senam Irama

Alat Senam Irama
by pastorellisport.com

Senam irama dapat dilakukan secara individu dan juga berkelompok sobat. Biasanya kalau berkelompok jumlahnya 5 (lima) orang saja. Nah, dalam melakukan senam ini tentu membutuhkan alat untuk membantu gerakan senam.

Utamanya bagi atlet yang mengambil kategori berkelompok. Nah, apa saja sih alat-alatnya? Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

  1. Tali (Roop)

Tali yang digunakan senam irama yakni tali berbahan dari rami atau berbahan dari bahan sintetis yang memiliki tekstur ringan dan lentur. Tali ini digunakan saat melompat, terkadang juga ditambah ayunan, lemparan, lingkaran, rotasi dan beberapa variasi lain seperti angka delapan.

  1. Karet

Terbuat dari karet atau bahan sintetis dan memiliki diameter 18-20cm. Cara menggunakannya dengan meletakkan bola tersebut di tangan, lalu dilempar, dilambungkan atau digulung.

  1. Hoop

Terbuat dari plastik atau kayu gais. Biasanya digunakan memutar disekitar tangan atau tubuh. Biasanya kadang disertai dengan variasi gulungan, ayunan, lingkaran, angka delapan, lemparan.

  1. Klub

Terbuat dari kayu atau bahan sintetis, biasanya digunakan untuk mengetuk ritmis disertai variasi lingkaran kecil, gerakan asimetris, lempar dan tangkap.

  1. Pita (Ribbon)

Pita yang digunakan umumnya memiliki panjang 6 meter. Cara menggunakannya dengan digerakkan mengikuti gerakan tangan. Bisa mengalir, mengayun santai dan mengikuti variasi gerakan lainnya.

  1. Tongkat berbahan pita

Tujuan penggunaan alat ini sebagai alat bantu membuat variasi gerakan yang indah dalam senam irama. Biasanya tongkat ini terbuat dari pita, baik berbahan rami ataupun sintetis.

  1. Sepatu ritmik

Merupakan sepatu khusus untuk melakukan senam irama. Sepatu ini biasa dikenal dengan half shoes, maksudnya sepatu ini mirip sepatu setengah jadi. Bahan yang digunakan tipis, transparan dan halus. Tujuannya agar pesenam dapat merasa nyaman dan tidak terganggu untuk melakukan berbagai variasi gerakan.

Tujuan Senam Irama

Tujuan Senam Irama
by pixabay.com

Tujuan senam irama sebagaimana senam lainnya yaitu untuk membentuk keindahan gerakan, mengembanhkan kebugaran jasmani dan kekuatan.

Lebih spesifik lagi tujuan senam ini untuk mendapatkan skor maksimal dan dapat memenangkan perlombaan. Meskipun begitu, adanya koreografi dan irama yang ditampilkan akan menghibur audien yang melihat atau menonton.

Manfaat Senam Irama

Manfaat Senam Irama
by freepik.com

Senam ritmik atau senam irama ialah salah satu jenis olahraga senam yang menggunakan irama atau musik dalam setiap gerakannya. Senam ini tidak hanya memiliki manfaat secara fisik, tetapi juga manfaat mental dan sosial. Penasaran bagaimana penjelasannya? Yuk, langsung kepoin penjelasannya berikut ini.

  1. Manfaat Fisik

Bagi kalian yang mau melakukan senam irama secara rutin akan mengembangkan daya tahan tubuh loh. Selain itu, senam ini menjadikan tubuh lebih segar bugar dan mencegah berbagai penyakit seperti penyakit jantung, obesitas bahkan diabetes.

  1. Manfaat mental

Biasanya orang yang gemar melakukan senam irama mampu menggunakan kemampuan berfikirnya secara aktif dan kreatif melalui pemecahan masalah gerak. Mereka akan mudah mengelola emosionalnya sehingga jauh lebih memiliki pemikiran yang positif dan penuh semangat.

  1. Manfaat Sosial

Kegiatan senam biasanya dilakukan bersama-sama. Nah, kalian tahu nggak? Jika hal itu membuat kalian lebih banyak berinteraksi, bersosialisasi dengan teman-teman lainnya. Jadi, prinsipnya senam irama itu sama dengan yang lainnya. Bedanya hanya pada penambahan ritme (irama).

Nah cukup sampai di sini dulu ya pembahasan tentang senam irama, semoga informasi di atas dapat membantu teman-teman yang sedang mencari tahu tentang segala sesuatu tentang senam irama, terimakasih dan salam olahraga.

Leave a Reply