Guling Lenting: Pengertian, Teknik Dasar, dan Manfaat Kesehatan

Guling Lenting: Pengertian, Teknik Dasar, dan Manfaat Kesehatan

Perlu anda tahu, guling lenting merupakan salah satu gerakan senam lantai. Kebanyakan orang mungkin sudah cukup familiar dengan gerakan guling depan atau forward roll dan guling belakang atau backward roll. Nah, guling lenting bisa dibilang merupakan versi lebih advanced dari dua gerakan senam lantai tadi.

Mengapa demikian? Karena gerakan ini merupakan kombinasi dari beberapa gerakan senam lantai seperti guling depan dan kayang. Lebih jelasnya mengenai guling lenting bisa anda ketahui melalui artikel ini. Mari kita baca mengenai pengertiannya terlebih dahulu.

Pengertian Guling Lenting

pengertian Guling Lenting
by edukasicenter.blogspot.com

Pernah mendengar tentang guling lenting? Guling lenting adalah suatu gerakan melentingkan badan ke atas depan, diawali dengan sikap setengah guling ke depan dimana posisi kedua kaki rapat dan lutut lurus. Kemudian gerakan dilanjutkan dengan lecutan kedua kaki ke atas depan dibantu tolakan kedua tangan.

Guling lenting yang termasuk dalam gerakan senam lantai tidak memerlukan alat khusus dalam prakteknya, selain matras jika dibutuhkan. Kedengarannya sih sederhana dan mudah dipraktekkan. Tapi jangan salah, seperti jenis-jenis olahraga lainnya, anda yang ingin belajar pun perlu mengerti teknik gerakan yang baik dan benar dari gerakan ini terlebih dahulu.

Apa sih gunanya tahu teknik gerakan yang benar? Tujuan utamanya adalah menghindari cedera. Berdasarkan pengalaman penulis, mengetahui teknik yang benar adalah hal terpenting selain pemanasan untuk menghindari risiko cedera. Selain itu, anda juga bisa memaksimalkan manfaat kesehatan dengan mempraktekkan teknik gerakan yang benar

Ingin tahu lebih rinci, kan? Daripada tambah penasaran, langsung aja scroll ke bawah untuk mengetahui lebih jauh bagaimana cara melakukan teknik dasar gerakan senam lantai ini dengan baik dan benar.

Teknik Dasar Guling Lenting

Teknik Dasar Guling Lenting
by angalul.com

Teknik dasar guling lenting dibagi menjadi tiga rangkaian, yaitu awalan, pelaksanaan dan sikap akhir. Menguasai teknik dasar secara keseluruhan dapat membuat gerakan menjadi lebih sempurna.

Nah, bagaimana sih rangkaian gerakan dari teknik dasar dari gerakan senam lantai tersebut? Langsung simak penjelasan di bawah ya.

1. Awalan Guling Lenting

  1. Sikap awal berdiri di depan matras dengan kaki lurus dan rapat. Pandangan lurus ke depan dan kedua lengan diangkat ke atas.
  2. Letakkan kedua telapak tangan di matras dengan posisi kaki masih sama seperti sebelumnya.
  3. Arahkan pandangan ke pusar sehingga dagu menempel ke dada.
  4. Apabila diperlukan, anda bisa mengulang-ulang runtutan gerak awalan hingga terampil.

2. Pelaksanaan Guling Lenting

  1. Dengan posisi telapak tangan di matras dan dagu masih menempel ke dada, kedua siku dibengkokkan ke samping dan kepala dimasukkan di antara kedua lengan. Hal ini untuk memastikan tubuh bertumpu pada tengkuk saat melakukan gerakan selanjutnya.
  2. Gulingkan badan ke depan. Begitu posisi tubuh ada di atas kepala, segera lecutkan kaki ke depan dibantu oleh kedua tangan yang menekan lantai atau matras sehingga badan melenting ke arah depan.

3. Sikap Akhir Guling Lenting

  1. Ketika lentingan badan selesai, lakukanlah pendaratan dengan kedua ujung kaki
  2. Tetap lentingkan badan dengan kedua lengan terangkat lurus.
  3. Berdiri tegak

Lakukan rangkaian gerakan secara berulang-ulang sehingga gerakan menjadi sempurna.

Baca Juga > roll depan dan roll belakang

Berbagai Bentuk Latihan Guling Lenting

Berbagai Latihan Guling Lenting

Bagi pemula, anda bisa melakukan beberapa latihan sebelum melakukan gerakan guling lenting secara utuh. Ada dua jenis latihan yang bisa dicoba, nih.

