4 Teknik Dasar Lompat Jauh Yang Wajib Diketahui

4 Teknik Dasar Lompat Jauh Yang Wajib Diketahui

Teknik Dasar Lompat Jauh – Lompat jauh adalah olahraga yang populer di berbagai kalangan khususnya siswa di sekolah. Biasanya lompat jauh ini masuk dalam kurikulum mata pelajaran penjasorkes. Nah, lompat jauh ini sendiri merupakan salah satu cabang senam dari olahraga atletik.

Sederhananya senam ini ialah suatu gerakan melompat ke depan atas dengan cepat disertai tolakan menggunakan salah satu kaki. Hal itu bertujuan agar badan melayang di udara dan mendapatkan jarak sejauh-jauhnya.

Hasil lompatan biasanya diperoleh dari pengukuran jarak lompatan yakni dimulai dari letak papan tolakan sampai dengan titik pendaratan terdekat. Oleh karena itulah, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, seorang atlet harus banyak berlatih. Hal ini sesuai tujuan lompat jauh yakni mendapatkan lompatan sejauh-jauhnya.

Meskipun terlihat simple dan mudah ternyata lompat jauh juga membutuhkan penguasaan teknik dasar lompat jauh yang baik dan benar. Teknis dasar lompat jauh secara umum dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya awalan, tolakan, melayang dan pendaratan.

Belum tahu pengertian dan sejarah lompat jauh? penulis sarankan untuk membaca “Lompat Jauh : Pengertian, Teknik Dasar Dan Peraturan (Lengkap)”

Nah, untuk melakukan teknik dasar lompat jauh ini diperlukan konsentrasi, fisik yang sehat dan latihan yang rutin sobat. Nah, bagi kalian yang masih bingung mengenai teknik dasar lompat jauh ini seperti apa. Yuk, langsung aja kepoin penjelasannya berikut ini yah.

Teknik Awalan

Teknik Dasar Lompat Jauh Awalan

Teknik dasar lompat jauh yang pertama ialah awalan. Pada tahapan awal ini pelompat harus melalui lintasan sepanjang 40 meter menuju titik tolakan. Jarak ini tidak boleh diabaikan begitu saja karena jarak tersebut sudah ditentukan menurut standart internasional. Tahapan inilah nantinya yang menentukan jauh dekatnya jarak yang dihasilkan oleh pelompat atau atlet.

Intinya gerakan awal itu sangat mempengaruhi jarak dan jangkauan ketika lompatan ya sobat. Biasanya awalan ini dimulai dengan memperkirakan jarak ancang-ancang karena akan mempengaruhi kecepatan dan prediksi untuk melakukan tolakan. Makanya, usahakan kalian berlari awalan lambat kemudian secepat-cepatnya ketika akan sampai pada tumpuan balok ya sobat.

Kenapa sih harus begitu? Alasannya agar kalian mendapatkan lompatan yang maksimal. Jadi jangan sampai memperlambat langkah saat mendekati balok tumpuan karena hal itu menyebabkan daya dorong dan jarak yang dihasilkan menjadi berkuran

Jadi, ketika awalan, kalian bersiap di titik start sekitar 20-30 meter dari garis lompat dengan posisi awal berdiri. Selanjutnya, berlari dengan kecepatan lambat dan semakin melaju cepat ketika mendekati titik tolak. Perkiraannya sekitar 4-5 langkah mendekati titik tolak, kecepatan kalian harus maksimal dan terus dipertahankan.

Tipsnya, pastikan kondisi badan terkendali agar memungkinkan untuk segera melakukan tolakan. Ingat yah, jangan sampai melebihi garis tolakan yang sudah ditentukan. Hal itu demi meminimalisir resiko jatuh dan diskualifikasi dari tim juri. Nah, manfaat penting harus kalian pahami dalam melakukan gerakan awalan pada teknik dasar lompat jauh adalah sebagai berikut :

  1. Mencapai kecepatan maksimal dalam melakukan tolakan/tumpuan
  2. Dapat melakukan tolakan yang baik dan sempurna
  3. Dapat melakukan lompatan yang lebih jauh
  4. Awalan bermanfaat untuk melakukan pemanasan sebelum melakukan tolakan
  5. Awalan memberikan kesempatan atlet untuk mengatur nafas dan juga memprediksi momentum yang pas untuk melakukan tolakan.

Teknik Tolakan

Teknik Tolakan Lompat Jauh

Tahapan kedua teknik dasar lompat jauh ialah tolakan. Tolakan ini sederhananya diartikan sebagai titik berpindahnya kecepatan dari kaki. Dimana kaki akan melakukan lompatan di garis lompat (tumpuan) untuk mengangkat tubuh ke atas dan melayang di udara sebelum nanti mendarat.

