Lompat Jauh : Pengertian, Teknik Dasar dan Peraturan (Lengkap)

Lompat Jauh : Pengertian, Teknik Dasar dan Peraturan (Lengkap)

Lompat jauh, ketika mendengar olahraga ini, pasti kalian ingat sekolah bukan? benar, olahraga satu ini merupakan olahraga yang wajib dipelajari oleh setiap siswa maupun sisiwi disetiap sekolah, baik berupa materi maupun praktek.

Pada kali ini penulis akan membahas tentang materi lompat jauh, mulai dari sejarah lompat jauh, pengertian lompat jauh, teknik dasar lompat jauh dan peraturan lompat jauh. Tanpa panjang lebar, yuk langsung saja pahami materinya di bawah ini.

Sejarah Singkat Lompat Jauh

Sejarah Lompat Jauh

Sejarah lompat jauh berawal sejak 13 abad yang lalu. Tepatnya sekitar 708 Masehi saat ada olimpiade kuno di negara Yunani. Olahraga lompat jauh ini juga menjadi satu-satunya olahraga lompat yang dipertandingkan pada saat itu. Atlet yang terkenal pada masa Yunani Kuno itu ialah Chionis. Ia berhasil melakukan lompatan cabang olahraga atletik ini lebih dari 7,05 meter. Oleh karena itulah, namanya sangat populer di kalangan atlet.

Pada mulanya lompat jauh berkembang di kalangan atlet dan biasanya dilakukan untuk tujuan latihan militer perang. Hal itu karena olahraga ini sangat bermanfaat untuk melatih ketangkasan para prajurit perang ketika di lapangan. Utamanya untuk menerobos perang, seperti  jurang atau parit.

Teknik lompat jauh di zaman dahulu dan sekarang tentu sangatlah berbeda. Pada zaman dahulu, lompat jauh ini masih dibuat dalam bentuk jamak. Selain itu, dalam kegiatan perlombaan atau pertandingan, atlet/pelompat diperbolehkan menggunakan start lari pendek.  Lebih dari itu, mereka diharuskan membawa beban sekitar 1-,5 kg di kedua tangan [SRC].

Nah, seiring berjalannya waktu lompat jauh dijadikan sebagai bagian dari kompetisi Olimpiade sejak tahun 1896. Kemudian, peran Dr.Harry Eaton Stewart mengupayakan dan merekomendasikan running broad jump distandarkan untuk atlet perempuan. Oleh karena itulah, pada tahun 1948 rekomendasi itu mulai diterapkan sehingga wanita bisa mengikuti olimpiade lompat jauh.

Dalam pengelolaan lompat jauh sendiri dikelola oleh Badan Organisasi Internasional dibentuk IAFF pada tahun 1992. Sedangkan, di Indonesia itu sendiri lompat jauh bermula dari induk organisasi olahraga atletik yakni PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia).

Pengertian Lompat Jauh

Pengertian Lompat Jauh
by classroomclipart.com

Tahukah kamu apa itu lompat jauh? Lompat jauh ialah salah satu cabang senam dari olahraga atletik. Sederhananya senam ini ialah suatu gerakan melompat ke depan atas dengan cepat disertai tolakan menggunakan salah satu kaki. Hal itu bertujuan agar badan melayang di udara dan mendapatkan jarak sejauh-jauhnya.

Hasil lompatan biasanya diperoleh dari pengukuran jarak lompatan yakni dimulai dari letak papan tolakan sampai dengan titik pendaratan terdekat. Oleh karena itulah, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, seorang atlet harus banyak berlatih. Hal ini sesuai tujuan lompat jauh yakni mendapatkan lompatan sejauh-jauhnya.

Teknik Dasar Lompat Jauh

Teknik Dasar Lompat Jauh
by faisalirawan3.blogspot.co.id

Meskipun terlihat simple dan mudah, ternyata lompat jauh juga membutuhkan penguasaan teknik dasar lompat jauh yang baik dan benar. Teknis dasar lompat jauh secara umum dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya awalan, tolakan, melayang dan pendaratan.

Nah, untuk melakukan teknik dasar lompat jauh ini diperlukan konsentrasi, fisik yang sehat dan latihan yang rutin sobat. Nah, bagi kalian yang masih bingung mengenai teknik dasar lompat jauh ini seperti apa. Yuk, langsung aja kepoin penjelasannya berikut ini yah.

