Sikap Lilin : Sejarah, Manfaat dan Cara Melakukannya (Lengkap)

Sikap Lilin : Sejarah, Manfaat dan Cara Melakukannya (Lengkap)

Halo sobat, tahukah kamu apa sih sikap lilin itu?

Sikap lilin ialah sebuah gerak dasar dalam senam lantai. Gerakan ini dapat dilakukan diatas matras dengan posisi badan telentang (sikap tidur), diikuti gerakan mengangkat kedua kaki (rapat) tegak ke atas.

Selanjutnya, kedua tangan menopang pinggang dengan posisi pundak serta kepala tetap menempel di matras. Nah, untuk lebih jelasnya, artikel ini akan menyajikan informasi terlengkap mengenai senam lantai yang satu ini yah.

Sejarah Sikap Lilin

Sejarah Senam
by wikipedia.org

Sebenarnya permulaan senam lantai sampai saat ini belum dapat diketahui secara pasti Akan tetapi, jika dirunut menurut catatan sejarah, senam lantai pertama kali diperkenalkan sejak zaman Yunani Kuno. Senam sendiri berasal dari kata Gymnastics. Gymnas artinya telanjang, hal ini karena saat orang-orang (atlet) berlatih tanpa memakai pakaian.

Pada jaman dahulu senam lantai berkembang sangat pesat hanya pada kalangan atlet saja. Senam lantai banyak digunakan oleh prajurit perang untuk melakukan latihan, dengan berjalannya waktu, senam lantaipun mulai berkembang di eropa.

Perkembangan tersebut dilatar belkangi dengan lahirnya buku yang berjudul “Arial Jumpus”, buku yang ditulis oleh Arvhange Tuccaro ini membahas tentang berbagai metode latihan gymnastics yang kemudian dikembangkan dari beberapa gerakan akrobatik.

Berkat Dr. J.F. Williams, Dr Dubly dan Thomas yang merupakan dikenal sebagai bapak gymnastics, pada abat ke 20 senam mulai direncanakan menjadi bagian dari materi di seluruh sekolah yang ada di Amerika.

Tidak hanya itu, mereka juga mulai menemukan dan mengenalkan berbagai alat tambahan untuk memperindah senam, seperti palang sejajar, palang horizontal, kuda-kuda melintang serta bak melompat.

Khususnya untuk di Indonesia sendiri senam lantai mulai dikenal semenjak kedatangan belanda, pada saat itu senam lantai disebut sebagai “Gymnastiek” sangat berbeda dengan Jepang yang memberikan nama “Taiso”.

Dikenal dengan kata senam untuk di Indonesia kemungkinan besar bersamaan dengan penyebutan kata olahraga sebagai pengganti kata sport. Begitu juga sejarah dengan sikap lilin, karena sikap lilin merupakan salah satu gerakan yang ada pada senam lantai.

Cara Melakukan Sikap Lilin.

Cara Melakukan Sikap Lilin

Bagi kalian yang masih pemula, baik sudah mempunyai pendamping/guru maupun belum. Pasti tidak sabar ingin mempelajari dan mencoba gerakan ini beserta awalannya yang nyaman, aman dan benar itu seperti apa kan?. Langsung saja, yuk intip cara melakukannya berikut ini :

Sikap Lilin Awalan Telentang

  1. Pastikan kondisi badan dalam keadaan tidur telentang diatas matras dengan posisi kedua lengan disamping badan dan pandangan ke atas.
  2. Setelah itu, kaki dirapatkan dan diangkat perlahan ke atas. Bersamaan dengan punggung, tungkai serta jari-jarinya ke atas. Tumpuan/landasannya oleh seluruh pundak dibantu dengan kedua tangan yang mendorong pinggul bagian belakang.
  3. Luruskan kaki sampai pinggung ke atas menyerupai lilin yang sedang berdiri.
  4. Gerakan ini dapat diakhiri dengan cara, mendorong pinggung ke depan dengan kondisi kaki tetap dalam keadaan rapat. Kemudian perlahan diikuti dengan menggerakkan tubuhnya hingga lurus menempel pada matras.

Sikap Lilin Awalan Jongkok

  1. Usahakan sebelum melakukan gerakan, kalian harus pemanasan terlebih dahulu.
  2. Posisikan badan dalam kondisi jongkok, kemudian letakkan kedua tangan disamping badan.
  3. Gulingkan badan perlahan ke belakang, kemudian luruskan kedua tungkai disertai tumpuan/landasan telapak tangan disamping telinga.
  4. Setelah itu lakukan gerakan gulingan ke depan disertai tungkai yang melakukan tolakan ke atas depan.
  5. Gunakan kedua tangan ketika menolak agar posisi badan melengkung menyerupai busur.
  6. Gerakan ini dapat diakhiri dengan cara mendorong pinggul ke depan dengan kedua kaki tetap rapat. Kemudian diikuti dengan menggerakkan badan.