Biasanya untuk melakukan tolakan dan menghasilkan jarak yang maksimal, atlet akan menggunakan salah satu kaki terkuatnya untuk melompat. Fungsinya tidak lain, dan tidak bukan untuk dapat melayang di udara dengan waktu selama mungkin.

Biasanya hal itu terjadi jika atlet mampu mengkombinasikan antara kecepatan dan tolakan ke atas dengan baik. Artinya dibutuhkan, kecepatan, kekuatan, koordinasi tubuh serta momen yang tepat sebelum melakukan lompatan

Nah, agar kalian tidak penasaran seperti apa tahapan melakukan tolakan. Yuk, langsung aja kepoin informasinya berikut ini :

  1. Gunakan kaki terkuat untuk melakukan tolakan. Kalian bisa menggunakan kaki kanan maupun kiri, senyamannya saja. Biasanya untuk melakukan tolakan dilakukan mulai dari tumit, telapak kaki dan berakhir di ujung kaki.
  2. Tepat ketika bertumpu menggunakan salah satu kaki terkuat, maka posisikan badan agar sedikit dicondongkan ke depan.
  3. Ketika kalian melakukan tumpuan maka sebaiknya tepat diatas papan tumpuan. Usahakan gerakan tolak ke depan atas, sekitar 45 derajat.
  4. Selanjutnya, kaki lainya yang tidak digunakan untuk tumpuan, diangkat ke depan hingga pinggul dengan posisi lutut anda menekuk.

Teknik Melayang

Teknik Dasar Lompat Jauh Melayang

Tahapan setelah melakukan tumpuan adalah melayang di udara. Sekilas tampak mudah, akan tetapi sebenarnya gerakan ini membutuhkan keseimbangan tubuh. Nah, tipsnya ketika melayang di udara, usahakan kaki seperti posisi berjalan. Fungsinya apa? Fungsinya agar mempermudah kalian ketika melakukan pendaratan.

Gerakan melayang udara ini dapat dimulai sesaat setelah melakukan tumpuan. Ketika melayang pastikan posisi kaki seolah-olah berjalan di udara. Nah, cara melakukannya bisa diperhatikan berikut ini yah :

  1. Ketika melakukan tolakan, ayunkan kaki ke depan mengarah ke atas.
  2. Selanjutnya, ketika posisi melayang di udara, kalian turunkan kaki yang diikuti dengan beberapa gerakan wajib. Seperti, mendorong pinggung ke depan, membusungkan dada, mengayunkan kedua tangan, serta menengadahkan kepala.
  3. Setelah itu, ketika pendaratan. Ayunkan kedua kaki dan tangan ke depan, kemudian diikuti gerakan membungkukkan badan, menundukkan kepala dan mendorong kedua kaki ke depan.

Eits, tunggu dulu. Ada beberapa teknik melayang dari gaya lompat jauh lainnya sobat. Hal ini karena gaya lompat jauh berbeda-beda, nah biar kalian tidak penasaran. Yuk, langsung aja simak penjelasannya berikut ini :

  • Melayang di udara pada sikap jongkok

Gerakan melayang udara ini dapat dimulai sesaat setelah melakukan tumpuan dengan tenaga penuh. Ketika melayang pastikan posisi kaki seperti berjalan dengan agak menekuk persis seperti jongkok, dan posisi tangan diayunkan menyeimbangkan tubuh.

  • Melayang di udara pada sikap menggantung

Nah, untuk gerakannya sendiri kalian dapat memulainya dari memposisikan kedua tangan di samping telinga dalam keadaan lurus ke atas. hal tersebut untuk mengendalikan keseimbangan tubuh. Selanjutnya, posisi kedua kaki dirapatkan, kemudian diayunkan dari belakang ke arah depan.

Setelah itu, pada posisi awal tolakan dada agak sedikit dibusungkan, kemudian digerakkan ke belakang. Nah, saat di udara posisi badan dan lutut diayunkan ke arah depan dengan tenaga yang maksimal.

  • Melayang di udara pada sikap berjalan di udara

Sederhananya pada saat melayang di udara, kedua kaki harus diayunkan ke atas arah depan bergantian selayaknya orang berjalan di udara. Nah, agar hasil lompatan lebih jauh dan maksimal. Usahakan untuk tetap mengayunkan kedua kaki di udara dalam waktu yang cukup lama hingga badan dan kaki perlahan mendarat di atas bak pasir.