1. Teknik Awalan

yakni berlari pada lintasan awalan dari pergerakan lari lambat, lari dipercepat, hingga papan tumpuan.

Adapun lintasan yang harus dilewati hingga titik tolakan berdasarkan standar internasional adalah 40 meter. Pada saat melakukan start atlet bisa menggunakan start berdiri sehingga dapat mempersingkat awalan sebelum melompat.

Teknik dasar awalan ini adalah merupakan teknik dasar yang cukup penting, karena dengan awalan atlet bisa menentukan kapan dia bisa berlari lambat hingga menjadi cepat yang kemudian melompat pada titik tolak.

2. Teknik Tolakan

Tumpuan dilakukan dengan kaki terkuat, katif dan cepat di papan tumpuan. Pinggang bergerak lurus ke depan, dan kedua tangan diayun ke depan.

pada teknik tolakan ini seorang pelompat harus benar-benar memperhitungan langkah yang dilakukan pada saat berlari pada titik tolakan, karena ketika lari dalam kecepatan penuh biasanya tidak dapat diketahui kaki yang mana dulu yang akan sampai pada titik tolakan.

atlet diharapkan agar bisa melatih kedua kaki untuk melakukan tolakan, sehingga ketika melakukan menggunakan kaki manapun hasil lomptan tetap optimal.

3. Posisi Tubuh Saat Di Udara

secara umum teknik dasar pada saat posisi tubuh ada di udara adalah Kedua kaki diluruskan dan cepat dibengkokkan, badan condong ke depan, kedua tangan membantu saat ayunan tubuh.

Posisi tubuh pada saat di udara juga bisa disebut sebagai gaya lompat jauh, yang akan bihas pada setelah teknik dasar ini. secara garis besar gaya lompat jauh terbagi menjadi tiga yaitu gaya jongkok, gaya melayang dan gaya berjalan di udara.

yang terpenting teknik dasar posisi tubuh ada di udara adalah pelompat sadar. Karena ketika di udara adalah momen terpenting bagi pelompat untuk mendapatkan jarak lompatan yang cukup jauh.

4. Teknik Pendaratan

Saat mendarat hindari gerakan tubuh berat ke belakang, karena akan mengurangi daya dorong ke depan. Teknik mendaratnya ialah kedua kaki lurus sebelum mendarat lalu dibengkokkan, badan condong ke depan, kedua lengan di ayun ke belakang. Setelah itu, punggung didorong maksimal ke depan.

Untuk lebih lengkap dan mendetail silahkan baca artikel teknik dasar lompat jauh

Gaya Lompat Jauh

Setelah mengetahui teknik dasar lompat jauh, sekarang kita beralih ke pembahasan gaya lompat jauh, secara garis besar gaya lompat terbagi menjadi tiga, yaitu gaya jongkok, gaya menggantung, dan gaya berjalan di atas udara.

setiap pelompat biasanya memiliki gaya lomptanya masing-masing, hal tersebut disesuiakan dengan pelompat itu sendiri, karena jarak lompatan tidak dipengaruhi oleh gaya yang dilakukan, untuk lebih jelasna tentang gaya lompat jauh sebagai berikut :

1. Gaya Jongkok (Ortodok)

Gaya Jongkok Lompat Jauh
by penjasorkes.com

Gaya jongkok pada lompat jauh merupakan gaya yang paling tua dibandingkan dengan gaya lompat lainnya, gaya jongkok merupakan gaya yang paling mudah dilakukan, khususnya bagi seorang pemula yang baru melakukan olahraga lompat jauh.

Pada gaya ini seorang pelompat harus memposisikan kakinya ke depan dan menekuknya sedikit ketika berada di udara dan memposisikan tangnnya atau lengan terlentang ke belakang.

seorang pelompat dengan menggunakan gaya jongkok ini akan mendaratkan kakinya dengan posisi jongkok dengan badan sedikit condong ke arah depan, yang kemudian bisa berdiri atau melanjutkan tersungkur ke depan.

2. Gaya Menggantung (Schnepper)

Gaya Menggantung Lompat Jauh
by sportwarjono.blogspot.com/

Gaya menggantung atau juga sering disebut sebagai gaya melayang adalah gaya yang sangat berbeda dengan gaya jongkok pada saat diudara. Pada gaya ini seorang pelompat akan menekuk kedua kakinya dan mencondongkan dada kedepan.