1. Latihan Melinting Dengan Posisi Telentang di Atas Matras

  1. Posisikan tubuh telentang di atas matras, tangan berada di samping badan.
  2. Angkat kedua kaki hingga bahu dari matras ke arah belakang
  3. Lecutkan kedua kaki ke atas depan
  4. Mendaratlah dengan kedua ujung kaki
  5. Perlu diingat, tumpuan hanya berada pada pundak saat akan melecutkan kedua kaki ke depan selanjutnya pada ujung kaki saat mendarat

2. Latihan Melenting Dengan Menggunakan Tangan

  1. Posisi tubuh sama dengan latihan sebelumnya, hanya saja kedua tangan diposisikan di samping telinga.
  2. Gerakan selanjutnya kurang lebih sama dengan latihan sebelumnya. Sebagai acuan tambahan, ketika kedua kaki sedang dilecutkan ke atas depan maka kedua tangan anda sudah memulai gerak mendorong

Baca Juga > Gerakan Meroda

Manfaat Guling Lenting

Manfaat Guling Lenting
by freepik.com

Selanjutnya kita akan mengulas mengenai manfaat dari salah satu cabang senam lantai ini. Mungkin ada banyak diantara kita yang masih belum tahu ya? Yuk, langsung kita cek apa manfaatnya dibawah ini.

1. Meningkatkan Konsentrasi

Gerakan senam memerlukan fokus yang cukup tinggi untuk memastikan teknik gerakan yang digunakan sudah baik dan benar. Oleh karena itu, anda sekaligus melatih konsentrasi otak agar tidak mengalami distraksi atau memikirkan hal lain sehingga gerakan yang dihasilkan bisa sempurna.

2. Mengembangkan Karakter Diri Sendiri

Belajar melakukan segala sesuatu dilakukan secara bertahap, termasuk gerakan senam lantai ini. Karakter sabar dan ulet dapat berkembang seiring proses menguasai gerakan demi gerakan. Belajar senam secara mandiri atau otodidak, kita dituntut untuk percaya pada kemampuan diri dan memaksimalkan potensi yang dimiliki.

3. Mengurangi Risiko Cedera

Gerakan senam lantai dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Apabila dibarengi dengan pemanasan yang benar, tubuh menjadi terbiasa dengan gerakan-gerakan olahraga. Secara jangka panjang, hal ini dapat meminimumkan risiko cedera pada saat melakukan olahraga.

4. Membakar Lemak

Tujuan berolahraga bagi kebanyakan orang adalah menyehatkan badan. Namun tahukah anda? Gerakan senam lantai seperti gerakan-gerakan olahraga lain, dapat membakar lemak pada tubuh kita. Apabila dilakukan secara rutin dan diimbangi dengan pola makan seimbang dapat menurunkan berat badan.

5. Merangsang Pertumbuhan

Salah satu anggota badan yang cukup aktif dalam gerakan senam lantai ini adalah punggung. Saat gerakan dilakukan, punggung ikut bergerak dari awal hingga akhir mulai dari lurus, membungkuk, melenting, hingga kemudian lurus kembali. Hal itu dapat merangsang pertumbuhan tubuh menjadi lebih tinggi.

6. Meningkatkan Fleksibilitas

Bagi anda yang ingin mendapatkan tubuh yang fleksibel, bisa melakukan gerakan senam lantai dengan baik dan benar serta melaksanakannya secara rutin. Tubuh yang tadinya belum terbiasa dengan gerakan senam lantai, lambat laun dapat meningkat fleksibilitasnya seiring dengan berlangsungnya latihan.

7. Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Keseimbangan tubuh merupakan salah satu aspek vital dalam tubuh manusia. Dengan pengendalian keseimbangan yang baik, anda lebih leluasa dalam melakukan aktivitas. Rangkaian gerakan senam lantai misalnya pendaratan dengan ujung kaki dapat melatih keseimbangan tubuh anda.

Nah, demikian ulasan mengenai guling lenting, teknik dasar dan latihan guling lenting serta berbagai manfaatnya untuk kebugaran jasmani. Perlu diingat, manfaat tersebut bisa optimal jika kita mau mendisiplinkan diri untuk belajar teknik gerakannya dengan benar serta memiliki komitmen untuk melaksanakannya secara rutin.

Bagi anda yang pemula, anda dapat meminta pendampingan pelatih untuk menghindari risiko cedera. Kemudian ada juga hal penting lainnya. Makanlah makanan bergizi seimbang agar tubuh anda dapat menikmati hasil maksimal dari berolahraga. Akhir kata, selamat mencoba!

Leave a Reply