Lebih lengkap dan mendetail mengenai gaya lompat jauh penulis sarankan untuk membaca “3 Jenis Gaya Lompat Jauh Yang Harus Kamu Tahu

Teknik Pendaratan

Teknik Lompat Jauh Pendaratan
by yuksinau.id

Pendaratan adalah tahap akhir dari teknik dasar lompat jauh. Secara umum cara melakukan pendaratan yakni dengan menundukkan kepala, mengayunkan lengan dan membawa pinggang ke depan. Selain itu, tempatkan anggota tubuh yang jatuh pertama kali adalah kaki.

Banyak hal yang harus diperhatikan bagi atlet maupun pemula agar terhindar dari resiko cedera atau terjatuh ke belakang. Pastikan ketika mendarat kalian harus benar-benar rileks, santai dan lutut ditekuk.

Mengingat banyak sekali pemula justru setelah mendaratkan kakinya, tubuhnya turut jatuh ke belakang. Hal itu sangat merugikan karena penilaian sesuai anggota tubuh terdekat dengan garis.

Hal-hal mendetail yang harus diperhatikan bagi atlet ataupun kalian yang masih pemula ketika melakukan pendaratan ialah sebagai berikut :

  1. Biasakan untuk meningkatkan fokus untuk menghindari gerakan yang tidak perlu. Hal itu agar kecepatan stabil dan tidak terganggu ataupun ragu ketika akan mendarat.
  2. Usahakan pendaratan menggunakan kedua kaki sejajar dengan tumit. Hal itu agar kedua tumit kaki tersebut menyentuh daratan/bak pasir untuk pertama kalinya dan kalian tidak cedera.
  3. Sebelum tumit kaki menyentuh pasir, maka kedua kaki kalian juga harus diluruskan atau dijulurkan ke depan. Usahakan supaya jarak kedua kaki tidak terlalu jauh. Sebab jika jarak kedua kaki semakin jauh akan mengurangi hasil lompatan.
  4. Setelah tumit berpijak pada pasir, kedua lutut kalian harus segera ditekuk dengan badan tetap condong ke depan. Hal ini untuk menghindari supaya pantat tidak jatuh.
  5. Usahakan hindari kesalahan dalam melakukan teknik dasar lompat jauh.
  6. Pendaratan usahakan dimulai dari kedua tumit, telapak kaki dan ujung kaki hingga posisi kaki agak rapat.
  7. Setelah melakukan pendaratan, sebaiknya kalian tidak keluar atau segera kembali di tempat awalan.

Nah, beberapa hal diatas bertujuan untuk memaksimalkan lompatan dan juga mengurangi resiko cedera yang fatal. Jika terjadi cedera, otomatis hal itu akan merugikan kalian nantinya. Selain itu, agar kalian maksimal dan sukses sejak awal gerakan lompat jauh, perhatikan hal-hal berikut ini yah :

  1. Tentukan kecepatan pada tahap awalan. Hal ini karena kecepatan dalam gaya lompat jauh sangatlah menentukan jauh dan tingginya lompatan.
  2. Usahakan ketika akan melakukan tolakan/tumpuan tetap dengan kecepatan yang sama, jangan ragu dan jangan mengubah langkah.
  3. Lakukan tolakan dengan salah satu kaki terkuat dengan penuh kesungguhan, konsentrasi, dan kekuatan penuh. Hal ini demi mendapatkan keseimbangan saat di udara.
  4. Saat melayang di udara, usahakan selama mungkin agar tubuh tetap dalam kondisi seimbang.
  5. Ketika mendarat usahakan tetap elegan. Artinya jangan sampai tubuh, tangan dan anggota tubuh lainnya jatuh ke belakang. Hal ini memang tidak mengakibatkan diskualifikasi selama berada di bak pasir. Akan tetapi, penilaian juri untuk gaya lompat jauh ditentukan sesuai posisi terdekat anggota badan yang menyentuh bak pasir dan papan tumpuan.

Itulah sobat, pembahasan mengenai teknik dasar lompat jauh. Kalian wajib sekali untuk mengetahui dan mempelajari teknik dasar lompat jauh ya.

Utamanya bagi kalian yang masih pemula, sehingga ketika melakukan awalan, tolakan, melayang dan mendarat dengan gerakan yang baik dan benar. Apalagi, olahraga lompat jauh ini masuk dalam kurikulum pembelajaran di sekolah.

Harapannya setelah memahami artikel ini kalian tidak lagi khawatir, ragu ataupun mengalami cedera ketika melakukan olahraga lompat jauh.

Leave a Reply