Adapun tujuan dari gaya ini iyalah agar seorang pelompat bisa melayang di udara selama mungkin sebelum akhirnya akan melakukan pendaratan. dengan lamanya di udara seorang pelompat  bisa memperkirakan lebih utntuk melakukan pendaratan pada titik terjauh.

Meskipun gaya ini berbeda gerakan ketika tubuh di udara, namun pada saat melakukan pendaratan gaya menggantung ini sama dengan gaya jongkok. Yaitu mendarat pada posisi jongkok dan dilanjutkan bisa dengan berdiri atau tersungkur ke depan.

3. Gaya Berjalan di Udara

Gaya Berjalan Di Udara Lompat Jauh
by salamadian.com

Berbeda dengan dua gaya sebelumnya yang masih tergolong mudah dilakukan, teknik berjalan di udara ini cukup sulit dilakukan bagi pemula. Untuk bisa melakukan gaya ini diperlukan latihan yang cukup banyak dan tinggi.

Dalam menggunakan gaya ini, seorang pelompat akan melakukan gerakan seperti berjalan padaa saat di udara, dengan syarat lomptan harus tinggi, dengan begitu gaya dorong akan meberikan lompatan yang cukup jauh.

Sebaliknya, jika seorang pelompat hanya melakukan lompatan yang rendah, maka jika menggunakan gaya ini pelompat tidak akan bisa melakukan lompat yang jauh, karena akan jatuh terlebih dahulu karena banyak melakukan gerakan.

lebih lengkap mengenai gaya pada lompat jauh, silahkan baca gaya lompat jauh

Lapangan Lompat Jauh

Lapangan Lompat Jauh

Lapangan lompat jauh terdiri dari beberapa bagian diantaranya sebagai berikut :

1. Lintasan Awalan

Ukuran standar lintasan untuk lari sepanjang 40 meter sebelum papan tolakan. Lebarnya berkisar 1,22 – 1,25 meter saja. Biasanya tepi-tepinya diberi tanda berupa cat warna putih agar pelari tak melampaui jalur lintasan lari.

2. Papan Tolakan

Papan ini terbuat dari kayu atau bahan lainnya yang ditanam tepat sebelum bak pasir. Biasanya jarak antara batas depan papan ini sekitar 1 meter. Ukuran papan lompat jauh ini adalah 1,22 meter, dengan lebar 20 cm dan ketebalan 10 cm. Nah, agar mudah terlihat oleh pelompat, papan ini sengaja berwarna putih.

3. Bak Pasir

Bak pasir biasa digunakan untuk pendaratan atlet atau pelompat. Bentuk bak pasir sendiri seperti kolam persegi panjang dengan ukuran 9 x 2,75 meter.

Peraturan Lompat Jauh

Peraturan Lompat Jarak Jauh
by bukusekolah.net

Seorang atlet/jumper yang dinyatakan gagal dalam pertandingan olimpiade, jika ia melanggar aturan penting lompat jauh. Beberapa aturan penting ini tidak boleh diabaikan begitu saja karena berakibat fatal. Oleh karena itulah, untuk meminimalisir kegagalan sebaiknya atlet mengetahui dan memahami peraturan lompat jauh berikut ini.

  • Ketika tolakan kaki kalian melebihi batas titik tolak. Hal ini mengakibatkan lompatan tidak sah. Peraturan lompat jauh sejak awal tidak memperkenankan sedikitpun ujung kaki melebihi titik tolak ketika melakukan lompatan.
  • Tidak diperbolehkan melayang di udara dengan menggunakan gaya salto. Gaya ini memang menambah jarak lompatan secara signifikan ketika digunakan dalam lompat jauh. Akan tetapi, hal itulah yang menyebabkan atlet nantinya di diskualifikasi.
  • Jumper menyentuh bagian tepi bak pasir atau bagian luar bak saat melakukan pendaratan. hal itu sama artinya jika pelompat tidak mendarat di area yang telah di sedikan. Oleh karena itulah, juri akan menilainya sebagai bentuk diskualifikasi.

Sampai disini saja pembahasan tentang materi lari jarak jauh, semoga materi di atas dapat membantu anda yang sedang mencari berbagai informasi tentang lari jarak jauh, di atas telah dijelaskan mulai dari sejarah, pengertian, teknik dasar dan peraturan lari jarak jauh.

semoga bermanfaat dan terimakasih.

Leave a Reply