Manfaat Sikap Lilin

Manfaat Sikap Lilin

Nah selanjutnya kita akan membahas mengenai manfaat dari sikap lilin ini. Mungkin diantara kita masih banyak yang belum tahu kan?. Yuk, langsung saja kita intip manfaatnya dibawah ini :

1. Menjaga Kesehatan Tubuh

Kesehatan tentu harganya sangat mahal, karena jika anda sakit tentu akan mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk mengobatinya, selain uang anda juga pasti akan banyak kehilangan berbagai aktivitas karena terhalang sakit.

Gerkan dasar sikap lilin mungkin bisa menjadi salah satu bentuk untuk pencegahan penyakit, dengan beberapa gerakan yang ada di sikap lilin tentu akan membantu menjaga kesehatan anda, selain murah gerakannya pun cukup simpel.

2. Menjaga Keseimbangan Tubuh

Keseimbangan tubuh tentu sangat penting bagi setiap manusia, karena dengan memiliki keseimbangan yang baik maka seseorang akan lebih fokus ketika menyelesaikan suatu pekerjaan.

Sikap lilin merupakan salah satu solusi untuk bisa meningkatkan keseimbangan tubuh, dengan rutin melakukan sikap lilin dipercaya mampu memperlancar peredaran darah secara merata di dalam tubuh, hal tersebut bisa terjadi karena gerakan kaki ke atas.

3. Membentuk otot perut

Bentuk tubuh yang ideal tentu sangat di inginkan oleh kebanyakan orang, selain karena terlihal lebih maco dengan bentuk tubuh yang ideal juga dapat meningkatkan kepercayaan diri kita ketika berkomunikasi dengan yang lainnya.

Dengan rutin melakukan sikap lilin dipercaya bisa membantu membentuk otot perut yang bagus dan membuat tubuh lebih tampak ideal, tidak percaya? Silahkan saja buktikan.

4. Menguatkan otot-otot perut

Selain membentuk otot otot perut lebih tampak ideal, dengan rutin melakukan sikap lilin juga dipercaya mampu membuat otot-otot perut menjadi lebih kencang. Lalu apa manfatnya jika otot perut kita lebih kencang..?

Manfaat dengan kencangnya otot perut adalah semakin mudahnya tubuh untuk mempertahan tubuh tetap bisa tegak ketika dalam keadaan berdiri maupun ketika sedang duduk,.

Selain itu manfaat lainnya yaitu otot perut mampu menjadi penyeimbang tubuh pada saat berlari karena mampu menyokong pergerakan oragan bawah pada tubuh anda.

5. Melangsingkan Tubuh

Memiliki tubuh langsing dengan perut yang ideal (rata) dan bidang ternyata bukan impian setiap pria saja lho, namun juga para wanita. Ya, kalian tidak perlu lagi menggunakan baju crop tee karena takut nantinya lemak di perut akan terlihat. Cukup lakukan gerak dasar dalam senam lantai ini dirumah secara rutin. Gerakan tersebut akan memberikan kekuatan pada otot perut, sehingga terlihat lebih kencang.

6. Membuat Tubuh Lebih Lentur

Banyak orang mengatakan bahwa memiliki tubuh yang lentur dapat mempermudah kita untuk melakukan berbagai aktivitas, kok bisa? Hal tersebut bisa terjadi karena jika tubuh lentur menandakan otot yang ada ditubuh juga sehat.

Jika anda memiliki otot yang sehat maka dapat mempermudah anda dalam bergerak, dengan begitu maka anda akan terhindar dari berbagai permasalahan persendian dan otot disekitarnya.

Seperti diketahui, tentu tidak semua orang dapat memiliki tubuh yang lentur, namun anda jangan khawatir, cukup dengan rutin melakukan gerakan dasar sikap lilin, maka anda bisa mendapatkan tubuh yang cukup lentur.

Itulah ulasan mengenai sejarah, cara melakukan sikap lilin dan segala manfaatnya untuk kesehatan jasmani. Mulai dari manfaat pada perut, punggung hingga peredaran darah.

Tetapi, manfaat tersebut hanya dapat diperoleh jika kita memiliki komitmen yang tinggi untuk belajar cara melakukanya dengan benar dan selalu konsentrasi serta disiplin setiap pelaksanaannya. Selain itu, bagi pemula sangat dianjurkan untuk didampingi seorang pelatih untuk menghindari resiko cedera.

Leave a Reply